STRATEGI PEMASARAN KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN REMAJA MASJID
DOI:
https://doi.org/10.14421/JD.2112020.2Keywords:
Strategy, Marketing, Social ActivitiesAbstract
The village fostering is one of the JMMI ITS Surabaya socio-religious activity programs. Every mosque is required to make programs and activities that are diverse and attractive to the community. Therefore, these programs need to be presented properly and attractively through a marketing strategy. The purpose of this study is to describe how the segmenting, targeting and positioning (STP) of the JMMI social activity market. This research uses descriptive qualitative method, while the data were collected by interview, observation, and documentation. This study found that the grouping of JMMI target villages is divided into four areas that can be reached or close to the ITS campus, namely: Kejawan, Keputih, Gebang, and Medokan. Communication and cooperation between JMMI and the community really help the community's economy.
Keywords: Strategy, Marketing, Social Activities
Desa binaan adalah salah satu program kegiatan sosial keagamaan JMMI ITS Surabaya. Setiap masjid dituntut untuk membuat program maupun kegiatan yang beraneka ragam sekaligus menarik bagi masyarakat. Oleh karena itu, program-program tersebut perlu dikemas dan dipasarkan dengan baik dan menarik melalui strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana segmenting, targetting dan positioimg pasar kegiatan sosial JMMI. Fokus masalah yang diteliti adalah analisis proses kegiatan sosial keagamaan JMMI ITS Surabaya menggunakan teori Segmenting,Targetting, Positioning (STP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, jenis penelitian ini adalah menganalisis data yang telah dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pemasaran dengan menggunakan teori STP yang telah dilakukan JMMI ITS Surabaya dan menjabarkan proses STP yang diterapkan pada kegiatan sosial keagamaan JMMI ITS Surabaya. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. Pertama pengelompokan desa binaan JMMI dibagi menjadi empat wilayah yang bisa dijangkau atau dekat dari kampus ITS yaitu: Kejawan, Keputih, Gebang, dan Medokan. Kedua komunikasi dan kerjasama antara JMMI dan lingkungan Masyarakat membantu perekonomian masyarakat.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Kegiatan Sosial
References
Creswll, Jhon.Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Hari Wijaya Dan Hani Sirine “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Seta Strategi Harga Pada Pada Perusahaan Kecap Blekok di Cilacap AJIE”. Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship, (Vol 01, No 03, September 2016)
ICMI Orsat Cempaka Putih dll, Pedoman Manajemen Masjid. Jakarta:ICMI
Kayin, Robert. Studi Kasus Desain & Metode Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2015
Khoir, Misbakhul. Mengidentifukasi Segmen Pasar Dan Memilih Pasar Sasaran. (Vol 10, No 1, Juni 2016)
Kotler dan Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Ke Dua Belas jilid satu Jakarta: PT Indeks, 2007.
Kurniawan, Syamsul. “ Masjid dalam lintasan sejarah umat Islam”, jurnal katulistiwa-jurnal of Islamic studies (Vol 4 Nomor 2 September 2014)
Mahri,Rizal. “Dakwah Kampus Berbasis Aset”, dalam Jurnal Dakwah (Vol. XIV No. 1 Tahun 2013, 52.)
Munawwir, Ahamad Warson. Kamus Al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.
Pasigai, Aris. Balance. “Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis” Jurnal Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (Volume 1 No. 1 Januari-April 2009)
Presiden Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1961 Tentang Pendirian Institut Teknologi 10 Nopember di Surabaya.
Redaksi Tim Buku JMMI, Perjalanan 25 Tahun Keping Joeang JMMI (Surabaya: JMMI, 2015),ITS Surabaya
Shihab, Quraish. Wawasan Alquran Tafsir Maudhu’I Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 2000.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2011.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, edisi ke tiga Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).