Analysis of User Satisfaction Levels to Improve the Quality of Services in Nursing Education Laboratory

Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Laboratorium Pendidikan Keperawatan

Authors

  • Hidayatul Ikhsan Kemenkes Poltekkes Padang, Indonesia
  • Mery Lingga Kemenkes Poltekkes Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2024.92.02

Keywords:

Nursing Education Laboratory, Service Quality, User Satisfaction Levels

Abstract

Purpose - The purpose of this research is to analyze user satisfaction levels, specifically those of lecturers and students, regarding the services provided by the Nursing Laboratory at the Padang Department of Nursing, Ministry of Health Polytechnic, Padang.

Design/method/approach - This research employs a qualitative research approach with a descriptive quantitative method. It is an exploratory study that utilizes a questionnaire as the primary data collection instrument. The questionnaire is based on a Likert scale and encompasses five dimensions of satisfaction: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy

Findings - The research results indicate gaps in respondent satisfaction frequencies in the dimensions of Responsiveness and Reliability, with scores of 86.7% and 87.6%, respectively. These scores are slightly lower compared to the other three dimensions: Tangibles (88.5%), Assurance (88.6%), and Empathy (88.4%). The overall average user satisfaction level is 87.9%, which falls within the 80.1%-100% interval, indicating a "very satisfactory" rating.

Research implications/limitations - Measuring user satisfaction levels in laboratory serves as an essential method for improving service quality and management in educational laboratory. These findings can provide a benchmark for future service policy directions in the laboratory. A limitation of this research is the relatively small sample size.

Originality/value - Based on the findings and analysis, laboratory management must focus on improving services in the dimensions of Responsiveness and Reliability to achieve a more balanced level of service quality.

Abstrak

Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna, khususnya dosen dan mahasiswa, terhadap layanan yang disediakan oleh Laboratorium Keperawatan di Jurusan Keperawatan Padang, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang.

Desain/metode/pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bersifat eksploratif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama pengumpulan data. Kuesioner ini berbasis skala Likert dan mencakup lima dimensi kepuasan: Keberwujudan (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy).

Temuan – Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan frekuensi kepuasan responden pada dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) dan Keandalan (Reliability), dengan skor masing-masing 86,7% dan 87,6%. Skor ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan tiga dimensi lainnya, yaitu Keberwujudan (88,5%), Jaminan (88,6%), dan Empati (88,4%). Rata-rata keseluruhan tingkat kepuasan pengguna adalah 87,9%, yang berada dalam interval 80,1%-100%, menunjukkan tingkat kepuasan "sangat memuaskan".

Implikasi/batasan penelitian Pengukuran tingkat kepuasan pengguna di laboratorium menjadi metode penting untuk meningkatkan kualitas layanan dan manajemen di laboratorium pendidikan. Temuan ini dapat memberikan tolok ukur bagi arah kebijakan layanan di masa depan. Keterbatasan penelitian ini adalah ukuran sampel yang relatif kecil.

Orisinalitas/nilai Berdasarkan temuan dan analisis, manajemen laboratorium perlu berfokus pada peningkatan layanan dalam dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) dan Keandalan (Reliability) untuk mencapai tingkat kualitas layanan yang lebih seimbang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, D., Nurjannah, A., Harahap, A., Lestari, V., & Hafizhah, Z. (2022). Konstruksi Pemahaman Pentingnya Sarana Prasarana di Sekolah. Edumaspul, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4202

Alnajid, M., Haskas, Y., Fauziah, L., Tinggi, S., Kesehatan, I., Hasanuddin, N., Perintis, J., Viii, K., & Makassar, K. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Profesi Ners Dalam Pelayanan Praktek Klinik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i1.1292

Ariyati, E. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Laboratorium Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNTAN. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.24929

Ayyuni, Q., Fadhil, I., & Nora Andriaty, S. (2023). Tingkat Kepuasan Mahasiswa PSDS Kedokteran Abulyatama Terhadap Proses Belajar Metode Daring. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3). https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17214

Badrudin, I. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Laboratorium Keperawatan. Universitas Bhakti Kencana.

Barudin, I. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Laboratorium Keperawatan Di Kampus 2 Program Studi D III Keperawatan Fakulatas Keperawatan Bhakti Kencana Bandung.

