Character Education Values in Introduction to Islamic Studies: A Transformative Scholarly Paradigm

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kajian Pengantar Studi Islam: Paradigma Keilmuan Transformatif

Authors

  • Moch. Farich Alfani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Muh. Syamsuddin Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indonesia
  • Rizki Isma Wulandari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Shaleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2024.91.06

Keywords:

Character Education, Introduction to Islamic Studies, Transformative Paradigm

Abstract

This study examines the values of character education contained in the Introduction to Islamic Studies. The values of character education are very important to facilitate students in an effort to form a noble, ethical, and berakhlaqul karimah personality. This research uses the SLR (Systematic Literature Review) method with PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses) guidelines. Data collection was carried out from the results of research that had been published in the period 2015–2023 in accredited national journals (Sinta 4, sinta 3, and Sinta 2) and internationally reputable journals. The results showed that there are several character education values in the study of Introduction to Islamic Studies, including: 1) Love to Allah SWT., the universe and its contents; 2) responsibility, discipline, and independence; 3) honest; 4) respect and courtesy; 5) compassion, care, and cooperation; 6) confident, creative, hard work, and never give up; 7) justice and leadership; 8) kindness and humility; and 9) tolerance, love of peace, and unity.

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kajian Pengantar Studi Islam. Nilai-nilai pendidikan karakter sangat penting untuk memfasilitasi mahasiswa dalam upaya membentuk pribadi yang luhur, beretika, dan berakhlaqul karimah. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Sistematik Literatur Review) dengan panduan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses). Pengumpulan data dilakukan dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam kurun waktu tahun 2015 sampai dengan tahun 2023 pada jurnal nasional terakreditasi sinta 4, sinta 3, sinta 2 sampai dengan jurnal bereputasi internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai pendidikan karakter dalam kajian Pengantar Studi Islam, diantaranya; 1) Cinta kepada Allah SWT., semesta beserta isinya; 2) tanggung jawab, disiplin, dan mandiri; 3) Jujur; 4) Hormat dan santun; 5) Kasih Sayang, Peduli, dan Kerja sama; 6) Percaya Diri, Kreatif, Kerja Keras, dan Pantang Menyerah; 7) Keadilan dan Kepemimpinan; 8) Baik dan Rendah Hati; dan 9) Toleransi, Cinta Perdamaian, dan Persatuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Sabri. Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Pertama. 1. 2020: CV Budi Utama, n.d.

Alfiah. Hadist Tarbawi. Cetakan Tahun 2015. Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2015.

Alqur’an Kemenag, n.d.

Arif, Muhamad. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Kitab Ahlakul Lil Banin Karya Umar Ibnu Ahmad Barjah.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 2, no. 2 (October 31, 2018): 401–13. https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i2.170.

Diu, Abdullah. “Pemikiran M. Amin Abdullah tentang Pendidikan Islam dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi.” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner 3, no. 1 (June 1, 2018): 1–15. https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i1.682.

Donna M. Golnick, Gene E. Hall, Linda F, Quin. Mengajar Dengan Senang : Menciptakan Perbedaan Dalam Pembelajaran Siswa. Kedua. 2. 2008: PT Macanan Jaya Cemerlang, n.d.

Fitriyah, Chumi Zahroul, and Rizki Putri Wardani. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 12, no. 3 (September 29, 2022): 236–43. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Hakim, Irsyadul, Agus Akhmadi, and Rido Kurnianto. “RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA.” TARBAWI:Journal on Islamic Education 3, no. 2 (October 28, 2019): 133–44. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v3i2.312.

Hasanah, Uswatun, Muhammad Resky, Zahra Rahmatika, Rico Setyo Nugroho, Beti Susilawati, and Ahmad Asroni. PENGANTAR STUDI ISLAM. Padang Sumatera Barat: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2023.

Istante, Luluk. “DEKADENSI MORAL BAGI GENERASI MUDA.” Student Research Journal 1, no. 1 (2023): 21–31.

Istiningsih. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran. 1st ed. Yogyakarta: PT Skripta Media Creative, n.d.

