Exploring the Implementation of Modern Physics Practicum to Enhance the Science Process Skills of Indonesian Physics Education Students

Eksplorasi Pelaksanaan Praktikum Fisika Modern dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika di Indonesia

Authors

  • Lutfi Elma Sintiya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Himawan Putranta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2024.92.10

Keywords:

Learning outcomes, Mastery, Modern physics, Practicum, Science process skills

Abstract

PurposeThis study aims to analyze the perceptions of Indonesian physics education students in the implementation of modern physics practicums on students' science process skills.

Design/methods/approachThe type of research used is descriptive research with a quantitative approach. The method used is a questionnaire survey to obtain data. Respondents in this research amounted to 34 respondents, with a purposive sampling technique. The data were analyzed using descriptive statistical techniques by classifying data in class intervals and frequencies, with each interval calculated to determine the distribution of data and converted into percentage form.

Findings The results of the study showed that Indonesian physics education students have a positive perception of modern physics practicums with 80% agreeing. The level of self-confidence in implementing SPS is still not stable with 41% of students feeling hesitant. For changes in knowledge and skills, 32% of students gave a negative response to the change. This shows that there is still doubt among students about the effectiveness of practicums in improving SPS.

Research implications/limitationsModern physics practicum provides a fairly good experience in improving students' understanding and confidence in SPS, but there are still challenges such as instability of confidence and doubts about its effectiveness. Therefore, evaluation of learning methods and further research are needed to explore the application of SPS in various institutions and analyze the factors that influence low student confidence.

Originality/valueThese findings suggest that although physics education students have positive perceptions of the lab, the instability of their confidence in science process skills indicates the need for more effective learning strategies to improve practical competence. The uncertainty in changes in students' knowledge and skills highlights the need for further evaluation of the design and implementation of the lab in order to truly strengthen science process skills optimally.

Abstrak

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa pendidikan fisika di Indonesia terhadap pelaksanaan praktikum fisika modern terhadap keterampilan proses sains mahasiswa.

Desain/Metode/Pendekatan – Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei kuesioner untuk memperoleh data. Responden dalam penelitian ini berjumlah 34 orang, dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan mengklasifikasikan data ke dalam interval kelas dan frekuensi, kemudian setiap interval dihitung untuk menentukan distribusi data dan dikonversi ke dalam bentuk persentase.

Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan fisika di Indonesia memiliki persepsi positif terhadap praktikum fisika modern, dengan 80% menyatakan setuju. Tingkat kepercayaan diri dalam menerapkan keterampilan proses sains (KPS) masih belum stabil, di mana 41% mahasiswa merasa ragu. Adapun perubahan dalam pengetahuan dan keterampilan, 32% mahasiswa memberikan respons negatif terhadap perubahan tersebut. Hal ini menunjukkan masih adanya keraguan di kalangan mahasiswa mengenai efektivitas praktikum dalam meningkatkan KPS.

Implikasi/batasan Penelitian – Praktikum fisika modern memberikan pengalaman yang cukup baik dalam meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri mahasiswa terhadap KPS, namun masih terdapat tantangan seperti ketidakstabilan kepercayaan diri dan keraguan terhadap efektivitasnya. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi terhadap metode pembelajaran serta penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi penerapan KPS di berbagai institusi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kepercayaan diri mahasiswa.

Orisinalitas/Nilai – Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa pendidikan fisika memiliki persepsi positif terhadap praktikum, ketidakstabilan kepercayaan diri mereka dalam keterampilan proses sains mengindikasikan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kompetensi praktis. Ketidakpastian dalam perubahan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa menyoroti perlunya evaluasi lebih lanjut terhadap desain dan implementasi praktikum agar benar-benar dapat memperkuat keterampilan proses sains secara optimal.

Downloads

References

Ardhuha, J., Doyan, A., & Susilawati, S. (2019). Pengembangan modul ajar pada mata kuliah pendahuluan fisika zat padat untuk meningkatkan penguasaan konsep struktur kristal bagi calon guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 40–49. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.951

Amalia, D. E. N. (2020). Rekonstruksi spektrum sinar-X mamografi menggunakan hamburan Compton dan hamburan Rayleigh.

