Teachers' Perceptions of the Implementation of the Merdeka Curriculum at SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta
Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2024.92.09Keywords:
Differentiated Learning, Learning Objectives Framework (ATP), Merdeka Curriculum, Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5)Abstract
Purpose – This study explores teachers' perceptions of the Implementation of the Merdeka Curriculum at SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. It aims to identify challenges and conveniences faced by teachers during its application, focusing on how the curriculum's core principles align with modern educational needs.
Design/methods/approach – A qualitative descriptive approach was used, collecting data through semi-structured questionnaires completed by 21 teachers from various disciplines. The responses were analyzed thematically to highlight significant themes related to curriculum adaptation and execution.
Findings – Key conveniences identified include enhanced teacher collaboration (33% of teachers reported positive experiences), relevance of teaching materials to students' real lives (19% of teachers appreciated this aspect), effective facilitation of the “Proyek Penguatan Profil Pancasila” (P5) (29% highlighted the benefits), and streamlined instructional content (19% acknowledged its positive impact). Conversely, challenges include implementing differentiated learning (24% of teachers found this particularly challenging), preparing for P5 (19% of teachers reported difficulties), developing the Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) (14% of teachers faced difficulties in developing ATP), and understanding students' individual characteristics (24% of teachers faced faced challenges in this area). These findings present areas requiring further support and emphasize the curriculum's transformative potential.
Research implications/limitations – The study is limited to one institution with a relatively small sample size. Findings suggest successful curriculum implementation requires improved teacher training, resources, and structured guidance, especially for differentiated learning and P5 management.
Originality/value – This research contributes to the limited literature on Kurikulum Merdeka in Indonesia. It provides insights for policymakers and practitioners to optimize teacher readiness and resource allocation, enhancing the curriculum’s impact on teaching efficacy and student outcomes.
Abstrak
Tujuan – Penelitian ini mengeksplorasi persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan kemudahan yang dihadapi guru selama penerapan kurikulum, dengan fokus pada kesesuaian prinsip-prinsip inti kurikulum dengan kebutuhan pendidikan modern.
Desain/Metode/Pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner semi-terstruktur yang diisi oleh 21 guru dari berbagai disiplin ilmu. Data yang diperoleh dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait adaptasi dan pelaksanaan kurikulum.
Temuan – Kemudahan utama yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi peningkatan kolaborasi antar guru (33% guru melaporkan pengalaman positif), relevansi materi ajar dengan kehidupan nyata siswa (19% guru mengapresiasi aspek ini), efektivitas fasilitasi “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” (P5) (29% menyoroti manfaatnya), serta penyederhanaan konten pembelajaran (19% mengakui dampak positifnya). Sebaliknya, tantangan yang dihadapi meliputi penerapan pembelajaran berdiferensiasi (24% guru mengalami kesulitan dalam aspek ini), persiapan P5 (19% guru melaporkan kendala), pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) (14% guru mengalami kesulitan dalam menyusun ATP), dan pemahaman terhadap karakteristik individu siswa (24% guru menghadapi tantangan dalam hal ini). Temuan ini menunjukkan area yang membutuhkan dukungan lebih lanjut serta menyoroti potensi transformatif kurikulum.
Implikasi/batasan Penelitian – Penelitian ini terbatas pada satu institusi dengan jumlah sampel yang relatif kecil. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi kurikulum memerlukan peningkatan pelatihan guru, penyediaan sumber daya, serta panduan yang lebih terstruktur, khususnya dalam pembelajaran berdiferensiasi dan pengelolaan P5.
