STRATEGI PEMASARAN KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN REMAJA MASJID

Authors

  • Try Marifan Najib STIDKI Ar-Rahmah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.14421/JD.2112020.2

Keywords:

Strategy, Marketing, Social Activities

Abstract

The village fostering is one of the JMMI ITS Surabaya socio-religious activity programs. Every mosque is required to make programs and activities that are diverse and attractive to the community. Therefore, these programs need to be presented properly and attractively through a marketing strategy. The purpose of this study is to describe how the segmenting, targeting and positioning (STP) of the JMMI social activity market. This research uses descriptive qualitative method, while the data were collected by interview, observation, and documentation. This study found that the grouping of JMMI target villages is divided into four areas that can be reached or close to the ITS campus, namely: Kejawan, Keputih, Gebang, and Medokan. Communication and cooperation between JMMI and the community really help the community's economy.

Keywords: Strategy, Marketing, Social Activities

Desa binaan adalah salah satu program kegiatan sosial keagamaan JMMI ITS Surabaya. Setiap masjid dituntut untuk membuat program maupun kegiatan yang beraneka ragam sekaligus menarik bagi masyarakat. Oleh karena itu, program-program tersebut perlu dikemas dan dipasarkan dengan baik dan menarik melalui strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana segmenting, targetting dan positioimg pasar kegiatan sosial JMMI. Fokus masalah yang diteliti adalah analisis proses kegiatan sosial keagamaan JMMI ITS Surabaya menggunakan teori Segmenting,Targetting, Positioning (STP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, jenis penelitian ini adalah menganalisis data yang telah dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pemasaran dengan menggunakan teori STP yang telah dilakukan JMMI ITS Surabaya dan  menjabarkan proses STP yang diterapkan pada kegiatan sosial keagamaan JMMI ITS Surabaya. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. Pertama pengelompokan desa binaan JMMI dibagi menjadi empat wilayah yang bisa dijangkau atau dekat dari kampus ITS yaitu: Kejawan, Keputih, Gebang, dan Medokan. Kedua komunikasi dan kerjasama antara JMMI dan lingkungan Masyarakat membantu perekonomian masyarakat.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Kegiatan Sosial

 

Abstract viewed: 420 times | PDF downloaded = 602 times

References

Creswll, Jhon.Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Hari Wijaya Dan Hani Sirine “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Seta Strategi Harga Pada Pada Perusahaan Kecap Blekok di Cilacap AJIE”. Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship, (Vol 01, No 03, September 2016)

ICMI Orsat Cempaka Putih dll, Pedoman Manajemen Masjid. Jakarta:ICMI

Kayin, Robert. Studi Kasus Desain & Metode Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2015

Khoir, Misbakhul. Mengidentifukasi Segmen Pasar Dan Memilih Pasar Sasaran. (Vol 10, No 1, Juni 2016)

Kotler dan Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Ke Dua Belas jilid satu Jakarta: PT Indeks, 2007.

Kurniawan, Syamsul. “ Masjid dalam lintasan sejarah umat Islam”, jurnal katulistiwa-jurnal of Islamic studies (Vol 4 Nomor 2 September 2014)

Mahri,Rizal. “Dakwah Kampus Berbasis Aset”, dalam Jurnal Dakwah (Vol. XIV No. 1 Tahun 2013, 52.)

Munawwir, Ahamad Warson. Kamus Al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Pasigai, Aris. Balance. “Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis” Jurnal Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (Volume 1 No. 1 Januari-April 2009)

Presiden Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1961 Tentang Pendirian Institut Teknologi 10 Nopember di Surabaya.

Redaksi Tim Buku JMMI, Perjalanan 25 Tahun Keping Joeang JMMI (Surabaya: JMMI, 2015),ITS Surabaya

Shihab, Quraish. Wawasan Alquran Tafsir Maudhu’I Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2011.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, edisi ke tiga Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.

Downloads

Published

2021-01-23

How to Cite

Najib, T. M. (2021). STRATEGI PEMASARAN KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN REMAJA MASJID. Jurnal Dakwah, 21(1), 25–40. https://doi.org/10.14421/JD.2112020.2

Issue

Section

Articles