John W. Creswell. 30 Ketrampilan Esensial Untuk Penelitian Kualitatif. Revisi. Yogyakarta: The King Books, n.d.

Kemendiknas. “Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter [Guideline on the Implementation of Character Education].” Guideline, 2011, 7.

M. Daryono. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2nd ed. Kedua, 1441/B/2008. Jakarta: PT Rineka Cipta, n.d.

Masnunah, Dewi. “Implementasi cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Zainul Hasan I Genggong Pajarakan Probolinggo.” Undergraduate, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim, 2008. http://etheses.uin-malang.ac.id/4782/.

Miftakhur Ridlo. “TAFSIR MORAL DALAM KIDUNG PANGILING KARYA KIAI IMAM MALIK.” Jurnal Pendidikan Islam (JPI) Vol. 2 No 1 2019 (n.d.): 68–86. https://doi.org/10.3153 /nzh.v2i1.231.

Muhsinin, Muhsinin. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013): 205–28. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.751.

Nate Doimer. “Motivating Generation Z: A Study of the Unique Learning Styles of a Generation.” Culminating Project Type, ST. CLOUD STATE UNIVERSITY, 2022. https://www.stcloudstate.edu/library/archives/. https://repository.stcloudstate.edu/eng_etds/13/.

Pohan Nur Khomisah, Nur Khomisah, Faiqotussana, and Putri Nurinadia. “Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ Ayat 107 Dan An-Nahl Ayat 97.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (July 5, 2022). https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-09.

Ramdani, Dede Ahmad, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. “Core Ethical Values Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam.” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) 6, no. 10 (2023): 7891–99.

Rasyid, Rafida. “Pengaruh lingkungan keluarga dan keadaan ekonomi dalam pembelajaran Distance Learning terhadap motivasi belajar peserta didik: Studi kasusdi MI Kecamatan Wonomulyo Kabuten Polewali Mandar.” Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2022. http://etheses.uin-malang.ac.id/35329/.

Rohman, Miftahur, and Hairudin Hairudin. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial-Kultural.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (June 8, 2018): 21–35. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603.

Said, Hasani Ahmad. “Tafsir Al-Mishbah in the Frame Work of Indonesian Golden Triangle Tafsirs: A Review on the Correlation Study (Munasabah) of Qur’an.” Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage 3, no. 2 (2014): 211–32. https://doi.org/10.31291/hn.v3i2.10.

Sumiarsi, Ninik. “Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Pengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 041 Tarakan.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 3, no. 1 (February 23, 2015). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2206.

Sunhaji. Strategi Pembelajaran : Konsep Dasar, Metode, Dan Aplikasi Dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Senja, 2015.

Supinah, and Ismu Tri Parmi. “PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD.” Kementerian Pendidikan Nasional, n.d.

Supinah, Supinah, and I. T. Parmi. “Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika Di SD.” Kementrian Pendidikan Nasional, 2011, 50.

“Uuspn No 20 Tahun 2003 - Google Search.” Accessed May 19, 2023. https://www.google.com/search?q=uuspn+no+20+tahun+2003&oq=uuspn+n&aqs=chrome.1.69i57j0i512j0i22i30l2.13926j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8.

Wahyuni, Sri, and Djemari Mardapi. “KOMPARASI METODE ESTIMASI KESALAHAN PENGUKURAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA SMA DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH.” JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN 3, no. 2 (2015): 191–201.

Winata, Koko Adya. “INOVASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan) 1, no. 2 (November 2, 2020): 101–14. https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40973.

Zubaidah, Siti. “Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika 3, no. 2 (December 31, 2019): 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Moch. Farich Alfani, Muh. Syamsuddin, Rizki Isma Wulandari, & Shaleh. (2024). Character Education Values in Introduction to Islamic Studies: A Transformative Scholarly Paradigm: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kajian Pengantar Studi Islam: Paradigma Keilmuan Transformatif. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 9(1), 87–103. https://doi.org/10.14421/edulab.2024.91.06

Issue

Section

Articles