1578
Views
1848
Downloads
Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran untuk Menanamkan Nilai Moral Anak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran sentra bermain peran sebagai salah satu upaya dalam menanamkan nilai moral anak, mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran sentra bermain peran dalam menanamkan nilai moral anak dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif didasarkan atas pertimbangan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan moral melibatkan berbagai aspek yang harus digali secara mendalam dan komperehensif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B2 (usia 5-7 tahun) di RA Tiara Chandra Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran sentra bermain peran kelas B2 RA Tiara Chandra Yogyakarta telah berhasil dalam menanamkan nilai moral anak. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator yang ditetapkan oleh RA Tiara Chandra berdasarkan standar tingkat pencapaian anak mengacu pada kurikulum 2013. Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak: latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang baik, metode atau program yang tepat, pendidik yang telah dibekali LVEP dan menerapkannya secara konsisten, fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak adalah : latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang kurang baik, ruang sentra yang kurang kondusif, kompetensi pendidik.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Mora : Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggil. Terjemahan oleh Lina Jususf. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. (Edisi keenam. Jilid 2). Terjemahan oleh Meitasari Tjandrasa. Jakarta : Erlangga.
Latif, M, dkk. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
Martuti, A. (2010). Mendirikan dan Mengelola PAUD. Bantul : Kreasi WacanaOffset.
. (2012). Mengelola PAUD : Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. (Cet ke-3). Bantul : Kreasi Wacana.
Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Edisi kelima. Cet ke-1). Terjemahan oleh Suci Romadhona & Apri Widiastuti. Jakarta : PT Indeks.
Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen PAUD. (Cet ke-2). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. (Cet ke-1). Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Jakarta : Kencana.
Poerwadarminta, W.J.S. (2007). Kamus Besar Umum Bahasa Indonesia. (Edisi ketiga). Jakarta : Balai Pustaka.
Roopnarine, J. L & James E. J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini : Dalam Berbagai Pendekatan. (Edisi kelima. Cet ke-1). Terjemahan oleh Sari Nurulita. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sabi’Ati, A. (2016). “Membangun Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kab. Semarang”. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak. Vol 2. No 1. 2477-4715.
Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak : Peran Moral Intektual Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. ( Cet ke-1 ). Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, dan Implementasi. (Cet ke-1). Jakarta : Kencana.
Yusuf, M. (2015). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.