505
Views
505
Downloads
Kemampuan Empati Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Dan Pendidikan Orang Tua: Studi Terhadap Mahasiswa Prodi PGRA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu : Pertama, untuk mengetahui perbedaan kemampuan empati mahasiswa antara mahasiswa yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA ) dan Sekolah Menengah Umum (SMA/SMK). Kedua, untuk mengetahui perbedaan kemampuan empati mahasiswa ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua mahasiswa. Hipotesis penelitian yang diajukan : Petama, tidak ada perbedaan kemampuan empati mahasiswa antara mahasiswa yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Umum. Kedua, Tidak ada perbedaan kemampuan empati mahasiswa dari pendidikan orang tua mahasiswa yang rendah, menengah dan tinggi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi PGRA angkatan 2013/2014 , 2014/2015, dan angkatan 2015/2016 dengan jumlah 213 mahasiswa. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi : angket (skala Empati) yang diadoposi dari C. Asri Budiningsih, angket Tingkat Pendidikan Orang Tua, dan dokumen. Dari hasil uji komparasi dengan menggunakan analisis varians (Anova) dua jalur diperoleh nilai F : 0,908 dengan p : 0,342 ( p > 0,05) untuk hipoesis pertama, dan nilai F : 0,166 dengan p : 0,847 ( p ˃ 0,05) untuk hipotesis kedua. dengan hasil uji statistik dapat diambil kesimpulan : pertama, Tidak ada perbedaan kemampuan empati antara mahasiswa yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) dan sekolah umum (SMA/SMK ). Kedua, tidak ada perbedaan kemampuan empati mahasiswa yang memiliki orang tua (ayah) dengan tingkat pendidikan rendah, menengah dan tinggi.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Aliah B. Purwakania Hasan, Psikologi Perkemangan Islami, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.
Budiningsih, C. Asri, Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo, 2007.
H.A. Tilaar, Kekuasaan dan Pendidikan, Magelang: Indonesiatera, 2003.
Howe, David, Empati: Makna dan Pentingnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Hurlock, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan,terj. Istiwidayanti, dkk, Jakarta: Erlangga, 2013.
Rohmat Mulyana, Mengaktualisasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004.
Sugihartono, dkk, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2010.
Syamsu Yusuf, . Psikologi Belajar Agama (Perspektif Agama Islam), Bandung: Pustaka Bani Quraisy.2005.
Tim CTSD, dkk, Sukses di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.2005.
William Crain, Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosdakarya, 2005.
Zamroni, Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi (Prakondisi menuju era Glabalisasi), Jakarta: PSAP Muhammadiyah, 2007.