Digital Madrasah Management Model Based on the Exambro Application in Islamic Education Learning: A Case Study at MAN 2 Rembang

Model Manajemen Madrasah Digital Berbasis Aplikasi Exambro pada Pembelajaran PAI: Studi Kasus di MAN 2 Rembang

Authors

  • Rida'ul Maghfiroh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Munajat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.03

Keywords:

Exambro Application, Digital Madrasah, Management, Smart Madrasah

Abstract

Abstract

Purpose – This study aims to explore the management, policies, program implementation, challenges, and alternative solutions related to the implementation of the Digital Madrasah program at MAN 2 Rembang.

Design/methods/approach – Employing a qualitative field-based case study approach, data were collected through observation, interviews, and document analysis. Primary data were obtained directly from key informants, including the Madrasah Principal, Vice Principals for Curriculum and Facilities, Islamic Education (PAI) teachers, and students. Secondary data were drawn from administrative and instructional documents. Data analysis involved reduction, display, and conclusion drawing.

Findings – (1) The Digital Madrasah program at MAN 2 Rembang is managed in accordance with the guidelines of the Ministry of Religious Affairs and the Ministry of Education. (2) Management is guided by official policies and implementation manuals. (3) Program implementation follows UNESCO’s ICT integration stages: emerging, applying, integrating, and transforming. (4) Key challenges include infrastructure limitations, varying digital competencies, data security concerns, exam dishonesty, limited funding, and weak oversight. (5) Proposed solutions include enhancing technological infrastructure and competencies, fostering external collaboration, and implementing continuous evaluation.

Research implications/limitations – This study supports the effective implementation of the Digital Madrasah program using the Exambro application in accordance with Ministry of Religious Affairs guidelines. However, its scope is limited to a single institution, with a short data collection period and no assessment of learning outcomes. Future studies should adopt quantitative and comparative approaches for broader insights.

Originality/value – This study contributes to the advancement of the Digital Madrasah initiative by integrating the Exambro application into Islamic Education learning. The findings offer practical guidance for educators and curriculum developers in designing more effective instructional strategies and provide a replicable management framework adaptable to other madrasahs.

Abstrak

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen, kerangka kebijakan, proses implementasi, tantangan, serta solusi alternatif terkait pelaksanaan program Madrasah Digital di MAN 2 Rembang.
Desain/metodologi/pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data primer diperoleh dari para informan kunci, termasuk kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan sarana, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), serta peserta didik. Data sekunder bersumber dari dokumen administratif dan pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan – (1) Program Madrasah Digital di MAN 2 Rembang dikelola sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan. (2) Manajemen program didasarkan pada kebijakan resmi dan buku panduan pelaksanaan. (3) Implementasi program mengikuti tahapan integrasi TIK menurut UNESCO: emerging, applying, integrating, dan transforming. (4) Tantangan utama meliputi keterbatasan infrastruktur, ketimpangan kompetensi digital, risiko keamanan data, kecurangan dalam ujian, keterbatasan pendanaan, dan lemahnya pengawasan. (5) Solusi yang diusulkan mencakup peningkatan infrastruktur teknologi dan kompetensi digital, penguatan kolaborasi eksternal, serta pelaksanaan evaluasi berkelanjutan.
Implikasi/batasan penelitian – Penelitian ini mendukung implementasi efektif program Madrasah Digital, khususnya melalui penggunaan aplikasi Exambro yang sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama. Namun, cakupan penelitian terbatas pada satu lembaga pendidikan, dengan waktu pengumpulan data yang relatif singkat dan tanpa pengukuran langsung terhadap hasil belajar. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan kuantitatif atau komparatif untuk memperoleh wawasan yang lebih luas.
Keaslian/kontribusi nilai – Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan inisiatif Madrasah Digital melalui integrasi aplikasi Exambro dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Temuan penelitian ini menawarkan panduan praktis bagi pendidik dan pengembang kurikulum dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif serta menyediakan model manajemen madrasah digital yang dapat direplikasi dan disesuaikan di berbagai konteks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinegoro, B., Ruhuputy, M. F. A., Pambudi, I., & Arrahman, T. (2025). Kebijakan satu data Indonesia: Sebuah antitesis semangat keterbukaan dan informasi publik. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 16(01), 1–11. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v16i01.21869

Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i3.890

Arifin, Z. (2019). Penelitian pendidikan: Metode dan paradigma baru. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program (Vol. 53). Pustaka Pelajar.

