2025
Views
4164
Downloads
Meningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar kreativitas anak sebelum diadakannya kolase, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan kolase, (3) mengetahui seberapa besar perubahan kreativitas anak setelah diadakannya kegiatan kolase. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Obyek yang diteliti adalah kreativitas anak. pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung persentase hasil kreativitas anak mulai dari pratindakan, siklus I dan siklus II lalu mendeskripsikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak mengalami peningkatan seteah diberikan tindakan melalui kegiatan kolase menggunakan bahan kertas, bahan alam, dan warna yang cocok, bebas menggunting, menyobek, memotong dan menggulung bahan sesuai dengan kebutuhan anak. peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal kreativitas anak kelompok B sebesar 35,71%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 57,14%, dengan menggunakan bahan kertas dan bahan alam, dan meningkat pada siklus II menjadi 78,57% dengan ditambah bahan menggunakan bahan kertas, bahan alam dan bahan buatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di RA Al-Iman Sleman.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Sukardi, H. P. E. (2010). Seni Ketrampilan Anak. Yogyakarta: Universitas terbuka.
Hurlock. (1978). Perkembangan Anak, Jilid 1. ( Alih bahasa: meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas : Sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni rupa Anak TK. Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan ketenagaan Perguruan Tinggi.
Munandar, U. (1992). Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
_______. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wahyudi. (2007). Anak Kreatif . Jakarta : Gema insani.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Kurniati, Y. R. E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak. Jakarta: Kencana.
Sujiono, Y. N. S. B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.