Dunggio, T. (2023). Hubungan Antara Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa: Perspektif dan Implikasinya. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 92–100. http://bisnisman.nusaputra.ac.id

Eka Lestari, T., & Laasara, N. (2022). Analisis Pembelajaran Praktika Laboratorium Metode Daring terhadap Pencapaian Ketrampilan Mahasiswa Pendidikan Vokasi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sultra Educational Journal, 2(2), 87–91. http://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/sedujhttp://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/seduj

Elfi, T. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Paktek Laboratorium Mata Kuliah Keperawatan Anak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 632–638. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7425901

Erna Setyaningsih, N., Nu, A., Muttaqin, R., & Dewi Ratnasari, F. (2024). Katalog Klasifikasi dan Standard Operating Procedure (SOP) Pengoperasian Peralatan Laboratorium Fisika Dasar Berbasis Quick Response (QR)-Code. In Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.14710/jplp.6.2.72-81

Fitri, A., Mulia, P., & Febriyanti, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Phantom Injeksi Modofikasi Di Laboratorim Keperawatan. Health: Jurnal Kesehatan, 10(1), 8–14. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.109

Gusmanto, R. (2023). Manajemen Pengelolaan Alat dan Bahan di Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 112–121. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i2.3084

Holilah, N., & Pohan, V. Y. (2018). Pembelajaran Laboratorium Mahasiswa Keperawatan Di Universitas Muhammadiyah Semarang Laboratory Learning for Students of Nursing Program at Universitas Muhammadiyah Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1).

Indrawan, I., Safita, R., Novallyan, D., & Mahdayeni. (2019). Manajemen Laboratorium. CV. Penerbit Qiara Media.

Juniari, N. M., Luh, N., & Suardani, K. (2023). Kepuasan Pengguna Layanan Laboratorium Pendidikan Keperawatan. Jurnal Gema Keperawatan. Desember, 16(2), 287–299. https://doi.org/10.33992/jgk.v16i2.3076

Kartikasari, S. N. (2019). Peran Laboratorium Sebagai Pusat Riset Untuk Meningkatkan Mutu Dari Lembaga Pendidikan. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium (Temapela), 2(1). https://doi.org/10.25077/temapela.2.1.17-27.2019

Kasihani, N. N., Widyastuti, R., Fadjeri, I., & Emini, E. (2021). HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN PRAKTEK KLINIK DENGAN KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN GIGI. Quality : Jurnal Kesehatan, 15(1), 10–16. https://doi.org/10.36082/qjk.v15i1.124

Kerr, D., Ratcliff, J., Tabb, L., & Walter, R. (2020). Undergraduate nursing student perceptions of directed self-guidance in a learning laboratory: An educational strategy to enhance confidence and workplace readiness. Nurse Education in Practice, 42. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2019.102669

Murdiyanto, J., & Bintari, N. A. (2020). Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Keperawatan Anestesiologi di Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta (Vol. 5, Issue 1). http://formilkesmas.respati.ac.id

Nakayoshi, Y., Takase, M., Niitani, M., Imai, T., Okada, M., Yamamoto, K., & Takei, Y. (2021). Exploring factors that motivate nursing students to engage in skills practice in a laboratory setting: A descriptive qualitative design. International Journal of Nursing Sciences, 8(1), 79–86. https://doi.org/10.1016/j.ijnss.2020.12.008

Pranata, G. A., Hengky Togand, G., & Noviati, B. E. (2021). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Tingkat III Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Terhadap Lingkungan Pembelajaran Klinik di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta. I Care Jurnal Keperawatan STIKes Panti Rapih, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.46668/jurkes.v2i1.124.

Iswanto, Putri, N. I., Widhiantoro, D., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pemanfaatan Metaverse Di Bidang Pendidikan. Jurnal Teknolog Informasi Komunikasi, 9(1), 44–2. https://doi.org/10.38204/tematik.v9i1.945

Rosadi, I., & Takim. (2022). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Proses Belajar Mengajar Di_Laboratorium Survey dan Pemetaan. Integrated Lab Journal, 10(02), Article 02.

Saman, & Azwar. (2022). Hubungan Kompetensi Mahasiswa terhadap Praktik Laboratorium dan Praktik Klinik Pada Mata Kuliah Keperawatan Dasar. Salando Health Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33860/shj.v1i1.1618

Silvia, S., & Aryanti, F. I. (2022). Analisis Penerapan Manajemen Laboratorium Prodi Teknik Kimia Polimer Politeknik STMI Jakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 20(2), 103–108. https://doi.org/10.52330/jtm.v20i2.55

Susanto, A. N., Satibi, L., & Prasetyaningtyas, D. Y. (2023). Pengaruh Lembar Data Keselamatan Bahan Berbasis Kartu Referensi Cepat (Quick Reference Card) terhadap Perilaku Aman (Safety Behaviour) Pengguna Laboratorium Pendidikan. Indonesian Jurnal of Laboratory, 6(3), 157. https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.87902

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Hidayatul Ikhsan, & Mery Lingga. (2024). Analysis of User Satisfaction Levels to Improve the Quality of Services in Nursing Education Laboratory: Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Laboratorium Pendidikan Keperawatan. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 9(2), 191–203. https://doi.org/10.14421/edulab.2024.92.02

Issue

Section

Articles