668
Views
624
Downloads
Pengembangan Kecerdasan Linguistik (Berbahasa Inggris) melalui Pendekatan BCCT dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendekatan BCCT dalam pengembangan kecerdasan linguistik (berbahasa Inggris) pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan bagaimana pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini yang dilaksanakan di Kelompok Bermain Insan Terpadu (KBIT) Insan Mulia Bantul yang meliputi kegiatan pengenalan Bahasa Inggris tentang warna, nama-nama binatang, mengenal angka, mengenal nama-nama kendaraan dan buah-buahan dengan lagu, bernyanyi sebelum dan sesudah kegiatan sentra, serta dalam kegiatan fisik motorik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan sering mengajak anak bernyanyi, bermain baik dalam kegiatan sentra maupun kegiatan yang lain dengan bahasa Inggris maka akan semakin banyak kosa kata bahasa Inggris yang dimiliki anak. Selain itu anak tidak merasa terbebani dengan pemebelajaran yang sulit karena dilakukan dengan permainan yang menyenangkan dan membuat anak tidak bosan. Tema yang diberikan adalah yang berkaitan dengan apa yang keseharian dijumpai oleh anak misalnya sapaan, nama-nama binatang, pengenalan warna, bentuk, anggota tubuh, pengenalan angka, alat transportasi akan membantu memudahkan anak mengasosiasi pengetahuan dengan lingkungannya
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Campbell, Linda, dkk. 2002. Multiple Intelligences Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Jakarta: Inisiasi Press
Depdiknas. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
Gardner, H. 2005. Multiple Intelligences. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jasmine, J. 2007. Mengajar dengan Kecerdasan Majemuk. Bandung: Nuansa.
Lestari, S. 2012. Implementasi Metode Beyond Centers & Circle Times (BCCT) di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Rumah Ibu Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Jurnal Manajemen Pendidikan, No. 01/Th VIII/April/2012.
Lwin, May, dkk. 2005. How to Multiply Your Child’s Intelligences: Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: PT.Indeks.
Montessori, M. 2013. Metode Montessori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Musfiroh, T. 2010. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Kemendiknas: UT.
Pitamic, M. 2013. Teach Me To Do It Myself: Ajari Aku Melakukannya Sendiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puspitarini, M.D. 2012. Implementasi Pembelajaran Beyond Center And Circle Time (BCCT) Di Kelompok Bermain (KB) Surya Ceria Aisyiyah (SCA) Karanganyar. (Online) http//:www.uny.ac.id, 18/11/2015.
Santrock, JW. 2008. Educational Psychology. Singapore: McGraww-Hill.
Schunk, D.H. 2014. Learning Theories. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.