The Development of a Student Perception Instrument for Guidance and Counseling Teachers’ Role and Its Association with Learning Motivation
Pengembangan Instrumen Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2025.101.05Keywords:
Guidance and Counseling, Learning Motivation, Perception Scale, Psychometric Instrument, Student PerceptionAbstract
Abstract
Purpose – This study aims to develop a valid and reliable scale instrument to measure students’ perceptions of the role of Guidance and Counseling (GC) teachers and its relation to students’ learning motivation. The instrument is expected to be a diagnostic tool for strengthening school guidance and counselling services.
Design/methods/approach – This research employs a Research and Development (R&D) design using the ADDIE model, which consists of five phases: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects included one expert validator and 63 eighth-grade students from MTsN 9 Bantul, selected through cluster random sampling. The perception instrument was developed based on cognitive, affective, and conative aspects, while the learning motivation instrument was grounded in intrinsic and extrinsic motivation theories. Item validity was tested using item-total correlation, and reliability was calculated using Cronbach’s Alpha with the assistance of SPSS software.
Findings – The validity test results showed that out of 73 items in the perception scale, 46 were declared valid (r > 0.254), with a reliability coefficient of 0.856. Meanwhile, out of 76 items in the learning motivation scale, 47 were valid, with a reliability coefficient of 0.838. These results indicate that both developed instruments meet the criteria for validity and reliability and are suitable for use in measurement. However, further statistical analysis is needed to quantitatively examine the relationship between students’ perceptions and their learning motivation.
Research implications/limitations – The resulting instruments can be utilized by GC teachers to accurately and comprehensively identify students’ perceptions and learning motivation as a basis for service intervention planning. Nevertheless, this study’s limitation lies in its sample, which was restricted to a single school and educational level; thus, caution is needed when generalizing the findings.
Originality/value – This study offers an original contribution in the form of a standardized instrument that is not widely available, particularly one that empirically integrates students’ perceptions of the GC teacher’s role with learning motivation. The added value also lies in the thorough validation approach, which combines empirical testing and expert judgment.
Abstrak
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen skala yang valid dan reliabel untuk mengukur persepsi siswa terhadap peran guru Bimbingan dan Konseling (BK), kaitannya dengan motivasi belajar siswa. Instrumen ini diharapkan menjadi alat diagnostik yang dapat mendukung penguatan layanan BK di sekolah.
Desain/metodologi/pendekatan – Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas seorang validator ahli dan 63 siswa kelas VIII MTsN 9 Bantul yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen persepsi dikembangkan berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan konatif, sedangkan instrumen motivasi belajar didasarkan pada teori motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Validitas item diuji melalui korelasi item-total dan reliabilitas dihitung menggunakan Cronbach's Alpha dengan bantuan perangkat lunak SPSS.
Temuan – Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 73 item skala persepsi, sebanyak 46 item dinyatakan valid (r > 0,254) dengan reliabilitas sebesar 0,856. Sedangkan dari 76 item skala motivasi belajar, sebanyak 47 item valid dengan reliabilitas sebesar 0,838. Hasil ini menunjukkan bahwa kedua instrumen yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas serta layak digunakan dalam pengukuran. Namun, analisis statistik lebih lanjut antara persepsi dan motivasi perlu dilakukan untuk mengkaji keterkaitan keduanya secara kuantitatif.
Implikasi/Batasan Penelitian – Instrumen yang dihasilkan dapat digunakan oleh guru BK untuk mengidentifikasi persepsi dan motivasi belajar siswa secara akurat dan komprehensif sebagai dasar perencanaan intervensi layanan. Namun, keterbatasan penelitian ini terletak pada cakupan sampel yang terbatas pada satu sekolah dan jenjang pendidikan, sehingga generalisasi hasil perlu dilakukan dengan kehati-hatian.
Orisinalitas/Nilai – Penelitian ini menawarkan kontribusi orisinal dalam bentuk instrumen terstandar yang belum banyak tersedia, khususnya yang mengintegrasikan aspek persepsi siswa terhadap peran guru BK dengan aspek motivasi belajar secara simultan dan teruji secara empiris. Nilai tambah lainnya terletak pada pendekatan validasi menyeluruh melalui uji empiris dan profesional judgment.
Downloads
References
Afrilia, A., Waluyo, U., Apgrianto, K., & Soepriyanti, H. (2024). THE IMPACT OF TEACHER-STUDENTS RELATIONSHIP ON ENGLISH STUDENTS’ MOTIVATION (A SURVEY ON THE FIRST YEAR ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13651
Ahmad, A. (1991). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.
Aisyah, S., Rasimin, & Yusra, A. (2022). Persepsi Siswa terhadap Tugas Guru BK dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Tri Sukses Boarding School Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5599–5607. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9167
Amani, A. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Memotivasi Belajar Siswa Smp N 15 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(1), 20–34. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.151-02
Aminuddin, Muh. (2010). Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Bimbingan Konseling Di Sekolah Pada Siswa Kelas Xi Smk N 5 Semarang Tahun Ajaran 2009 / 2010. In Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Universitas Negeri Semarang.
ANSORI, M. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan Dampaknya Terhadap Kedisiplinan Siswa MTs Plus Madinatul Mubtadi’ien Badal Ngadiluwih Kediri. IAIN Kediri.
Asnia. (2020). PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 SARUDU KECAMATAN SARUDU KABUPATEN PASANGKAYU PROVINSI SULAWESI BARAT. In Jurusan Bimbingan Konseling Islam. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALU.
Azwar, S. (1999). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Gita, K. N., & Perianto, E. (2020). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF SISWA SMP DI YOGYAKARTA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Consilia Jurnal Ilmiah BK, 3(3), 282–289. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1197
Gunawan, I., Zakso, A., & Salim, I. (2018). Persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru IPS kelas VIII di SMP Negeri 09 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–10.
Jayanti, E. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di MAN Indrapuri Aceh Besar. In Manajemen Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Lubis, M., Sukatno, & Pardede, N. (2023). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sma Negeri 7 Padangsidempuan. Ristekdik Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 453–458. http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i3.453-458
Mahmudah, & Fitriyani, D. (n.d.). PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 MALAUSMA. Jendela Aswaja, 73–85.
Mar’at. (1984). Sikap Manusia: Perubahan Serta Pengukurannya (2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331
Nugraha, R. M., & Azizah, F. N. (2019). UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCIPTAKAN KESADARAN DIRI PESERTA DIDIK MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL. FOKUS : Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i2.4372
Patmawati, S. (2012). HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN GURU PEMBIMBING DAN MOTIVASI MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP N 1 KAMPAR. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIMRIAU PEKANBARU.
Putri, R. A., Hartini, S., Prabowo, A. B., & Siswanti, R. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X KKO di SMA Negeri 1 Sewon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 281–287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.398
Rahim, M. (n.d.). MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KONTEKS MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860
Salistrama, S. (2020). PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH SMA NEGERI 2 PAJU EPAT. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.30872/ibk.v2i2.650
Siregar, H. M. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ANGKET PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 971. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4702
Sitanggang, R. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 (Studi Literatur). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5101–5108. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1647
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1747
Supiana. (2008). Sisitem Pendidikan Madrasah Unggualan. Badan Litbang dan Diklat, Departemen Agama RI.
Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.
Wulandari, N. (2023). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru Bimbingan dan Konseling dengan Minat Siswa dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 2 Banjarmasin [UIN Antasari Banjarmasin]. https://idr.uin-antasari.ac.id/25016/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meri Indryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






