Increasing Teacher Competence in Compiling Level Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Questions through the Empowerment of Subject Teacher Consultations
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Soal Level Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Melalui Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2023.81.08Keywords:
Teacher Compatence, Higher Order of Thinking Skills (HOTS), Empowerment of Subject Teacher Consultations (MGMP)Abstract
Teacher competence is the overall knowledge, skills, and values attached to the teacher, which are reflected in his teaching assignments. Higher Order of Thinking Skills (HOTS) are high-level thinking skills in cognitive hierarchies such as analysis (C4), evaluation (C5), and creation (C6). The purpose of this school action research was to find out the process and competency improvement of SMPN I Bringin teachers in compiling questions at the Higher Order of Thinking Skills (HOTS) level through school-level MGMP empowerment. Through empowering the MGMP at the school level, there has been an increase in the competence of teachers at SMPN I Bringin Kab. Semarang in the preparation of HOTS level questions, namely the average teacher competence in the first cycle was 76% and the pre-cycle average was 22.5%, so that there was an increase in the average of 53.5%. In cycle II, the average teacher competency reached 100%, and in cycle I, the average was 76%, resulting in an average increase of 24%. With a target indicator of teacher competency success of 90%, teacher competency in cycle I (76%) has not met the target, but in cycle II (100%), teacher competency has exceeded the target.
Abstrak
Kompetensi guru adalah keseluruhan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang melekat pada guru yang direfleksikan dalam tugas keguruannya. Higher Order of Thinking Skilss (HOTS) merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam hirarki kognitif seperti analisis (C4), evaluasi (C5), dan kreasi (C6). Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui proses dan peningkatan kompetensi guru SMPN I Bringin dalam penyusunan soal level Higher Order of Thinking Skills (HOTS) melalui pemberdayaan MGMP tingkat sekolah. Melalui pemberdayaan MGMP tingkat sekolah telah terjadi peningkatan kompetensi guru SMPN I Bringin Kab. Semarang dalam penyusunan soal level HOTS yaitu rerata kompetensi guru pada siklus I sebesar 76% dan rerata pada pra siklus sebesar 22,5% sehingga terjadi kenaikan rerata sebesar 53,5%. Pada siklus II rerata kompetensi guru mencapai 100%, dan pada siklus I reratanya adalah 76%, sehingga terjadi kenaikan rerata sebesar 24%. Dengan target indikator keberhasilan kompetensi guru sebesar 90%, kompetensi guru pada siklus I (76%) belum memenuhi target, namun pada siklus II (100%) kompetensi guru telah melampaui target.
Downloads
References
Ayu, Erliyana Andika, Destiniar Destiniar, and Susanti Faipri Selegi. ‘PENGARUH PEMBERIAN SOAL CERITA BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 2 TEMPILANG’. Jurnal Handayani 14, no. 1 (8 June 2023): 1–7. https://doi.org/10.24114/jh.v14i1.43296.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. ‘Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa’. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (1 March 2022): 1224–38. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Kahfi, Ashabul. ‘IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH’. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 5, no. 2 (1 September 2022): 138–51. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.
Kurniastuti, Rahma Niar, Nuswantari Nuswantari, and Yoga Ardian Feriandi. ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP’. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) 1, no. 1 (6 August 2022): 287–93.
Maryani, Ika, and Sri Tutur Martaningsih. ‘Pendampingan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Bagi Guru Sekolah Dasar’. Jurnal SOLMA 9, no. 1 (30 April 2020): 156–66. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4100.
Menggo, Sebastianus, Leonardus Par, Tobias Gunas, and Stanislaus Guna. ‘PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL BERORIENTASI HOTS BAGI PARA GURU SMA’. WIDYA LAKSANA 10, no. 1 (1 March 2021): 14–26. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.25010.
Meriza, Nadya, Pramudiyanti- Pramudiyanti, Dina Maulina, and Rini Rita T. Marpaung. ‘DESKRIPSI PEMAHAMAN GURU MGMP LAMPUNG TIMUR TERHADAP PERTANYAAN LOTS DAN HOTS SEBAGAI HASIL PELATIHAN MENDESAIN PERTANYAAN’. Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (29 October 2022): 94–102.
Purwani, Anggita Sri, Anita Trisiana, and Ifa Hanifa Rahman. ‘Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 01 Jatipuro Tahun Pelajaran 2022/2023’. Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (26 June 2023): 7187–95.
Sofia, Titit. ‘Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal HOTS Melalui Teknik Dapat, Catat, Terap (DCT) Di SD Negeri 08 VI Suku Tahun Pelajaran 2021/2022’. Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (25 February 2023): 1997–2007.
Urbalia, Azmi, Reshandi Nugraha, Septian Williyanto, Rio Herdianto, Woro Akprilianingsih, Pardiman, and Uus Rusli. ‘PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI’. SPORTIF: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi 8, no. 1 (21 March 2023): 27–37.
‘UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen [JDIH BPK RI]’. Accessed 8 May 2023. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005.
Uyun, Muhammad Fatahul, Haryono Haryono, and Noor Hudallah. ‘Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa SD Berbasis Android’. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17, no. 3 (5 May 2023): 1781–1804. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2132.
Widayati, Ani. ‘Penelitian Tindakan Kelas’. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6, no. 1 (2008). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Umi Mazro'ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.