REVITALISASI DAKWAH PEMUDA ERA 4.0

Authors

  • Harisah Harisah IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.14421/jd.1425

Keywords:

Dakwah, Era 4.0, Karakter, Masyarakat Ekonomi Syariah

Abstract

Aktivitas dakwah Islam harus disesuaikan oleh era perkembangan masyarakat, karena aktifitas dakwah merupakan bentuk komunikasi yang menimbulkan interaksi sosial. Komunikasi dalam dakwah tidak hanya sekedar penyampaian informasi akan tetapi, juga sebagai pengendali tingkah laku. Sehingga dakwah sangat vital dilakukan untuk bisa mengendalikan melalui pembentukan karakter, begitu hal-nya yang dilakukan pemuda dalam melakukan dakwah sesuai era 4.0 di Madura. Madura merupakan daerah dengan masyarakat mayoritas Islam namun, transaksinya tidak banyak sesuai ekonomi syariah. Sehingga perlu peran dakwah pemuda untuk mengenalkan konsep ekonomi syariah dalam transaksi perekonomia masyarakat. Dari hal ini peneliti merasa perlu untuk meneliti revitalisasi dakwah pemuda era 4.0 serta bentuk dakwah dalam membentuk karakter ekonomi syariah di Madura dengan metode kualitatif. Perbedaan penelitian ini dengan beberapa penelitian sebelumnya, yaitu penelitian ini fokus pada dakwah pemuda era 4.0 yang dilakukan oleh organisasi masyarakat ekonomi syariah di Madura. Penelitian ini menemukan bentuk dakwah pemuda Madura dengan menggunakan revolusi 4.0 ada dua metode pertama, metode langsung  yaitu program cut generation, MES goes to camps, MES go to scool, MES goes to society kedua menggunakan media sosial antara lain group WhatssApp, web site, Istagram, Facebook, dan tweeter.

Abstract viewed: 941 times | PDF downloaded = 669 times

References

A. Latief Wiyata, Carok: Konflik Kekerasan Dan Harga Diri Orang Madura. yogyakarta: LKiS, 2006.

Abdur Rozaki. Menabur Kharisma Menuai Kuasa: Kiprah Kiai Dan Blater Sebagai Rezim Kembar Di Madura. Yogyakarta: Pustaka Marwa, 2003.

Aliyudin, Mukhlis. “Pengembangan Masyarakat Islam Dalam Sistem Dakwah Islamiyah.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 4, no. 14 (2009): 777–792.

Basri, A. Said Hasan. “Peran Media Dalam Layanan Bimbingan Konseling Islam Di Sekolah.” Jurnal Dakwah 11, no. 1 (2010): 23–41.

“Bulletin Masyarakat Ekonomi Syariah (MES),” Agustus 2019, II edition.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. pertama Edisi IV. Jakarta: PT Gramedia, 2008.

Fatoni, Uwes, and Enjang Tedi. “Dakwah Literasi Ustadz Giovani Van Rega: Analisis Imbauan Pesan Dakwah.” Jurnal Komunikasi Islam 7, no. 2 (2018): 209–225.

Hamdi, Ahmad Zainul. “Klaim Religious Authority Dalam Konflik Sunni-Syi’i Sampang Madura.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 6, no. 2 (2012): 215–231.

Hasan, Nor. “Dinamika Kehidupan Beragama Kaum Nahdiyin-Salafi Di Pamekasan Madura.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 8, no. 1 (2013): 84–102.

Heri Gunawan. Pendidikan Karakter. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.

Hidayat, Amri Syarif. “Membangun Dimensi Baru Dakwah Islam: Dari Dakwah Tekstual Menuju Dakwah Kontekstual.” Jurnal Dakwah Risalah 24, no. 2 (2013): 1–15.

“Http://Instika.Ac.Id/2017/11/07/KETUA-PD-MES-SUMENEP-MAHASISWA-ES-HES-DAN-PS-OTOMATIS-MENJADI-ANGGOTA-MES.Html,” n.d.

“Https://Santrinews.Com/Daerah/8990/MES-Sumenep-Berdayakan-Potensi-BUMDes-Berbasis-Syariah,” n.d.

