Android-Based Al-'Arabiya Application Using Powerpoint Ispring Presenter as an Innovation in Arabic Language Learning Media
Aplikasi Al-‘Arabiya Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Presenter Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2022.72.05Keywords:
Al-'Arabiya application, Android, Powerpoint iSpring PresenterAbstract
This resear ch is motivated by the lack of interesting Arabic learning media innovations and limitations in presenting or delivering learning materials to students because learning is carried out online due to the Covid-19 pandemic. Therefore, this study aims to develop and see the quality of the Android-based Al-'Arabiya application using the Powerpoint iSpring Presenter for class VIII students at MTs Negeri 1 Purbalingga based on assessments from media experts, material experts, andt student responses. This research is a research development or Research and Development (R&D) which uses a 3D development model namely Define, Design, Develop. The research subjects included one media expert, one material expert, and fifteen class VIII students at MTs Negeri 1 Purbalingga. The instruments used to assess the quality of the application include media expert assessment questionnaires, material expert assessment questionnaires, and student response questionnaires. The results of this development research led to the realization of the Android-based Al-'Arabiya application using the Powerpoint iSpring Presenter for class VIII students at MTs Negeri 1 Purbalingga with qualities that fall into the “Very Good” category with an ideal percentage of 92.8%, media expert assessment, 96, 1% assessment of material experts, and the response of 15 students with an ideal percentage of 88.5%.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media pembelajaran Bahasa Arab yang menarik dan keterbatasan dalam mempresentasikan atau menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa karena pembelajaran dilakukan secara daring yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat kualitas Aplikasi Al-’Arabiya berbasis android dengan menggunakan Powerpoint iSpring Presenter untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 3D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan). Subjek penelitian meliputi satu ahli media, satu ahli materi, dan lima belas peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga. Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas aplikasi meliputi angket penilaian ahli media, angket penilaian ahli materi, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini dapat terwujudnya Aplikasi Al-’Arabiya berbasis android dengan menggunakan Powerpoint iSpring Presenter untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga dengan kualitas yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan presentase keidealan 92,8% penilaian ahli media, 96,1% penilaian ahli materi, dan respon 15 peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 88,5%.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
“Bebas Font | Dafont.Com.” Accessed February 27, 2023. https://www.dafont.com/bebas.font.
“Caviar Dreams Font | Dafont.Com.” Accessed February 27, 2023. https://www.dafont.com/caviar-dreams.font.
Khanafi, Imam. Metode Pembelajaran pada Pembelajaran Daring, November 26, 2021.
Maulana, Achmad. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MOBILE LEARNING MATERI AL-SHIHHATU WA AL-RI’A>YATU AL-SHIHHIYYATU SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL DI MAN 2 BANDARLAMPUNG.” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2019. http://repository.radenintan.ac.id/5834/.
Munip, Abdul. Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
Sadiman, Arief. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan Dan Manfaatnya. Jakarta: Rajawali Press, 2010.
Sibilana, Annas Ribab. “Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran pendidikan agama Islam untuk kelas XI di SMA Negeri 2 Malang.” Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016. http://etheses.uin-malang.ac.id/4095/.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Thiagarajan, and et.al. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System, 1974.
Viani, Hanifah Octa, and Agus Kamaludin. “Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Makromolekul.” Journal of Tropical Chemistry Research and Education 2, no. 2 (October 31, 2020): 50–58. https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-01.
Widiastuti, and Nurhidayati. Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.