Analysis of Item Difficulty Levels and Differentiating Power of TOAFL Questions at KH. Abdul Wahab Hasbullah University Jombang

Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal TOAFL di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

Authors

  • Bustanil Ilmi Agustin UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Rikha Ikke Nuriani Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nur Qurrotaa’yun UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Baihaqi UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2024.92.01

Keywords:

Differentiating Power, Evaluation, Level of Difficulty, TOAFL

Abstract

Purpose – This study aims to evaluate the quality of the Test of Arabic Foreign Language (TOAFL) items administered at KH. Abdul Wahab Hasbullah University (UNWAHA), Jombang. Since the onset of the COVID-19 pandemic, the standard for TOAFL questions has been lowered, making them easier. Therefore, it is necessary to analyze the item difficulty levels and differentiating power to assess the test's quality

Design/methods/approach – This study employed a quantitative descriptive method. Data were obtained from the results of TOAFL Package A, administered to 20 UNWAHA students in 2024. Data collection was conducted through documentation and analyzed using ANATES software.

Findings – The findings revealed that among 140 questions, the level of difficulty of UNWAHA TOAFL items was considered good because it had a balanced proportion, namely 13 items (9.3%) easy category, 83 items (59.3%) moderate category and 44 items (31.5%) difficult category. The differentiating power of the test questions is also said to be good (56.4%) because more than 50% of the questions are able to distinguish between upper and lower group students. Only a small proportion had less (12.8%) and negatif (14.3%) differentiating power. Based on these results, the questions can be reused in future test.

Research implications/limitations – This research can provide important input for the TOAFL question-compiling team to improve the quality of questions for the better. However, this reaearch is limited to one question package only

Originality/value – This research discusses all language skills on the TOAFL test, which is tested on students from various majors and then analyzed using software.

Abstrak

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas butir soal Test of Arabic Foreign Language (TOAFL) yang diselenggarakan di Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah (UNWAHA), Jombang. Sejak awal pandemi COVID-19, standar soal TOAFL diturunkan sehingga menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, analisis tingkat kesulitan butir soal dan daya pembeda perlu dilakukan untuk menilai kualitas tes tersebut.

Desain/metode/pendekatan – Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari hasil TOAFL Paket A yang diberikan kepada 20 mahasiswa UNWAHA pada tahun 2024. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan dianalisis menggunakan perangkat lunak ANATES.

Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 140 soal, tingkat kesulitan butir soal TOAFL UNWAHA dinilai baik karena memiliki proporsi yang seimbang, yaitu 13 soal (9,3%) dalam kategori mudah, 83 soal (59,3%) dalam kategori sedang, dan 44 soal (31,5%) dalam kategori sulit. Daya pembeda soal tes juga dianggap baik (56,4%) karena lebih dari 50% soal mampu membedakan antara kelompok mahasiswa atas dan bawah. Hanya sebagian kecil soal yang memiliki daya pembeda kurang (12,8%) dan negatif (14,3%). Berdasarkan hasil ini, soal-soal tersebut dapat digunakan kembali pada tes di masa depan.

Implikasi/batasan penelitian – Penelitian ini dapat memberikan masukan penting bagi tim penyusun soal TOAFL untuk meningkatkan kualitas soal menjadi lebih baik. Namun, penelitian ini terbatas pada satu paket soal saja.

Orisinalitas/nilai – Penelitian ini membahas semua keterampilan bahasa dalam tes TOAFL yang diujikan pada mahasiswa dari berbagai jurusan, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanuddin, M. (2016). ANALISIS HASIL TOAFL MAHASISWA JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Prosiding Konferenasi Nasional Bahasa Arab II (KONASBARA). https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/76

Ainin, M. (2016). KESAHIHAN DALAM PENYUSUNAN TES BAHASA ARAB DI MADRASAH/SEKOLAH. Prosiding Konferenasi Nasional Bahasa Arab II (KONASBARA). https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/75

Ainin, M. (2023). Penilaian Berpikir Tingkat tinggi (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. CV Bintang Sejahtera.

B., N. (2020). Analisis Butir Soal TOAFL pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar [Tesis]. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/18284/1/NURHAYATI.pdf

Bamualim, M. (2020). Kedudukan Dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.141

Fahmi, B., Rizqi, S., & H, N. E. (2022). ANALISIS BUTIR SOAL BAHASA ARAB SISWA MAS PONDOK PESANTREN ASAALAM KAMPAR RIAU. 6(2), 95–105. https://doi.org/DOI: 10.15575/jpba.v5i2. 16193

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). ANALISIS KESUKARAN SOAL, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR. Al-Manar, 8(2), 37–64. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Fitriani, N. (2021). ANALISIS TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA, DAN EFEKTIVITAS PENGECOH SOAL PELATIHAN KEWASPADAAN KEGAWATDARURATAN MATERNAL DAN NEONATAL. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956

