The Concept of Islamic Education: A Comparative Study of Ibn Katsir's and Al-Misbah's Tafsir of QS. Al-Anbiya’: 7
Konsep Pendidikan Islam: Studi Komparasi Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Misbah pada QS. Al-Anbiya’ (21): 7
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2024.91.04Keywords:
Islamic Education, Al-Misbah, Ibnu Katsir, Al-Anbiya’: 7Abstract
There are many studies on Islamic education from the perspective of the Qur'an. But few studies of Islamic education according to QS. Al-Anbiya': 7 from the perspective of classical and contemporary scholars. This study aims to determine the model, method, and style of Ibn Katsir’s and Al-Misbah's interpretation as well as the value of Islamic education in QS. Al-Anbiya': 7. This research design uses a literature review. Primary sources are the Ibn Katsir and Al-Misbah interpretations. Secondary sources are articles and literature related to the concept of Islamic education from the perspective of Qur'anic interpretation. Then researchers compare the concept of Islamic education in QS. Al-Anbiya': 7 according to Ibn Katsir’s and Al-Misbah's interpretation. The results showed that the model of Ibn Katsir interpretation is classical because it uses the form of tafsir bil ma'tsur, the method used is the tahlili method, the style of interpetation uses tartib mushafi, and sometimes it uses ratios / reasoning. While Al-Misbah's interpretation model is contemporary because it uses the form of tafsir bi al-ra'yi and the method used is tahlili, the style of interpretation tends to use the literary style of social culture. The value of Islamic education in QS. Al-Anbiya': 7 that can be applied today is the importance of asking people who are knowledgeable about lifelong learning in order to become broad-minded and knowledgeable people so that it can lead us to a good and right path according to the teachings of Islam.
Aabstrak
Ada banyak penelitian tentang pendidikan Islam dalam perspektif al-Qur’an. Namun, masih sedikit kajian pendidikan Islam menurut QS. Al-Anbiya’: 7 perspektif ulama klasik dan kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, metode, dan corak tafsir Ibnu Katsir dan tafsir Al-Misbah serta konsep nilai pendidikan Islam pada QS. Al-Anbiya’: 7. Desain penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka. Sumber primer adalah Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Misbah dan sumber sekunder berupa artikel dan literatur yang berkaitan dengan konsep pendidikan Islam dari sudut pandang penafsiran Al-Qur'an. Kemudian peneliti bandingkan konsep pendidikan Islam dalam QS. Al-Anbiya’: 7 menurut tafsir Ibnu Katsir dan tafsir Al-Misbah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Tafsir Ibnu Katsir adalah klasik karena menggunakan bentuk tafsir bil ma’tsur, metode yang digunakan yaitu metode tahlili, corak tafsir menggunakan tartib mushafi, dan terkadang menggunakan rasio/penalaran. Sedangkan model tafsir Al-Misbah adalah kontemporer, karena menggunakan bentuk tafsir bi al-ra’yi, metode yang digunakan yaitu tahlili, corak tafsir cenderung menggunkan corak sastra budaya kemasyarakatan. Nilai pendidikan Islam dalam QS. Al-Anbiya’: 7 yang dapat diterapkan pada zaman sekarang adalah pentingnya bertanya kepada orang yang berilmu (berguru) dan belajar sepanjang hayat agar menjadi pribadi yang luas wawasan dan berilmu sehingga dapat menuntun kita ke jalan yang baik dan benar sesuai ajaran agama Islam.
Downloads
References
Abror, Pathil. “Konsep Pola Asuh Orang Tua Dalam Al-Qur’an: Studi Analisis Ayat-Ayat Komunikasi Orang Tua Dan Anak.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 4, no. 1 (2016): 65–91. https://doi.org/10.21093/sy.v4i1.540.
———. “Konsep Pola Asuh Orang Tua Dalam Al-Qur’an: Studi Analisis Ayat-Ayat Komunikasi Orang Tua Dan Anak.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 4, no. 1 (June 1, 2016). https://doi.org/10.21093/sy.v4i1.540.
Adib, M. Afiqul. “Nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat al-Alaq Ayat 1-5 Menurut Tafsir al-Misbah dan Penerapannya Dalam Pembelajaran.” Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019. http://etheses.uin-malang.ac.id/14421/.
Almeida, Christine Sant’Anna de, Laura Stella Miccoli, Nisa Fitri Andhini, Solange Aranha, Luciana C. de Oliveira, Citar Este Artigo, Aprovado Autor Recebido Em, et al. Mukhtashar Tafsir Ibnu Katsir. Vol. 5. Darus Sunnah, 2016.
Bakah, Waffa Ruhul. “ETIKA MURID KEPADA GURU DALAM SURAH AL-KAHFI AYAT 65 -70 DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN MODERN.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 9, no. 1 (March 10, 2020): 93–108. https://doi.org/10.24090/jimrf.v9i1.4136.
Budiana. “Kekashan Manhaj Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraisy Shihab,” 2021.
Chairudin, Muchamad, Nurul Latifatul Inayari, Hafidz Hafidz, and Husna Nashihin. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Surat Yusuf Ayat 13-20 Kajian Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab.” Attractive : Innovative Education Journal 5, no. 2 (April 9, 2023): 754–65. https://doi.org/10.51278/aj.v5i2.801.
Fathinahaya Nailatsani & Muhammad Fajrul Mahardika. “Komunikasi Dan Keterbukaan Diri Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Q.S. An-Nisa Ayat 148-149” 4, no. 1 (2023): 19–31.
