Utilization of Microsoft Power Point Media in Mahārah Istimā’ (Arabic Learning Skill) Learning in the Digital Age/ Pemanfaatan Media Microsoft Power Point dalam Pembelajaran Mahārah Istimā’ (Kemahiran Mendengar) di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2022.71.02Keywords:
Arabic Language, Digital Age, Mahārah Istimā', Microsoft Power PointAbstract
In the current digital era, an educator is required to be able to utilize various technological media as an alternative to support learning activities. The purpose of this article is to provide an overview and insight regarding the use of Microsoft PowerPoint in mahārah istimā' learning, both online and offline. This study used descriptive qualitative methods, while data collection utilized observation, documentation, and questionnaires. The data analysis stage in this study used the model of Miles and Huberman which consists of three paths, namely data reduction, data presentation, and drawing or conclusions. Based on the results, PowerPoint is able to help educators create and deliver mahārah istimā' learning, and can facilitate students acquisition and understand the lecture. Specifically, the advantages of learning mahārah istimā' using the PowerPoint are being able to combine images and audio, using the learner’s own voice, using Arabic audio such as al-Arabiyah Bayna Yadaik MP3, or using a native speaker’s illustrations with writing through the narakeet.com website, which is applied in this research. Materials that have been uploaded into the PowerPoint can be saved in PDF and MPEG-4 video formats so that students can study them independently. The contents of the learning materials, both images, and audio can also be changed as needed.
Abstrak
Di era digital saat ini seorang pendidik dituntut untuk mampu memanfaatkan berbagai media teknologi sebagai alternatif untuk mendukung aktivitas pembelajaran. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran dan wawasan terkait pemanfaatan Microsoft Power Point dalam pembelajaran mahārah istimā’, baik secara daring maupun luring. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Media Power Point dapat membantu pendidik dalam membuat dan menyampaikan pembelajaran mahārah istimā’, serta memfasilitasi peserta didik menerima dan mengerti materi pembelajaran. Secara spesifik kelebihan pembelajaran mahārah istimā’ menggunakan Power Point adalah bisa memadukan antara gambar dan audio, baik menggunakan suara sendiri, audio bahasa Arab seperti al-Arabiyah Bayna Yadaik MP3, atau audio bahasa Arab dengan tulisan melalui website narakeet.com. Materi yang telah diuppload ke dalam Power Point bisa disimpan dalam format PDF dan video MPEG-4, sehingga peserta didik bisa mempelajarinya secara mandiri. Konten materi pembelajaran baik gambar maupun audio juga bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.
Downloads
References
Alrasi, Fitri. “Penggunaan Metode Eklektik (Thariqah Intiqaiyyah) Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di Akper Aisyiyah Padang.” Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat 1, no. 1 (2018): 93–102.
Asitti, Kadek Ayu. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2017.
Aziz, Firman. “Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.” Bioma 2, no. 1 (2020): 14–20.
Dzikry. “13 Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Power Point.” Accessed June 3, 2022. https://masdzikry.com/kelebihan-dan-kekurangan-microsoft-power-point/.
Haniah, Haniah. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Belajar Bahasa Arab.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 2, no. 1 (2014): 1. https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588.
Herlina, Pina, and Erwin Rahayu Saputra. “Pengembangan Media Power Point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Tahun 6, no. 2 (2022): 1800–1809.
Iswanto, Rahmat. “Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 1, no. 2 (December 29, 2017): 139–52. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.286.
Limbong, Oce Payung, Witarsa Tambunan, and Mesta Limbong. “Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Smk Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10, no. 1 (2021): 37–45. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3265.
M Abdul Hamid. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan Metode, Strategi, Materi Dan Media. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Mabruri, Mabruri, and Hamzah Hamzah. “Pemanfaatan Media Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Arab Pada Era Digital.” Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (2020): 11. https://doi.org/10.36915/la.v1i1.2.
Mahfudz, Ibtisam. Al Maharat al Lughawiyah. Riyadh: Dar At-Tadhmuriyyah, 2018.
Makhin, M. “Hybrid Learning: Model Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo.” Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (2021): 95–103. https://doi.org/10.55352/mudir.v3i2.312.
Mudlofir, Ali. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktik. Depok: Raja Grafindo Persada, 2020.
Mufidah, Nuril, Irtahat Isyaty, Nur Kholis, and Saidna Zulfiqar Bin Tahir. “Ict for Arabic Learning: A Blended Learning in Istima’ Ii.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 8, no. 2 (2019): 174. https://doi.org/10.22373/ls.v8i2.4561.
Nurmalasari, Yuli, and Rizki Erdiantoro. “Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier.” Quanta 4, no. 1 (2020): 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Parluhutan, Alboin. “Objek Formal & Material Filsafat Ilmu Serta Implikasinya Dalam Pendidikan.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 7, no. 3 (2020): 117.
Pujiati, Tri. “Peningkatan Kualitas Guru Bahasa Arab Di Era Digital.” Arabiya Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 1 (2017): 149. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v9i1.2354.
Rifa’i, Mochammad Ricky, Nur Intan Febriana, Fitri Ayu Nur Azizah, Fira Fairuz Salma, and Mohammad Wildan Habibi. “Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang.” Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 6, no. 1 (2021): 4. https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.01.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 83. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Sabarudin. Panduan Uji Kompetensi Lapangan (Field Study). Yogyakarta: Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022.
Sembiring, M.C.W. “Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Kemahiran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Mts Nurul Ikhwan Desa Dagang Krawan Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang Muhammad Candra Wibowo Sembiring.” Jurnal Hukum Pendidikan Dan Kemasyarakatan 11, no. 1 (2021): 74.
Shohib, M. “Solusi Atau Masalah Di Era Revolusi Industri 4.0.” Hukum Dan Keadilan 1, no. 1 (2018): 87.
Syahid, Ahmad Habibi. “Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non-Native).” ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, no. 1 (2015): 86–97. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1797.
Ubdaidillah. “Pembelajaran Maharah Istima ’ Berbasis Online : Blended Learning Dalam Istima ’ i.” Al-Ittijah 12, no. 1 (2020): 46. http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i01.2931.
Yuliansah. “Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi.” Jurnal Efisiensi XV, no. 2 (2018): 24–32.