Model Pembinaan Pendidikan Karakter Holistik Integratif Di Paud Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta

  • Nadlifah Nadlifah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Keywords: Pendidikan Karakter, Holistik Integratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta, dan 2) Penanaman nilai karakter di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa:1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta didasarkan pada pedoman sembilan pilar karakter dari Ratna Megawangi dan STTPA yang ada pada kurikulum 2013. 2) Penanaman nilai-nilai karakter di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta dilaksanakan melalui diadakannya berbagai program di sekolah dan melalui setiap kegiatan yang dilaksanakan sehari-hari disekolah meliputi: (a) kegiatan Field trip atau karya wisata, (b) pentas seni gebyar kreatifitas, (c) magang orang tua, (d) bank sampah, (e) parenting dan (f) program membaca buku

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Wibowo dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter Strategi Mambangun Kompetensi dan Karakter Guru, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2012.

Gunarto. 2004. Implementasi Pendidikan Budi Pekerti, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kamal Abdul Hakam. 2011. Pengembangan Model Pembudayaan Nilai-Moral dalam Pendidikan Dasar di Indonesia: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 1 Kota Malang, Jawa Timur, Jurnal SOSIOHUMANIKA, 4 (2) 2011

Kirschenbaum, H. 1995. Enhance Values and Morality in Schools and YouthSettings. Boston: Allyn and Bacon.

Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, dan Johar Permana. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Lickona, Thomas, 1991. Educating for Character. New York: Bantams Books

Marzuki, M. Murdiono, dan Samsuri, 2010. Pembinaan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Agama Di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Megawangi, R. 2009. Pendidikan Karakter solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: IHF.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods Sage. Beverly Hills dan London

Moleong, Lexy. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhaimin, Akhmad Azzet. 2001. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogjakarta: Ar- Ruzz Media

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Superka, D.P, Ahrens, C., Hedstrom, J.E., Ford, L.J. & Johnson, P.L. 2006. Values education sourcebook. Colorado: Social Science Education Consortium, Inc. University of California, Berkeley

Tri Marhaeni PA, 2012. Ambiguitas Pendidikan Karakter dalam, Semarang: Suara Merdeka, 18 September 2012.

Zubaiedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lenbaga Pendidikan, Jakarta: Kharisma Putera Utama

Zuchdi, Darmiyati, dkk. 2006. Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Keterampilan Hidup dalam Kurikulum Persekolahan. Laporan Penelitian Hibah Pasca 2005-2006. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Zuchdi, Darmiyati, dkk. Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: MP, 2013

Zuriah, Nurul. 2002. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Bandung: PT Rosada Karya
Published
2017-08-01
How to Cite
Nadlifah, N. (2017). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Holistik Integratif Di Paud Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 27-36. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1355
Section
Articles