Halomoan, H., Ibrahim, F. M. A., & Bahruddin, U. (2022). Taḥlῑl Ikhtibār Kafā`ah al-Lugah al-‘Arabiyyah li an-Nāṭiqῑna bigairihā fī Jāmi’ah Sulṭān Syarῑf Qāsim al-Islāmiyyah al-Ḥukūmiyyah Riau. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 6(1), 74–87. https://doi.org/10.18326/lisania.v6i1.74-87

Hamdun, D., & Islam, N. (2023). Humanistic Approaches in Learning Arabic to Increase Motivation of Students’ Learning: Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 8(2), 177–193. https://doi.org/10.14421/edulab.2023.82.05

Harahap, P. (2018). ANALISIS SOAL TOAFL IAIN CURUP. Ihya Al-Arabiyah, 2. http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v4i2.3089

Ishak, D. M., & Fitriyanti, E. N. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH QIRA’AH UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH TERHADAP PEMAHAMAN BUDAYA ARAB. Prosiding Seminar Bahasa Arab Mahasiswa IV UM. https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/579/532

Loka Son, A. (2019). INSTRUMENTASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS: ANALISIS RELIABILITAS, VALIDITAS, TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA BUTIR SOAL. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i1.8

Muhammad Lukman Arifianto, Moh. Ainin, Irhamni, Mohammad Ahsanuddin, Khoirin Nikmah, Mohammad Sofi Anwar, & Nurul Fitria. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengembangan Tes Interaktif. Tonggak Media.

Muhimmatul Choiroh. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA E-LEARNING. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). HUBUNGAN ANTARA VALIDITAS ITEM DENGAN DAYA PEMBEDA DAN TINGKAT KESUKARAN SOAL PILIHAN GANDA PAS. Natural Science Education Research, 4(3), 249–257. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8682

Pradita, E., & Megawanti, P. (2023). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor PTS Matematika SMPN Jakarta. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36706/jptm.v1i2.7410

Pranata, A. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK.

Prastika, Y. D. (2021). PENGARUH VALIDITAS, RELIABILITAS DAN TINGKAT KESUKARAN TERHADAP KUALITAS BUTIR SOAL EKONOMI MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES DI SMKN 3 BANGKALAN. STKIP PGRI Bangkalan. http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1092

Qodri, M. (2020). Problematika Pembelajaran TOAFL Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. 1(1). https://doi.org/10.36915/la.v1i1.1

Qomariyah, L. (2022). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal TOAFL Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2549

Qomariyah, L., & Niswah, I. (2021). ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL TOAFL UNHASY TEBUIRENG. Prosiding Seminar Nasional SAINSTEKNOPAK Ke 5 LPPM UNHASY.

Qomariyah, R. S. (2022). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Pada Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester 1 SDN Kedungdalem 2. 1(2).

Rathomi, A. (2020). MAHARAH KITABAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. https://doi.org/10.37567/ti.v1i1

Salam, M. Y., Zela, A. F., Helviza, D., & Ikhlas, Z. (2023). PENGEMBANGAN PANDUAN TES BAHASA ARAB BERBASIS TOAFL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PADANG PANJANG MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE, QUIZIZZ, DAN KAHOOT. 12(2).

Solichin, M. (2017). ANALISIS DAYA BEDA SOAL, TARAF KESUKARAN, VALIDITAS BUTIR TES, INTERPRETASI HASIL TES DAN VALIDITAS RAMALAN DALAM EVALUASI PENDIDIKAN. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879

Susiawati, I., Mardani, D., & Indramayu, I. A.-A. (2022). Bahasa Arab Bagi Muslim Indonesia antara Identitas dan Cinta pada Agama. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.5432

Taufik, T., Syifaanddini, S., Rochmahtika, A. S., Qiyamullaily, A. J., Nazhifah, A. I., & Azharie, H. J. (2023). Media Pembelajaran Busuu Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6(2), 749. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.2321

Utami, R. W. (2018). Tahlil Bunudi As’ilati Ikhtibaraat al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi an-Natiqina Biha ‘Ala Dhou’i Nadhoriyyah Tashnif Bloom (Dirasah Washfiyyah Tahliliyyah Fi al-Jami’ah al-islamiyyah al-Hukumiyyah Ponorogo). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/12295/1/16720015.pdf

Wulandari, N. (2023). Tahlil Ikhtibarat Al-Arabiyah ka Lughah Ajnabiyah. An Nabighoh, 25(1), 77. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v25i1.7001

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Bustanil Ilmi Agustin, Rikha Ikke Nuriani, Nur Qurrotaa’yun, & Baihaqi. (2024). Analysis of Item Difficulty Levels and Differentiating Power of TOAFL Questions at KH. Abdul Wahab Hasbullah University Jombang: Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal TOAFL di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 9(2), 178–190. https://doi.org/10.14421/edulab.2024.92.01

Issue

Section

Articles