Pendidikan Moral Qur' Ani dalam Naskah Al-Nafahah Al-Sailaniyyah Fi Al-Minhah Al-Rahmaniyyah Karya Syaikh Yusuf
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.9062Keywords:
Moral Qur 'ani, Syaikh Yusuf, al-Nafahah al-SailaniyyahAbstract
Al-Qur'an al-Karim adalah suatu kitab yang menjadi sumber hidayah bagi manusia. Kebutuhan manusia, baik yang berkaitan dengan kehidupan duniawi maupun ukhrawi agar selamat dari api neraka dan masuk dalam surga, telah tersirat dalam kitab Al-Qur 'an. Karena itu, Al-Qur'an menjadi juklak kehidupan manusia yang perlu di implementasikan dan di amalkan isinya. Rasulullah SAW adalah sosokyang paling tepat sebagai pengamal Al-Qur'an. Hingga dalam suatu hadis riwayat Siti Aisyah RA, beliau berkata, bahwa Rasulullah SAW itu akhlaqnya Al-Qur'an. Kajian ini akan membahas seputar pemikiran Syaikh Yusuf tentang Pendidikan Moral Qur'ani dalam risalahnya al-Nafahah al-Sailaniyyah fii al-minhah al Rahmaniyyah (Hembusan angin negeri Cylon sebagai anugerah Allah Yang Maha Rahman). Secara umum Syaikh Yusuf selalu menanamkan pendidikan anak melalui pesan-pesan ayat al-Qur'an al-Karim. Pembentukan Pendidikan Moral Qur 'ani dalam pandangan Syaikh Yusuf tidak bisa dilepaskan dari tiga hal yang esensial. Penanaman aqidah yang tepat dan benar bagi anak, pembentukan pribadi anak yang bertumpu pada budi pekerti dan perangai yang luhur (al-akhlaq al-karimah) serta pemantapan hati anak untuk selalu istiqomah dalam beribadah dan mengingat Allah SWT.
Downloads
References
Al-Bukhari, Imam, Shahih al-Bukhari, Dar al-Turats al-' Arabi, Beirut, tanpa tahun.
Al-Ghazali, Minhajul 'Abidin, Dal al-Ihya' al-Kutub al-'Arabiyyah, Jakarta, tt.
Al-Jurjani, Ali ibn Muhammad al-Jurjani, Kitab al-Ta 'rifat, Dar al-Kutub al-'Ilmiyyah, Beirut, 1988.
Al-Sullami, AbuAburrahman Muhammad ibn Husain, Thabaqat Al-Shufiyyah, Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, Baierut 1998.
Amin, Qurratul 'Ain: Kritik Teks dan Terjemahan, Laporan Penelitian, Jakarta, 1999.
As-Sullami, Thabaqat al-Shufiyyah, Dar al-Fikr, Beirut, tt.
Azra, Azymari, Jaringan Ulama 'Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII an XVII, Prenada Media, Jakaarta, 2005.
Behrend, TE. (Ed), Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid IV, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1998.
Elmubarok, Zaim, Membumikan pendidikan nilai, Alfabeta, Bandung, 2007
Hadari Nawawi, Metodologi Penelitian Bidang Sosial, UGM Press, Yogyakarta, 2001
Hamid, Abu, Syekh Yusuf Seorang Ulama ', Sufi dan Pejuang, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1994.
Islam, M. Adib Misbacul, “Syaikh Yusuf Makassar Sirru al-Asrar: Suntingan Teks an Analisis lsi”, Tesis, Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Jakarta, 2005.
Jamaluddin Ibn Mandhur, Kamus Lisanul 'Arab, Dar al-Fikr, Beirut, tt.
Joachim Wach, The Comparative Study of Religion, Colombia University Press, 1958.
John MMaequarae, Twentieth-Century Relegion Thought dalam EJ Sharpe, Comperative Relegion: A History, La Salle, Illinois, 1998.
Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung, 1996.
Katsir, Ibn, Tafsir Al-Qur'an al-Adzim, Maktabah al-Tijariyyah al-Kubra, Kairo, tt.
Lubis, Nabilah, Syekh Yusuf al-Ta} al-Makassari: Menyingkap Intisari Segala Rahasia, Media Alo Indonesia, Jakarta, 2006.
M. Atho' Mudzhar, Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek, Pustaka Pelajar,Yogyakarta, 1998.
Muhammad Syadid, Manhaj al-Qir 'anfi al-Tarbiyyah, Dar al-Tauzi' wa al-Nasyar al- Islamiyyah, tt.
Noeng Muhadjir, Filsafat Ilmu Positivisme, Post-positivesme dan post-modernisme, Kekesarasian, Yogyakarta, 2001.
Noer, Kautsar Azhari, Ibn al- 'arabi: Wahdat al-Wujud dalam Perdebatan, Paramadina, Jakarta, 1995.
Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta, 2010
Sangidu, Penelitian Satera: Pendekatan, Teori, Metode, Teknik dan Kiat, UP Sastra Asis barat UGM, Yogyakarta, 2004.
Sartono Kartodirjo, Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah, Gramedia, Jakarta, 1993.
Setiawan, Nur Kholis, Al-Qur 'an Kitab Sastra Terbesar, el SAQ Press, Yogyakarta, 2006.
Shalih Ibrahim al-Shani', Wasail tahwil al-akhlaq fi al-Qur 'an al-Karim, Asosiasi KajianAl-Qur'anArab Saudi bekerjasama dengan Universitas Ummul Qura, Makkah, 2015.
Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur 'an: Fungsi dan Pesan Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Mizan, Bandung, 2004.
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur 'an, Lentera Hati, Jakarta, 2004.
Syaikh Yusuf, Muqaddimah Naskah al-Nafahah al-Sailaniyyah fi al-Minhah al-Rahmaniyyah.
Umar Shihab, Kontekstualitas Al-Qur'an: Kajian Tematik atas Ayat-ayat Hukum dalam Al-Qur'an, Pena Madani, Jakarta, 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.