An Experimental Study of the Mustaqilli Method to Enhance the Reading Skills (Mahārah al-Qirā’ah) of Madrasah Tsanawiyah Students

Eksperimentasi Metode Mustaqilli untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca (Maharah Qira’ah) Siswa Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Kamilatus Salsabila UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.02

Keywords:

Arabic Reading Skills, Language Pedagogy, Madrasah Tsanawiyah, Mustaqilli Method, Quasi-Experiment

Abstract

Purpose – This study aims to examine the effectiveness of the Mustaqilli method in addressing reading difficulties among eighth-grade students at MTsN 1 Kendari.

Design/methods/approach – This research employed a quantitative approach using a quasi-experimental design. The participants consisted of eighth-grade students from MTsN 1 Kendari, divided into two groups: class VIII.3 as the experimental group and class VIII.2 as the control group. Data were collected through observation, interviews, documentation, and tests. For data analysis, the Shapiro-Wilk test was used for normality, Levene’s test for homogeneity, and the Mann-Whitney U test for non-parametric statistical analysis, with the assistance of SPSS version 26, due to the non-normal distribution of the data.

Findings – The implementation of the Mustaqilli method in class VIII.3 involved: (1) the presentation of learning objectives, a brief definition of Mustaqilli, vocabulary introduction, and explanation of the material. The core activities included group analysis and sentence translation, followed by writing on the board. The lesson concluded with reflection and review by the teacher. (2) A significant difference was found in the mahārah al-qirā’ah learning outcomes between the experimental and control groups, as indicated by the Mann-Whitney test results: a significance value of 0.032 for the pre-test and 0.048 for the post-test—both below the threshold of 0.05. Thus, the hypothesis confirmed a statistically significant difference in favor of the experimental group employing the Mustaqilli method.

Research implications/limitations – The study highlights the application of the Mustaqilli method in teaching mahārah al-qirā’ah to class VIII.3 as a promising alternative for improving reading skills in Arabic language learning. In addition to observations, interviews, documentation, and testing, the data collection process incorporated relevant literature, including scholarly articles and journals, to support the findings.

Originality/value – This research contributes significantly to Arabic language pedagogy, particularly in enhancing mahārah al-qirā’ah, by demonstrating the effectiveness of the Mustaqilli method in fostering active and participatory comprehension for non-Arabic-speaking learners.

Abstrak

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Mustaqilli dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kendari.

Desain/metode/pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental. Partisipan terdiri dari siswa kelas VIII MTsN 1 Kendari yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk analisis data, digunakan uji Shapiro-Wilk untuk normalitas, uji Levene untuk homogenitas, serta uji Mann-Whitney U sebagai analisis statistik non-parametrik, dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26, mengingat data tidak berdistribusi normal.

Temuan – Implementasi metode Mustaqilli di kelas VIII.3 meliputi: (1) penyampaian tujuan pembelajaran, definisi singkat metode Mustaqilli, pengenalan kosakata, dan penjelasan materi. Kegiatan inti melibatkan analisis kelompok dan penerjemahan kalimat, dilanjutkan dengan penulisan hasil di papan tulis. Pembelajaran ditutup dengan refleksi dan ulasan oleh guru. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahārah al-qirā’ah antara kelompok eksperimen dan kontrol, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil uji Mann-Whitney dengan nilai signifikansi 0,032 untuk pretest dan 0,048 untuk posttest—keduanya berada di bawah ambang batas 0,05. Dengan demikian, hipotesis mengonfirmasi adanya perbedaan yang signifikan secara statistik yang menguntungkan kelompok eksperimen yang menggunakan metode Mustaqilli.

Implikasi/batasan penelitian – Penelitian ini menyoroti penerapan metode Mustaqilli dalam pengajaran mahārah al-qirā’ah di kelas VIII.3 sebagai alternatif yang menjanjikan untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes, proses pengumpulan data juga mengintegrasikan literatur yang relevan, termasuk artikel ilmiah dan jurnal, untuk mendukung temuan.

Keaslian/nilai – Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pedagogi pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam peningkatan mahārah al-qirā’ah, dengan menunjukkan efektivitas metode Mustaqilli dalam mendorong pemahaman yang aktif dan partisipatif bagi pembelajar non-Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, & Ilmiani, A. M. (2020). Metodologi Pembelajaran bahasa Arab Konvensional hingga era Digital (1st ed.). Ruas Media.

Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2020). Belajar dan Pembelajaran (teori dan Implementasi) (1st ed.). Penerbit Samudra Biru.

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Dimyati, D. (n.d.). Metode pembelajaran bahasa Arab bagi masyarakat umum di Ma’had Al-Bashirah Karawang.

Effendi, R., & Setiawan, H. R. (n.d.). MANAJEMEN PROGRAM BAHASA ARAB DI MTs NURUL ISLAM BUKIT KEMUNING, RIAU.

Fairuz Zunaidah Rohmi & Mangun Budiyanto. (2020). PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK WETAN BANTUL YOGYAKARTA. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.51-04

Fauzet, F. D. (n.d.). TAKSONOMI BLOOM – REVISI : RANAH KOGNITIF SERTA PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.

Fitriani, N. (2022). Implementasi Metode Mustaqilli Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Di Pondok Pesantren Asshidiqiyah Jakarta. Mozaic : Islam Nusantara, 8(2), 130–155. https://doi.org/10.47776/mozaic.v8i2.596

Hidayah, N. L. (n.d.). METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH AL-QIRO`AH (KETRAMPILAN MEMBACA) BAHASA ARAB DENGAN CARA MEMBACA DI DEPAN KELAS DAN DITIRUKAN.

Ishak, D. M., & Fitriyanti, E. N. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH QIRA’AH UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH TERHADAP PEMAHAMAN BUDAYA ARAB.

J, H. S. (2017). Recognising the problems of Arabic Learning Students: Issues In Identifying The Letters or Words. Education Times, 6(1), 251–257.

Khotiah, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Membaca Teks Berbahasa Arab melalui Metode Qiraah Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri 8 Karangmojo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 237–246. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-09

Khotimah, I. (n.d.). IMPLEMENTASI METODE MUSTAQILLI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA-SISWI MTS MAMBAUL ULUM. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 10(1).

Kusuma, A. B. (2018). Pengaruh Metode Mustaqilli terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Arab pada siswa takhasus putra madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta,. Jurnal Ihtimam Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). https://doi.org/10.36668/jih.v1i2.167

Lamianor, L. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 17 HULU SUNGAI UTARA. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(4), 312–318. https://doi.org/10.51878/language.v2i4.1874

Masnun, M., Putri, A. S., Jaelani, A., & Ummah, I. (2022). Teacher’s Strategy in Improving Reading Comprehension Skills of Arabic Texts at Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 371. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11456

Maulana Maslahul Adi, H. (2020). TEORI BELAJAR BEHAVIORISME ALBERT BANDURA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 10(1), 22. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7803

Muhsyanur. (2014). Membaca (Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif). Buginese Art.

Nurcholis, A., Hidayatullah, S. I., & Rudisunhaji, M. A. (2019). KARAKTERISTIK DAN FUNGSI QIRA’AH DALAM ERA LITERASI DIGITAL. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 131–146. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v18i2.1853

Pratama, I. D., & Jf, N. Z. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Mustaqilli terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa di SMP.

Rathomi, A. (2019). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH QIRA’AH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315

Sitorus, A. M., & Ahkas, A. W. (2023). Activities to Enhance Pupils’ Reading Skills (Maharatul Qiraah) in Arabic Language Learning. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 903–911. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4825

Susanti, Y. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DI MAN 3 PADANG PANJANG. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 1(1). https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v1i1.1525

Tania, E., & Isnaini, R. L. (2023). Keterampilan Membaca Bahasa Arab dalam Pendekatan Metakognitif. Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(2), 204–222. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v7i2.2764

Umayya, N. A. (2023). Penerapan Metode Mustaqilli Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsPN 4 Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(4), 1290–1306. https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4974

Wicaksono, A., Syaefudin, M., Biduri, F. N., Nurhasanah, & Arfani, S. (2015). Teori Pmebelajaran Bahasa: Suatu Catatan singkat. Garudhawaca.

Zakiya, N., & Mulyadi, D. (2019). Study of Implemention of Mustaqilli Method on the Arabic Language Learning Process in the Vocational High School. ICES, 214(14).

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Kamilatus Salsabila. (2025). An Experimental Study of the Mustaqilli Method to Enhance the Reading Skills (Mahārah al-Qirā’ah) of Madrasah Tsanawiyah Students: Eksperimentasi Metode Mustaqilli untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca (Maharah Qira’ah) Siswa Madrasah Tsanawiyah. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 10(1), 16–30. https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.02

Issue

Section

Articles