551
Views
562
Downloads
Pengembangan Buku Panduan Outboundkids Kelompok Usia 5-6 Tahun
Main Article Content
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk (1) Mengetahui, pengembangan buku panduan outboundkids kelompok usia 5-6 tahu ndengan menggunakan model Borg dan Gall, (2) mengetahui kualitas buku panduan outbound kids berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik anak usia dini, dan instruktur outbound. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 langkah, tetapi peneliti hanya terbatas hingga 5 tahap, antaralain (1) Penelitian dan pengembangan data. (2) Perencanaan. (3) Pengembangan produk awal. (4) uji coba lapangan awal. (5) Revisi hasil uji lapangan awal. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa (1) Berdasarkan penilaian ahli materi, kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 51 dari 55 dan persentase keidealan 92.72%. (2) Menurut penilaian ahli media, kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 54 dari 55 dan persentase keidealan sebesar 98%. (3) Sedangkan menurut penilaian pendidik anak usia dini menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 101,7 dari 115 dan persentase keidealan sebesar 81.44% (4) Dan menurut instruktur outbound menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 64.5 dari 80 dan persentase keidealan sebesar 76%.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Managemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomer 58 tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta:Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Montolalu. (2008) .Bermain dan Permainan Anak.Jakarta:Universitas Terbuka.
Sugiono.(2009).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.
Sukmadinata, Nana Syaodi. (2009). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.