Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara

Main Article Content

Ratih Cahyani
Suyadi Suyadi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pokok-pokok pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pemikiran tokoh yang berdasarkan dari buku-buku tulisan Ki Hadjar Dewantara sebagai sumber primer. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis–deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan: Dalam beberapa buku yang ditulis oleh Ki Hadjar Dewantara, terdapat tiga konsep, yaitu: pendidikan yang diberikan kepada anak sejak lahir sampai usia tujuh tahun mendidik anak dengan cara yang sesuai dengan tabiatnya umur kanak-kanak, dan pendidikan kanak-kanak yang menekankan pada kebudayaan bangsanya sendiri, dengan memasukkan permainan kanak-kanak yang menggabungkan pelajaran-pelajaran lagu, sastera dan cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Cahyani, R., & Suyadi, S. (2019). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 219–230. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-01
Section
Articles

References

Dewantara, K. H. (1959). Taman Indrya/Kindergarten. Yogyakarta: Madjelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Patilima, H. (2015). Resiliensi Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Rahardjo, S. (2009). Ki Hadjar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Yogyakarta: Garasi House of Book.
Siswoyo, D, & dkk. (2011). Ilmu Kependidikan. (2011). Yogyakarta: UNY Press.