Utilization of Facebook & Instagram Social Media as Media for Learning Arabic in Indonesia
Pemanfaatan Media Sosial Facebook & Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2023.81.05Keywords:
Utilization, Social Media, Facebook, Instagram, Arabic Language LearningAbstract
This research is a descriptive-qualitative study that aims to describe how the use of social media (Facebook and Instagram) affects the process of Arabic teaching and learning in Indonesia. Social media do not only have functions as entertainment but also as education. The research objects are the Facebook group learning Arabic and Instagram @Arabiyahtalks. Data collection techniques used in this research included observation, interviews, and documentation. Meanwhile, data analysis techniques use the models of interactive data analysis that have been developed by Miles and Huberman, namely: data collection, data reduction, data explanation, and conclusions. The results of this research show that: The use of social media facebook & instagram as Arabic media learning that conducted by the Account Group Facebook of Arabic Learning and Instagram @Arabiyahtalks included in the pattern of media utilization outside the classroom situation. The management of the two accounts is independent, regardless of formal educational institutions, and does not refer to the curriculum in schools or madrasahs.
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media sosial facebook dan instagram dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, sehingga media sosial tidak hanya berfungsi sebagai hiburan tetapi juga sebagai pendidikan. Obyek penelitian adalah Grup facebook belajar bahasa Arab dan Instagram @Arabiyahtalks. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang telah dikembangkan oleh Miles & Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penjelasan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan media sosial facebook & instagram sebagai media pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan oleh Grup Akun Facebook Pembelajaran Bahasa Arab dan Instagram @Arabiyahtalks termasuk dalam pola pemanfaatan media di luar situasi kelas. Pengelolaan kedua akun tersebut bersifat mandiri, terlepas dari lembaga pendidikan formal dan tidak mengacu pada kurikulum di sekolah atau madrasah.
Downloads
References
Arifin, Imam. ‘Peran Media Elektronik Dalam Ranah Pendidikan | GentaFKIP’, 22 April 2020. https://genta.fkip.unja.ac.id/2020/04/22/peran-media-elektronik-dalam-ranah-pendidikan/.
Faiqah, Fatty, Muhammad Nadjib, and Andi Subhan Amir. ‘Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram’. KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi, 2016, 259–72. https://doi.org/10.31947/kjik.v5i2.1905.
Harnani, Sri. ‘Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19’. Bdkjakarta.Kemenag.Go.Id (blog). Accessed 22 September 2020. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19.
Inc, Hootsuite. ‘More Than Half of The People on Earth Now Use Social Media’. More than half of the people on Earth now use social media. Accessed 16 September 2020. https://www.hootsuite.com.
Kemp, Simon. ‘60 Percent of the World’s Population Is Now Online’. We Are Social USA, 21 April 2021. https://wearesocial.com/us/blog/2021/04/60-percent-of-the-worlds-population-is-now-online/.
Nasution, Awal Kurnia Putra. ‘Penggunaan Grup Facebook Sebagai Virtual Class’. Jurnal As-Salam 1, no. 2 (2017). https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/82.
Nursobah, Ahmad. ‘Pemanfaatan Media Sosial Youtube Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah’. El Midad 13, no. 2 (22 December 2021): 76–85. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4122.
Nurwijayanti, Nurwijayanti, Zulkipli Lessy, Onica Sari, Nila Erdiani, and Khadija Khaja. ‘Student’s Emotional Experience and Social Interaction Using Zoom Platform for Online Learning During COVID-19 Pandemic/ Pengalaman Emosional Dan Interaksi Sosial Mahasiswa Dalam Menggunakan Sarana Zoom Untuk Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19’. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 7, no. 1 (28 July 2022): 55–66. https://doi.org/10.14421/edulab.2022.71.04.
Pimada, Luluk Humairo, and Muhammad Afif Amrulloh. ‘Penerapan Media Elektronik Pada Pembelajaran Bahasa Arab’. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (14 July 2020): 120–28. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.819.
Sasmito, Mayasari. ‘Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia’. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 1, no. 2 (2015). https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.280.
Shevina Griselda, NIM 14210047. ‘EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @KOMPLEK.HINDUNANISAH DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PESANTREN TAHFIDZ (Studi deskriptif kuantitatif kepada followers akun Instagram @komplek.hindunanisah)’. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2018. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31647/.
Team, Dewaweb. ‘8 Langkah Mudah Cara Daftar Instagram’. Blog Dewaweb (blog), 26 March 2021. https://www.dewaweb.com/blog/8-langkah-mudah-cara-daftar-instagram/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Huda, Hamasliko Mahdawati, Aulia Karima Zuhda Utami
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.