Arum, F. (2023). Problematika penggunaan aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) di MI Darul Hikmah Silurah Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang [Skripsi, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan].

Aziz, A. H., Fahrurrazi, F., Akimmusolah, A., Rahmah, A. N., & Jaenullah, J. (2024). Problematika pembelajaran PAI di era digital. PPSDP Undergraduate Journal of Educational Sciences, 1(1), Article 1.

Duryat, M., & Arifin, T. (2023). Manajemen program literasi digital di sekolah madrasah: Mendongkrak mutu lulusan dalam berselancar di era global. K-Media.

Fadlyani, K., Utomo, A. P. Y., Syaifullah, B., & Bustomi, F. (2023). Implementasi aplikasi Afresto browser berbasis Android dalam pelaksanaan penilaian akhir semester di SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(2), 60–78. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.110

Fullan, M. (2016). The New Meaning of Educational Change. Teachers College Press.

Gunawan, Y. I. P. (2023). Implementasi aplikasi Exambro sebagai pengawasan penilaian hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Wangon. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/298

Gusriani, I., Salabi, A. S., & Yuliza, Y. (2023). Manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan madrasah berbasis digital pada Madrasah Aliyah Negeri Lhokseumawe. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/ijiem.v6i2.24746

Huda, M. Q. (2023, March 3). MAN 2 Rembang gelar bimtek aplikasi Exambro – MAN 2 Rembang. https://man2kabrembang.sch.id/2023/03/03/man-2-rembang-gelar-bimtek-aplikasi-exambro/

Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493

KSKK Madrasah. (2018). Surat Edaran Nomor B-1726/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2021 tentang Aplikasi Rapor Digital Madrasah. Kementerian Agama RI.

MAN 2 Rembang. (2023). Dokumen Rencana Kerja Madrasah Tahun 2022/2023.

Maulidya, R., & Rozikin, M. (2022). Analisis retrospektif kebijakan satu data Indonesia. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 273–287. https://doi.org/10.25157/dak.v9i2.7884

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Cakra Books.

Nurhayati, R., Ningsih, D. A., Rahma, M., Hakiki, A. M. N., & Suwito, A. (2023). Telaah manajemen pendidikan modern dan penerapan manajemen pendidikan berbasis sekolah. Journal on Education, 06(01). http://jonedu.org/index.php/joe

Rahmat, A. (2020, January 14). Madrasah bermutu, Madrasah Smart. MTSN 3 Kota Tasikmalaya. https://www.mtsn3kotatasikmalaya.sch.id/index.php/site/article/slug/madrasah-bermutu-madrasah-smart

Ratnawati, S. R., & Werdiningsih, W. (2020). Pemanfaatan e-learning sebagai inovasi media pembelajaran PAI di era Revolusi Industri 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1429

Rofiq, A. A., Astutik, F. A. F., Mashito, D., & Zuhriyah, I. A. (2023). Pemanfaatan aplikasi Exam Browser dalam pelaksanaan PAS berbasis digital di MA Bilingual Kota Batu Malang. Jurnal Al-Murabbi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.35891/amb.v8i2.3791

Rukin. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). Jakad Media Publishing.

Saimroh, Siagian, N., Saepudin, J., Salman, I., Habibah, N., Anwar, S., Aulia, N., Basid, A., & Mulyana. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran di Madrasah Aliyah. Balai Litbang Agama Jakarta.

Setiawan, D. (2021). Penerapan Exambro sebagai pendukung CBT (Computer Base Test). JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58794/jdt.v1i1.29

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. CV Nata Karya.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

UNESCO. (2011). ICT competency framework for teachers. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000213475

Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3537

Yelland, N. (2011). Reconceptualising play and learning in the lives of young children. Australasian Journal of Early Childhood, 36(2), 4–12. https://doi.org/10.1177/183693911103600202

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Maghfiroh, R., & Munajat, N. (2025). Digital Madrasah Management Model Based on the Exambro Application in Islamic Education Learning: A Case Study at MAN 2 Rembang: Model Manajemen Madrasah Digital Berbasis Aplikasi Exambro pada Pembelajaran PAI: Studi Kasus di MAN 2 Rembang. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 10(1), 31–46. https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.03

Issue

Section

Articles