Fitrah, Meri, and Syamsuar Hamka. “Pemikiran Pendidikan Yusuf Al-Qardhawi Dalam Kitab Al-‘Aql Wa al-‘Ilm Fi Al-Qur’An.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 1 (2022): 1. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6843.
Has, Muhammad Hasdin. “DINAMIKA KARAKTERISTIK PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Analisis Tematik Ayat-Ayat Tentang Pendidikan).” Jurnal Al-Ta’dib 7, no. 2 (2014): 141–53.
Husen, Mochmad. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 31-32 (Studi Komparatif Dalam Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Misbah).” Aksioma Ad-Diniyah 8, no. 1 (2020): 89–108. https://doi.org/10.55171/jad.v8i1.413.
———. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 31-32 (STUDI KOMPARATIF DALAM TAFSIR IBNU KATSIR DAN TAFSIR AL-MISBAH).” Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal Of Islamic Studies 8, no. 1 (June 15, 2020). https://doi.org/10.55171/jad.v8i1.413.
Komaruddin, Koko, and Ahmad Labib Majdi. “Kaderisasi dan Regenerasi dalam Lingkungan Keluarga: Studi Analisis Tematik terhadap Ayat-ayat Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9, no. 2 (2021). https://doi.org/10.36667/jppi.v9i2.732.
Linda Zakiah. “Hubungan Kecerdasan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 32, no. 1 (2020): 30–52. https://doi.org/10.21009/parameter.321.03.
Muchamad Chairudin, Nurul Latifatul Inayari, Hafidz, Husna Nashihin. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Surat Yusuf Ayat 13-20 Kajian Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab.” Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability 4, no. 1 (2022): 1–12.
Prasetyawati. E. “Penafsiran Ayat-Ayat Keluarga Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah Dalam Tafsir Al Misbah Dan Ibnu Katsir.” Nizham 5, no. 2 (2017): 139–66.
Rizal, Soni Samsu. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM ALQURAN SURAT AS-SAJDAH AYAT 9 RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN PRANATAL (Studi Analisis Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab).” Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 2 (May 15, 2018). https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/103.
Sabir, M. “KONSEP-KONSEP DASAR TAFSIR.” al-Munir: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 1, no. 2 (n.d.).
Said, A. A. . “Hermeneutika Al-Qur’an Tentang Pluralisme Agama Perspektif Farid Esack,” 2020.
Sauqi, Muhammad. Ulumul Quran : Membahas Mengenai Konsep Ulumul Quran, Sejarah Turun Dan Penulisan Al-Qur’an, Asbab An-Nuzul, Munasabah Al-Qur’an, Ilmu Makkiyah Dan Ilmu Madaniyyah, Qashash Al Qur’an, I’jaz Al Qur’an, Al-Muhkam Wa Al-Mutasyabih, Nasikh Mansukh, Qira’at Al-Qur’an, Amtsal Al-Qur’an, Al-Qasam Al-Qur’an, Tafsir, Ta’wil Dan Tarjamah. 1st ed. Banyumas: CV. Pena Persada, 2021. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1366501.
Sumardi, Sumardi, Syamsu Nahar, and Yusnaili Budianti. “Metode Pembelajaran Dalam Al-Qurâ€TMan Surah Al-Anbiyaâ€TM Ayat 52-67 (Kajian Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al Qurtubi).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 02 (August 21, 2023). https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4819.
Sumardi, Syamsu Nahar, Yusnaili Budianti. “Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ Ayat 52-67 (Kajian Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al Qurtubi).” Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ Ayat 52-67 (Kajian Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al Qurtubi) 12 (2023): 1597–1612. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4819.
Syakir, Syaikh Ahmad. Mukhtashar Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Darus Sunnah Press, 2016. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=13880.
Syamsiah, Siti, Dedi Masri, Nazliyani Pane, and Dwi Afri Yani. “Konsep Pendidikan Pada Kisah Nabi Khidir As Dan Nabi Musa As Dalam Surah Al-Kahfi Ayat 62-82 Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam (Tafsir Al-Misbah).” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 4 (2023): 559–65. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.199.
Syarifah, Syifa. “Metode Tanya Jawab Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Anbiya 7, Al-Qari’ah 1-2, Al-Baqarah 28, At-Takwir 26-27, Ar-Rahman 13, Al-Baqarah 245.” bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33861.
Tafsir Ibnu Katsir. Darus Sunnah, n.d.
Wati, Rosna. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Al- Hujurat Ayat 11-13 (Perbandingan Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Misbah).” Jurnal Sakinah: Journal of Islamic and Social Studies 4, no. 2 (2022): 01–10.
———. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-12 (Perbandingan Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Misbah).” Jurnal Sakinah : Journal of Islamic and Social Studies 4, no. 2 (2022): 1–10.
Yanti, H. “Pendidikan Agama Anak Dalam Keluarga Qur’an Surah Lukman Ayat 12-19: Studi Komparatif Tafsir Ibnu Katsir Dan Al-Misbah.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 2 (2023): 93–100.
Yanti, Herina. “Pendidikan Agama Anak dalam Keluarga Qur’an Surah Lukman Ayat 12-19: Studi Komparatif Tafsir Ibnu Katsir dan Al-Misbah.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 2, no. 2 (June 17, 2023): 93–100. https://doi.org/10.31004/jpion.v2i2.115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khofifah, Dailatus Syamsiah, Eko Prayetno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.