501
Views
375
Downloads
Model Pembinaan Pendidikan Karakter Holistik Integratif Di Paud Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta, dan 2) Penanaman nilai karakter di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa:1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta didasarkan pada pedoman sembilan pilar karakter dari Ratna Megawangi dan STTPA yang ada pada kurikulum 2013. 2) Penanaman nilai-nilai karakter di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta dilaksanakan melalui diadakannya berbagai program di sekolah dan melalui setiap kegiatan yang dilaksanakan sehari-hari disekolah meliputi: (a) kegiatan Field trip atau karya wisata, (b) pentas seni gebyar kreatifitas, (c) magang orang tua, (d) bank sampah, (e) parenting dan (f) program membaca buku
Keywords:
Downloads
Article Details
How to Cite
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.
References
Gunarto. 2004. Implementasi Pendidikan Budi Pekerti, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Kamal Abdul Hakam. 2011. Pengembangan Model Pembudayaan Nilai-Moral dalam Pendidikan Dasar di Indonesia: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 1 Kota Malang, Jawa Timur, Jurnal SOSIOHUMANIKA, 4 (2) 2011
Kirschenbaum, H. 1995. Enhance Values and Morality in Schools and YouthSettings. Boston: Allyn and Bacon.
Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, dan Johar Permana. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Lickona, Thomas, 1991. Educating for Character. New York: Bantams Books
Marzuki, M. Murdiono, dan Samsuri, 2010. Pembinaan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Agama Di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Megawangi, R. 2009. Pendidikan Karakter solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: IHF.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods Sage. Beverly Hills dan London
Moleong, Lexy. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhaimin, Akhmad Azzet. 2001. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogjakarta: Ar- Ruzz Media
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Superka, D.P, Ahrens, C., Hedstrom, J.E., Ford, L.J. & Johnson, P.L. 2006. Values education sourcebook. Colorado: Social Science Education Consortium, Inc. University of California, Berkeley
Tri Marhaeni PA, 2012. Ambiguitas Pendidikan Karakter dalam, Semarang: Suara Merdeka, 18 September 2012.
Zubaiedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lenbaga Pendidikan, Jakarta: Kharisma Putera Utama
Zuchdi, Darmiyati, dkk. 2006. Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Keterampilan Hidup dalam Kurikulum Persekolahan. Laporan Penelitian Hibah Pasca 2005-2006. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY
Zuchdi, Darmiyati, dkk. Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: MP, 2013
Zuriah, Nurul. 2002. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Bandung: PT Rosada Karya