367

Views

516

Downloads

Original article
Open Access

Pengembangan Media Bermain PVC Tubes dalam Pembelajaran Motorik Anak Usia 3-4 Tahun

Dian Fairus
Sigit Purnama
Pages: 141-156
|
Published: Apr 2, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan untuk mengetahui pengembangan produk media bermain PVC Tubes dalam pembelajaran anak usia 3-4 tahun dengan menggunakan model ADDIE dan mengetahui mengetahui kelayakan produk media bermain PVC Tubes dalam pembelajaran motorik Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Inmplementation, and Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan media bermain PVC Tubes (1) Pengembangan proses pengembangan media bermain PVC Tubes yang dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementaition, and Evaluation) melalui tahapan analisis kebutuhan, observasi, wawancara, pembuatan instumen penliaian produk, pembuatan draft desain produk, pembuatan aturan dan petunjuk teknis cara memasang dan memainkan media bermain, peninjauan oleh dosen pembimbing, dosen ahli, dan pendidik PAUD sebagai user. (2) Kelayakan media bermain Sangat Baik (SB) Menurut penilaian pendidik PAUD sebagai user menunjukkan bahwa kelayakan media bermain PVC Tubes Sangat Baik (SB) dan presentase keidealan sebesar 89,3% dan menurut hasil respon uji coba kelayakan media bermain PVC Tubes Baik (B) Berdasarkan hasil penilaian kualitas keseluruhan aspek maka produk media bermain PVC Tubes dalam pembelajaran motorik anak usia 3-4 tahun ini dikatakan Layak dengan kategori Baik (B).

Keywords:

Media bermain PVC tubes , Pembelajaran motorik , Anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Fairus, D., & Purnama, S. (2019). Pengembangan Media Bermain PVC Tubes dalam Pembelajaran Motorik Anak Usia 3-4 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 141–156. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-01

References

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Raharjo, B. (2015). Seabrek Game Kreatif pegangan Ayah Bunda Beragama Permainan Asyik, Edukatif, dan Kreatif untuk Anak Usia 2-6 Tahun. Yogyakarta: Diva Press.
Hurlock, E. (1991). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Ontong, R. L. (2013). Kitab Game Khusus Pendidikan Anak Usia Dini Dari Permainan Tradisional hingga Modern. Yogyakarta: Flash Books.
Dwijawiyata, (2013). Mari Bermain Permainan Kelompok untuk Anak Edisi Rivisi. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.