Anita, H. (2022). Analisis keterampilan proses sains mahasiswa pendidian biologi pada kegiatan praktikum mikrobiologi. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 240–249. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1765

Anwar, Y. A. S., Al Idrus, S. W., & Siahaan, J. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa calon guru dalam menyusun laporan praktikum. Jurnal Pijar MIPA, 15(4), 329–331. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1743

Ardiansyah, E. R., & Muthi, I. (2024). Penerapan metode praktikum untuk meningkatkan kinerja dalam mata pelajaran IPAS materi perubahan wujud zat kelas IV. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(4), 298–307. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i4.1132

Arifin, M., Franciscus, F., Warsiyanto, B. A., Chaeroni, A., Fairuza, S., Martina, A., Widanto, M. H., & Sari, R. A. (2024). Pembelajaran dasar teknologi penerbangan melalui praktikum fisika sekolah menengah atas. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 18. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9534

Ariyansyah, A., & Nurfathurrahmah, N. (2022). Analisis keterampilan proses sains melalui metode berbasis masalah pada materi keanekaragaman mahluk hidup. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.48

Bahri, S., Oviana, W., & Billiyan, S. (2021). Peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPA di kelas V MI. Kalam: Jurnal Agama dan Sosial Humaniora, 8(2), 122–144. https://doi.org/10.47574/kalam.v8i2.95

Belga, J. M. (2022). Improving students’ science process skills using argument-driven-inquiry (ADI) laboratory method. Asian Journal of Physical and Chemical Sciences, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.9734/ajopacs/2022/v10i2180

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses dan kerja peserta didik di laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Cloney, D., Jackson, J., & Mitchell, P. (2019). Assessment of children as confident and involved learners in early childhood education and care: Literature review. Victorian Government - Victorian Curriculum & Assessment Authority.

Djudin, T. (2021). Pengantar fisika modern. Deepublish.

Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis ketrampilan proses sains peserta didik pada materi laju reaksi melalui model pembelajaran bounded inquiry laboratory. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 226–236. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669

Fitriningsih, H. (2019). Kupas tuntas praktikum IPA. CV. Pustaka MediaGuru.

Hari, B. S. (2019). Mengenal fisika modern. Penerbit Duta.

Hartati, Azmin, N., Nasir, M., & Andang. (2022). Keterampilan proses sains siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi biologi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(12), 5795–5799.

Iqbal, I., Pebriana, P. H., & Astuti. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran (Experiental Learning) pada siswa kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. JuDha_PGSD: Jurnal Dharma PGSD, 2(1), 222–233.

Irmayadi, R., Haris, A., & Kaharuddin, K. (2020). Analisis keterampilan menarik kesimpulan dalam pembelajaran fisika peserta didik di SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(3), 228–236.

Irvani, A. I., Rustaman, N., Kaniawati, I., & Sinaga, P. (2024). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika kuantum. Diffraction, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.10107

Jumrodah, J., Meiana, N. A., Ashari, R., Awaluddin, A. M., Ajiza, P. D., Alia, R., Maharani, S. P., Karlina, S., & Anwar, M. S. (2023). Analisis Hambatan guru dalam pembelajaran biologi berbasis praktikum di SMA. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 92–104. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.5987

Kurnia, A. (2021). Konsep pemahaman teori relativitas khusus Einstein tentang pemuaian waktu. Jurnal TEDC, 15(2), 173–179.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.

Lapkin, S., Levett-Jones, T., & Gilligan, C. (2012). A cross-sectional survey examining the extent to which interprofessional education is used to teach nursing, pharmacy and medical students in Australian and New Zealand universities. Journal of interprofessional care, 26(5), 390-396. https://doi.org/10.3109/13561820.2012.690009

Lumbangaol, S. T. P., Purba, Y. O., Misbah, Siahaan, K. W. A., & Siagian, R. C. (2023). Teori relativitas. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Mulyana, M. (2021). Analisis kepecayaan diri pada mahasiswa Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 15. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3632

Murniati, M., Desti, M. A., & Sriyanti, I. (2021). Analisis keterampilan proses sains (KPS) Mahasiswa calon guru fisika di FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 208–217.