Orisinalitas/Nilai – Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang masih terbatas mengenai Kurikulum Merdeka di Indonesia. Studi ini memberikan wawasan bagi para pembuat kebijakan dan praktisi pendidikan untuk mengoptimalkan kesiapan guru dan alokasi sumber daya guna meningkatkan efektivitas pengajaran serta hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ambarita, J., & Simanullang, P. S. (2023). Pengantar Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab: CV Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=0VuuEAAAQBAJ
Amnita, E. S. A., & Murniarti, E. (2024). Analisis Kebijakan Transisi Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Strategi Implementasi di Sekolah Menengah Atas. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 879–897. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15548
Braun, V., & Clarke, V. (2013). Successful Qualitative Research: A Practical Guide for Beginners. Sage publications ltd.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Damayanti, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Sumberpucung pada Masa Peralihan dari Kurikulum 2013. Proceedings Series of Educational Studies. https://doi.org/10.17977/um083.7907
Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
Halimah, N. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552
Kemdikbudristek. (2024, July 31). Kemendikbudristek Dorong Implementasi Kurikulum Merdeka di Seluruh Indonesia. https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/kemendikbud-ristek-dorong-implementasi-kurikulum-merdeka-di-seluruh-indonesia
Koimah, S. M., Zahra, N. A., Prasitini, E., Sasmita, S. K., & Sari, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa yang Beragam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya Indonesia, 2(2), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.61476/49j96838
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Lubis, K. U., Idaroyanni, M. R., Limbong, S. F. P., & Fauzi, K. M. S. A. (2024). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Deli Tua. Journal of Education Research, 5(4), 5814–5819. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/1931
Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313–6318. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2073
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. ScienceEdu, 55–63. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.
Nasarudin, N., Rachmawati, D. A., Mappanyompa, M., Eprillison, V., Misrahayu, Y., Halijah, H., Afifa, R. N., Mustari, M., Mutmainah, S., & Selly, O. A. (2024). Pengantar pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Ningsih, E. P., Fitriyati, I., & Rokhimawan, M. A. (2023). Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 55–71.
Nurnaifah, I. I. (2024). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Perangkat Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi Saintifik, 4(2), 65–73.
Putri, J., & Nuvitalia, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka dalam mendukung Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 202–209. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.460
Putu, E. A. N., Arnyana, I. B. P., Dantes, I. N., & Wirawan, I. P. H. (2023). “Santi Sarma” Implementasi Kebijakan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Menuju Guru Produktif dan Inovatif. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 196–209. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7569
Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan Dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10, 105–115. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/
Rahayuningsih, E., & Hanif, M. (2024). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Perspektif Social Learning Theory (SLT). Journal of Education Research, 5(3), 2828–2839. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1305
Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Proses Adaptasi Dan Pembelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.348
Ritonga, M., Sartika, R., & Wijaya, A. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi: Menjawab Kebutuhan Pendidikan Personal di Era Society 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 163–170. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8272
Rofi’ah, A. M., Shobirin, M., Fadllillah, M., Farah, N., & Wahyudi, M. F. (2024). Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Pertama. Journal Educatione, 1(2). https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/136
Rofiah, N. H., Setyawati, N., Peni, N. R. N. K., Biddinika, M. K., Fitriah, F., Subekti, D. A., & Alghiffari, E. K. (2024). Professional Development Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru Di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.24198/sawala.v5i1.5093
Sakti, N. C., & Ainiyah, M. U. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Era Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 706–711. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.1970
Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Prenadamedia group.
Sukmadinata, N. S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Sutanto, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i1.0009
Tans, F., Medan, K. K., & Jama, K. B. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar: Sebuah Alternatif: Implementation of the Independent Learning Program: An Alternative. KY Publications. https://books.google.co.id/books?id=oiKkEAAAQBAJ
Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., Anggraini, V., Farhana, H., Pitriyana, S., & Watunglawar, B. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Tuerah, R. M. S., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979–988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Tyler, R. W. (2013). Basic principles of curriculum and instruction. In Curriculum studies reader E2 (pp. 60–68). Routledge.
Utami, W. B., Wedi, A., & Aulia, F. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 285–294. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/13422
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ica Lalitya Kusuma, Enung Khasanah, Sukirman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.