Analysis of Arabic Learning Materials for Students of Islamic Elementary School (Madrasah Ibtidaiyah) (A Perspective of Curriculum and Content Analysis)/ Analisis Materi Pembelajaran Bahasa Arab bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah
(Perspektif Kurikulum dan Analisis Isi)
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2021.62.03Keywords:
Content analysis, Arabic TextbookAbstract
This study is a comparative analysis of the Arabic language textbook for first-grade of Islamic elementary school (MI) appertaining to Curriculum 2013 edition and Decree of Ministry of Religious Affairs (KMA) Number 183 Year 2019. Those two textbooks are analyzed in reference to the technical instructions for book guidelines of the Regulation of the Ministry of Education and Culture (Permendikbud) Number 8 Year 2016 and in particular, textbook quality and presentation are the two aspects of the textbook evaluation criteria in this study. A qualitative design was employed and the data were collected with library research. The data analysis was conducted through three stages: (1) descriptive analysis, (2) categorizing, and (3) connecting. The result of the study showed that both two textbooks are not suited to several indicators of coursebook quality and presentation according to Permendikbud Number 8 Year 2016. In terms of textbook quality, two textbooks have a distinction on source of materials and both of them display similarities such as (1) illustrating poor in quality; (2) creating innovation and independent learning; (3) supporting self-development; (4) promoting national integrity. In regard to presentation aspect, they both present different illustrations and share striking similarities including (1) delivering unattractive presentations; (2) presenting clear illustrations; (3) promoting students’ critical thinking, creativity, and innovation; (4) offering cultural localization of materials; and (5) provoking a sense of great curiosity.
Abstrak
Penelitian ini merupakan analisis perbandingan buku bahasa Arab siswa kelas 1 MI Edisi Kurikulum 2013 dan KMA 183 Tahun 2019 berdasarkan petunjuk teknis pedoman buku pada Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016. Analisis tersebut ditinjau dari aspek kelayakan materi dan penyajian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Metode analisis data melalui tiga tahapan, yaitu analisis deskriptif, analisis kategori, dan analisis connecting. Hasil penelitian ini adalah kedua buku bahasa Arab belum sesuai dengan beberapa indikator aspek kelayakan materi dan penyajian berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016. Dilihat dari aspek kelayakan materi, kedua buku tersebut memiliki satu perbedaan dan empat persamaan. Perbedaan tersebut terdapat pada sumber materi. Adapun empat persamaan dari kedua buku bahasa Arab tersebut yaitu: (1) masih ada materi yang belum benar dan akurat; (2) materi bisa menstimulasi munculnya kemandirian dan inovasi; (3) materi bisa mendukung untuk mengembangkan diri siswa; dan (4) materi bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian dilihat dari aspek kelayakan penyajian, kedua buku tersebut mempunyai satu perbedaan dan lima persamaan. Perbedaan tersebut terletak pada ilustrasi. Adapun lima persamaan dari kedua buku tersebut yaitu: (1) masih ada penyajian materi yang tidak menarik; (2) tidak ada penyimpangan pada ilustrasi yang disajikan; (3) penyajian materi dapat meningkatkan siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif; (4) berisi wawasan kontekstual; serta (5) penyajian materi menarik dan dapat mengembangkan rasa keingintahuan yang mendalam.
Downloads
References
Abrar, Muhammad. “تحليل المواد في كتاب"Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” طبعة تيغا سرنكاى.” Undergraduate, IAIN Palangka Raya, 2016. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/772/.
Agama, Kementrian. “Ini Persamaan Dan Penyempurnaan Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab Madrasah.” Accessed December 16, 2021. https://kemenag.go.id/read/ini-persamaan-dan-penyempurnaan-kurikulum-pai-dan-bahasa-arab-madrasah-250po.
———. “Tahun Pelajaran 2020/2021, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI Baru.” Accessed December 16, 2021. https://kemenag.go.id/read/tahun-pelajaran-20202021-madrasah-gunakan-kurikulum-pai-baru-5v7xy.
Amalina, Nurul Hidayatul, and Muhammad Nashirudin. “Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab Pada Tingkat Tsanawiyah Di Pondok Pesantren Ta’Mirul Islam.” Jurnal Tatsqif 15, no. 2 (2017): 173–90. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.7.
Arif, Muh. “Analisis Bahan Ajar dalam Buku Teks Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII (Ditinjau dari Segi Isi dan Pengembangan Kognitif Anak ).” PENDAIS 2, no. 1 (July 2, 2020): 1–12.
Awalludin. Awalludin, Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
“Google Terjemahan.” Accessed December 16, 2021. https://translate.google.com/.
Hamid, Abdul, and Uril Baharuddin. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi Dan Media. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Hikmah, Khizanatul, and Ruli Astuti. “Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Ta’lim Al-Lughoh Al-Arobiyah Dan Al-‘Ashri : Kajian Isi, Penyajian Dan Bahasa.” Halaqa: Islamic Education Journal 2, no. 1 (June 15, 2018): 12–29. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.1608.
Languages, Oxford. Oxford Dictionary of English. 3rd edition. New York, NY: Oxford University Press, 2010.
Marlina, Tuti. “Analisis Kualitas BukuTeks Pelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 Pada Kelas III MI Al Fithrah Surabaya.” TARBAWI 9, no. 2 (March 13, 2021): 159–78.
“Mu’jam Arabiy,” n.d.
Munip, Abdul. Pedoman Penulisan Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan. Yogyakarta, 2015.
Muslich, Mansur. Text Book Writing Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, Dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Muslich, Masnur. Text Book Writing Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, Dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
“Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016.Pdf.” Accessed December 16, 2021. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%208%20Tahun%202016.pdf.
Rachmat, and Masan Petun. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD Dan MI Kelas 5. Grasindo, 2006.
Roviin, Roviin. “Analisis Buku Teks Al-’Arabiyyah Li al-Nasyiin Karya Mahmud Ismail Shini,Dkk.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 1 (June 7, 2018): 36–53. https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2594.
Sarinah. Pengantar Kurikulum. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Dan Penelitian Pendidilkan. Bandung: Alfabeta, 2019.
Taubany, Trianto Ibnu Badar at-, and Hadi Suseno. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 Di Madrasah. Depok: Kencana, 2017.
Team, Almaany. “Terjemahan Dan Arti Kata وقور وقور Dalam Bahasa Indonesia, Kamus Istilah Bahasa Indonesia Bahasa Arab Halaman.” Accessed December 16, 2021. https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP – UPI. Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: PT. IMTIMA, 2007.
Widodo, Chomsin S. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2008.