Muspa, R. M., & Suwondo, N. (2020). Pengembangan perangkat praktikum penentuan percepatan gravitasi Bumi menggunakan pegas berbasis Arduino-Linx-Labview. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 165–171. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.6155

Nazmi, N., & Rahmasari, S. (2024). Efektivitas Praktikum lensa tipis terhadap pemahaman materi optik mahasiswa tadris fisika. 2(1), 12–16.

Nicol, C. B., Gakuba, E., & Habinshuti, G. (2022). Students’ opinions, views, and perceptions of science laboratory learning: a systematic review of the literature. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(3), em2087. https://doi.org/10.29333/ejmste/11793

Noer, Z., & Dayana, I. (2021a). Buku fisika modern.

Noer, Z., & Dayana, I. (2021b). Teori relativitas. GUEPEDIA.

Nuai, A., & Nurkamiden, S. (2022). Urgensi kegiatan praktikum dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar dan menengah. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 48–63.

Oktavia, W. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) praktikum fisika berbasis augmented reality terintegrasi ayat Al-Qur’an pada materi listrik dinamis dan listrik statis kelas XII SMA/MA. https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/1kwgXttxrK7KW9VllfNmOObpbrl1oRSX.pdf

Panis, I. C., Dewa, E., Ki’i, O. A., Anggo, O. D. S., & Inguliman, G. P. (2024). Pelatihan praktikum fisika topik listrik dinamis bagi peserta didik SMPK Rosa Mystika Kupang. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(2), 326–340. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i2.3609

Puspitasari, I., Kurniawan, A. B., Mariyam, S., & Rukmana, N. A. (2020). Artificial intelligence dalam penulisan artikel ilmiah. LPPM STKIP PGRI Pacitan, 1–6.

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini (2nd ed.). UPI Sumedang Press.

Rabiudin, R. (2023). Belajar bermakna melalui praktikum ilmu pengetahuan alam. Jivaloka Mahacipta.

Rahmah, Y. Y., Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan model pembelajaran 5E untuk meningktakan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 40–46. https://doi.org/10.33627/oz.v8i2.296

Rahmayani, E. S., & Fadly, W. (2022). Analisis kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan dari hasil pratikum. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 217–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.765

Rahmiyani, W. O., Jusniar, & Ahmad, A. (2024). Peningkatan keterampilan proses sains melalui penerapan model problem based learning pada materi Bumi dan tata surya. JP-3: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1366–1373. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1200

Ramadhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN). https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian/Ntw_EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+penelitian+muhammad+ramadhan&printsec=frontcover

Sar’iyyah, N. (2019). Penggunaan model STAD berbasis praktikum untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDI Watujara. Inventa, 3(1), 46–52. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1802

Septi, S. E., Deswalman, D., Maison, M., & Kurniawan, D. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran fisika di SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika, 7(2), 10–18.

Suja, I. W. (2023). Ketrampilan proses sains dan instrumen (1st ed.). PT. RajaGrafindo Persada.

Sukenti, E. (2021). Pengembangan laboratorium virtual untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi sistem sirkulasi. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2572

Sunardi, O., & Suchyadi, Y. (2020). Praktikum sebagai media kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 124–127. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2737

Whitcomb, K. M., Guthrie, M. W., Singh, C., & Chen, Z. (2021). Improving accuracy in measuring the impact of online instruction on students’ ability to transfer physics problem-solving skills. Physical Review Physics Education Research, 17(1), 010112. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.010112

Wilujeng, I., & Rohman, A. (2021). Pengembangan buku ajar fisika modern berbasis self-regulated learning untuk pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 477–486. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.010112

Yanti, L., Miriam, S., & Suyidno, S. (2020). Memaksimalkan keterampilan proses sains peserta disiskk melalui creative responsibility based learning. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1790–1796. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1790-1796

Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan proses sains, berpikir kritis, dan percaya diri siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 48–58. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p48-58

Downloads

Published

2025-03-12

How to Cite

Sintiya, L. E., & Putranta, H. (2025). Exploring the Implementation of Modern Physics Practicum to Enhance the Science Process Skills of Indonesian Physics Education Students: Eksplorasi Pelaksanaan Praktikum Fisika Modern dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika di Indonesia. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 9(2), 318–332. https://doi.org/10.14421/edulab.2024.92.10

Issue

Section

Articles