“Https://Www.Nu.or.Id/Post/Read/94260/Mes-Sumenep-Tingkatkan-Wawasan-Masyarakat-Berbasis-Syariah,” n.d.

“Https://Www.Timesindonesia.Co.Id/Read/220440/20190715/094050/Pengurus-Baru-Mes-Pamekasan-Siap-Terapkan-Ekonomi-Syariah-Di-Pamekasan/,” n.d.

“Http://Www.Ekonomisyariah.Org/6953/Mes-Sumenep-Siap-Bersinergi-Mengembangkan-Koperasi-Dan-Ukm-Setempat/,” n.d.

Kholis, Nor. “SYIAR MELALUI SYAIR (EKSISTENSI KESENIAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI ERA BUDAYA POPULER).” Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 3, no. 1 (2018): 103–125.

Kusmanto, Thohir Yuli. “Pengembangan Ekonomi Islam Berbasis Kependudukan Di Perdesaan.” Jurnal Ilmu Dakwah 34, no. 2 (2014): 219–235.

Manaf, Aini Maznina A. “DAKWAH MELALUI MEDIA BARU DI MALAYSIA: PELUANG ATAU CABARAN?” Al-Hikmah 10, no. 1 (2018): 119–128.

muhamad. Teknik Perhitungan Bagi Hasil Dan Profit Margin Pada Bank Syariah. UII Pres yogyakarta, 2004.

Mujib, Abd. “Pesan Al-Quran Dalam Menyikapi Berita Hoax: Perspektif Dakwah Di Era New Media.” Jurnal Komunikasi Islam 7, no. 1 (2018): 42–65.

Muslich, Ahmad. “Nilai-Nilai Filosofis Masyarakat Jawa Dalam Konteks Pendidikan Karakter Di Era Milenial.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 2, no. 2 (2018).

nurul huda, purnama Putra, novarini, and yosi mardoni. Baitul Mal Wa Tamwil. jakart AMZAH, 2016.

Prasetyo, Hoedi, and Wahyudi Sutopo. “Perkembangan Keilmuan Teknik Industri Menuju Era Industri 4.0.” In Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, Vol. 2017, 2017.

Priatmoko, Sigit. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 1–19.

Primasari, Winda, and Yudha Asmara Dwi Aksa. “Framing Pesan Dakwah Di Media Sosial.” Jurnal Komunikasi Islam 7, no. 1 (2018): 66–86.

Rohida, Leni. “Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 6, no. 1 (2018): 114–136.

Rohman, Abdul, and Yenni Eria Ningsih. “Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0.” In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1:44–50, 2018.

Samsul Munir Amin. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta, 2008.

saptono. Saptono, Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, (Penerbit Erlangga, 2015), Cet. ke-7, hlm., 18. penerbit erlangga, 2015.

Setiawan, Asep Iwan. “Dakwah Berbasis Pemberdayaan Ekonomi Dan Peningkatan Kesejahteraan Mad’u.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 6, no. 2 (2012): 347–262.

Shobron, Sudarno. “Model Dakwah Hizbut Tahrir Indonesia,” 2014.

Sirajuddin, Murniaty. “PENGEMBANGAN STRATEGI DAKWAH MELALUI MEDIA INTERNET (Peluang Dan Tantangan).” Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam 1, no. 1 (2014).

Susanto, Edi Susanto Edi. “Kepemimpinan [Kharismatik] Kyai Dalam Perspektif Masyarakat Madura.” KARSA: Journal of Sosial and Islamic Culture 11, no. 1 (2012): 30–40.

Usman, Fadly. “Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah.” Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam 1, no. 1 (2016): 1–8.

Wahidin Saputra. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta, 2011.

“Workshop Peningkatakn Kapasitas Dosen Fakultas Syariah “strategi Active Learning Dan Desain Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Ilmu Syariah Dan Hukum.” Agustus 2019.

Downloads

Published

2020-08-05

How to Cite

Harisah, H. (2020). REVITALISASI DAKWAH PEMUDA ERA 4.0. Jurnal Dakwah, 20(1), 1–26. https://doi.org/10.14421/jd.1425

Issue

Section

Articles