Principal's Supervision Management to Enhance Teacher Pedagogical Competence: A Case Study at SMK Muhammadiyah 1 Moyudan

Manajemen Supervisi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru: Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan

Authors

  • Muflihun Ramadhan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Enung Hasanah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Dian Hidayati Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.09

Keywords:

Case Study, Educational Management, Pedagogical Competence, Principal Supervision, Vocational High School (SMK)

Abstract

Purpose – This study aims to conduct an in-depth analysis of the principal's supervision management in enhancing the pedagogical competence of teachers at Sekolah Menengah Kejuruan (vocational high school) or SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, focusing on four main stages: planning, organizing, implementation, and monitoring of supervision.

Design/methods/approach – This study employed a qualitative approach with a case study design. The research was conducted from February to April 2025, with data collected through in-depth interviews with three informants: the principal, the vice-principal for curriculum affairs, and a teacher, as well as through documentation related to school supervision. Data validity was ensured through source triangulation, while analysis was performed using the Miles & Huberman model, which includes the stages of data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.

Findings – The supervision management at SMK Muhammadiyah 1 Moyudan is conducted systematically through: (1) planning that emphasizes targets for pedagogical competence development, (2) fair and transparent organization among the supervision team, (3) communicative implementation supported by digital technology, such as WhatsApp for coaching and discussions, and (4) adaptive monitoring through routine evaluations and needs-based follow-ups for teachers. Supervision serves not only as a control mechanism but also as an effective tool for professional development that fosters improvements in teaching quality.

Research implications/limitations – These findings can be adopted by other vocational high schools to strengthen teacher pedagogical competence by enhancing two-way communication, utilizing digital technology, and providing continuous coaching. This study is limited to a single school with a small number of informants; therefore, the generalization of its findings should be approached with caution.

Originality/value – This research offers an empirical framework for the implementation of principal supervision in a vocational high school setting by integrating digital media into the teacher coaching process. This approach enriches the literature on educational supervision in Indonesia, particularly within the context of vocational education, which demands rapid adaptation to technological advancements and industry needs.

Abstrak

Tujuan – Penelitian ini bertujuan mengkaji secara mendalam manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, dengan fokus pada empat tahap utama: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan supervisi.

Desain/metode/pendekatan – Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilaksanakan pada Februari–April 2025, dengan data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap tiga narasumber: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan seorang guru, serta dokumentasi terkait supervisi sekolah. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber, sedangkan analisis dilakukan dengan model Miles & Huberman yang mencakup tahap pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Temuan – Manajemen supervisi di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan berjalan sistematis melalui: (1) perencanaan yang menitikberatkan pada target pengembangan kompetensi pedagogik, (2) pengorganisasian yang adil dan transparan di antara tim supervisi, (3) pelaksanaan yang komunikatif dengan dukungan teknologi digital seperti WhatsApp untuk coaching dan diskusi, serta (4) pengawasan adaptif melalui evaluasi rutin dan tindak lanjut berbasis kebutuhan guru. Supervisi tidak hanya menjadi alat kontrol, tetapi juga sarana pembinaan profesional yang efektif dalam mendorong peningkatan kualitas pengajaran.

Implikasi/batasan penelitian – Temuan ini dapat diadopsi oleh sekolah menengah kejuruan lain untuk memperkuat kompetensi pedagogik guru melalui penguatan komunikasi dua arah, pemanfaatan teknologi digital, dan pembinaan berkelanjutan. Penelitian ini terbatas pada satu sekolah dengan jumlah informan yang sedikit, sehingga generalisasi temuan perlu dilakukan dengan hati-hati.

Keaslian/nilai – Penelitian ini menawarkan kerangka empiris implementasi supervisi kepala sekolah pada lingkungan SMK dengan mengintegrasikan media digital dalam proses pembinaan guru. Pendekatan ini memperkaya kajian supervisi pendidikan di Indonesia, khususnya pada konteks pendidikan vokasi yang menuntut adaptasi cepat terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, P. N., Kasmei, S., & Harahap, N. A. (2024). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Journal Innovation In Education, 2(3), 222–229. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1491

Akemalludin, Nasir, M., & Ahyani, N. (2025). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(3), 328–335. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4930

Alfaro, A., Septiwi, I., & Subandi. (2024). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 3031–5220. https://doi.org/10.62281/v2i6.388

Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898

Anugerah, J. F., & Santosa, E. B. (2025). Supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di pendidikan vokasi : studi kualitatif di SMK Negeri. Indonesian Journal Of Learning and Instructional Innovation, 3(1), 47–53. https://journal.uns.ac.id/index.php/ijolii/article/view/1607

Astuti, N. D., Widodo, B. S., Hariyati, N., Khamidi, A., Wijayanti, D. T., & Haq, M. S. (2024). Pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 5(3), 3443–3448. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1054

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Gadriaman. (2024). Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Educatio, 10(1), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7414

Guntoro, G. (2020). Supervisi pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah sebagai stimulus dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Rahayu, Y. N., & Arifudin, O. (2022). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru melalui supervisi klinis kepala sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Harahap, F. A., Yunita, E., Harahap, T. S. A., Sibarani, W. S., Rafsanjani, A., & Sirait, F. A. (2023). Supervisi pendidikan sebagai upaya meningkatkan kinerja guru pada sekolah SMP swasta PAB 1 medan estate. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 173–187. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.775

Hariyati, N., Karwanto, K., Khamidi, A., & Rifqi, A. (2021). Pengembangan instrumen supervisi akademik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 33. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13605

Islamiyati, Z. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di UPT SMP Negeri 6 Gresik. UIN Syarif Hidayatullah.

Krisdiana, E. (2021). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 [Masters, Universitas Muhammadiyah Metro]. https://eprints.ummetro.ac.id/

Nawas, A. (2023). Coaching-Based Academic Supervision to Improve Teacher Performance in Implementing Differentiation Learning at SDN 014 Kempas Jaya. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).10606

Nuraini. (2025). Konsep administrasi dan supervisi pendidikan. 3(5), 392–406. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/z9drm

Putri, A. F., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Model Supervisi Pendidikan Berbasis Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 43269–43276. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/20704

Raharjo, S. B., Hasan, Y., Thahir, A., Ayu, M. S., & Junaidah. (2022). Pengorganisasian Supervisi Akademik di SMK Negeri Tanjungsari. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3), 495–507. https://doi.org/10.51278/aj.v4i3.494

Rasto, & Mulyani, H. (2019). Pengembangan model supervisi akademik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada smk bidang keahlian bisnis dan manajemen di kota bandung. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 5(2), 41. https://doi.org/10.17509/jpak.v5i2.15410

Riska, S. A. (2020). Supervisi Pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/q6jxh

Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi supervisi pendidikan sebagai sarana peningkatan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108–119. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/16

Setyawan, D., & Santosa, A. B. (2021). Kompetensi Kepala Sekolah dan Guru sebagai Basis Pencapaian Mutu Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3269–3276. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1261

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.142

Sugiyarto, Yuliejantiningsih, Y., & Haryati, T. (2025). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD Negeri Dabin II Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(3), 1884–1894. https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i3.4427

Wasiri. (2023). Dampak supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 1 Mulak Ulu. Serambi Konstruktivitas, 5(2). https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v5i2.6610

Downloads

Published

2025-08-25

How to Cite

Muflihun Ramadhan, Enung Hasanah, & Dian Hidayati. (2025). Principal’s Supervision Management to Enhance Teacher Pedagogical Competence: A Case Study at SMK Muhammadiyah 1 Moyudan: Manajemen Supervisi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru: Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.09

Issue

Section

Articles