Implikasi Kinerja Otak Terhadap Pembelajaran Psikomotorik di SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.9077Keywords:
psychomotor learning, neuroscience, elementary school, Islamic elementary schoolAbstract
Tantangan pendidikan nasional Indonesia dalam bentuk kualitas sumber daya manusia yang rendah, terutama dalam aspek hardskill menunjukkan rendahnya kualitas pengembangan dan domain psikomotor pembelajaran di tingkat sekolah dasar dan madrasah ibtidaiya. Untuk itu diperlukan pembaharuan pembelajaran psikomotor berdasarkan bagaimana otak manusia. Seperti yang kita ketahui dari penelitian terbaru bahwa berbagai perkembangan dan penemuan terbaru di bidang ilmu saraf telah membawa temuan sangat membantu dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, termasuk domain psikomotor. Dalam hal ini, ada tiga bagian otak yang memiliki peran penting dalam mengatur dan mengelola bagaimana manusia mempelajari keterampilan baru, yaitu lobus frontal, korteks motorik, dan serebelum. Adapun keberhasilan dalam proses pembelajaran, kegiatan pembelajaran psikomotorik harus dilakukan melalui tahap pembentukan rencana, tahap pelatihan praktik yang dipandu diikuti dengan praktik mandiri, dan tahap otonom.
Downloads
References
Ali, Mohammad, Pendidikan untuk Pem bangunan Nasional, Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2009.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud, Rasionalisasi Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud, 2013.
Brojosoemantri,Satrio, “Ketidakberdayaan Negara”, Kompas, Selasa, 20/9/2016.
Gunawan,Adi W. , Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning, Cet. V,Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Ikrar,Tauna, Ilmu Neurosains Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Jensen, Eric, Pemelajaran Berbasis-Otak, Diterj.oleh: Benyamin Molan, Jakarta: Indeks, 2011.
Nurmanto, Ahmad, “Jenis serta Struktur Otak”, dalam http://ugdklik.blogspot. co.id/ 2013/03/jenis-serta-struktur-otak-manusia.html, diunduh tanggal 24/11/2016.
Rahyubi,Heri,Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tujuan Kritis, Cet. III, Jawa Barat: Referens Bekerjasama dengan Nusa Media, 2016.
Sidi,Indra Jati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan Cet. II, Jakarta Selatan: Paramadina bekerjasama dengan Logos Wacana Ilmu, 2003.
Sousa, David A., Bagaimana Otak Belajar: Edisi Keempat, Diterj.oleh: Siti Mahyuni, Jakarta: Indeks, 2012.
Sulthani, Lethina, “UNDP: Peringkat Pembangunan Manusia Indonesia ‘Jalan di Tempat’, diunggah pada tanggal 15/12/2015 di http://www.benarnews.org/indonesian/ berita/hdi-indonesia-12152015164648.
Suryadi, Ace,Pendidikan Indonesia Menuju 2025 “Outlook: Permasalahan, Tantangandan Alternatif Kebijakan, Bandung: Remaja Rosakarya, 2014.
UNDP, “2014 Human Development Report”, http://www.undp.org/content/undp/ en/home/presscenter/events/2014/ july/HDR2014.html diunduh tanggal 24/11/2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.