Design of TOEC/IKLA Online Examination Service Application: Case Study of the Centre of Language Development UIN Sunan Kalijaga

Perancangan Aplikasi Pelayanan Ujian Online TOEC/IKLA: Studi Kasus Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga

Authors

  • Nurain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Budiman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Fuad Arif Fudiyartanto UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-0018-8619
  • Ervan Yogi Arifianto UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Roger Bayuki Sofyan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2024.91.09

Keywords:

Application, Online Exam Service, TOEC/IKLA

Abstract

The Language Center offers standardized tests for Arabic and English in the form of IKLA and TOEC exams. When conducted on paper, they are corrected manually and can have problems such as being less efficient, effective, and accurate. This research aims to design an online test application for TOEC/IKLA that can overcome these problems. This research uses a specific method called a waterfall. The research stages include needs analysis, design, implementation, and testing. A need analysis is carried out to understand the necessity of the application from the user’s perspective. Design is carried out to produce an application design that meets user needs. Implementation is carried out to build applications according to the design that has been created. Testing is carried out to ensure that the application can function properly and meet user needs. The research results show that the designed TOEC/IKLA online test application can overcome the problems found in the manual TOEC/IKLA test. This application can provide more efficient, effective, and accurate exam services. This application is a new and better service that UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta delivers for everyone, whether internal or external test takers. This application can even be utilized by other institutions that require online examination services.

Abstrak

Tes standar untuk bahasa Arab dan Inggris ditawarkan oleh Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) dalam bentuk ujian IKLA dan TOEC. Ketika dilakukan di atas kertas, tes tersebut dikoreksi secara manual dan memiliki beberapa masalah seperti kurang efisien, efektif, dan akurat. Tujuan penelitian ini fokus pada merancang sebuah aplikasi tes online TOEC/IKLA. Penelitian ini menggunakan metode khusus yang disebut waterfall. Model pengembangan waterfall terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Analisis kebutuhan dilakukan untuk memahami kebutuhan aplikasi dari sudut pandang pengguna. Desain dilakukan untuk menghasilkan rancangan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Implementasi dilakukan untuk membangun aplikasi sesuai dengan desain yang telah dibuat. Pengujian dilakukan untuk memastikan aplikasi dapat berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa system aplikasi ujian online TOEC/IKLA ini merupakan layanan baru yang disediakan P2B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk semua orang, baik peserta ujian internal maupun eksternal. Desain system aplikasi ujian TOEC/IKLA online dikembangkan sesuai dengan tahap pengembangan. Namun, belum dilakukan pengujian untuk melihat efisiensi, efektifitas dan akurasi karena keterbatasan penulis. Oleh karena itu rekomendasi penelitian lebih lanjut tentang system aplikasi ini untuk melihat efektivatas, efisiensi, dan akurasi secara lebih valid. Rancangan ini juga dapat dimanfaatkan oleh institusi lain yang membutuhkan layanan ujian secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari, Ida Fitriana, Nur Azizah, Ansori Ansori, Yuski Fausi Al-faruq, and Kavel Kafabi Fahrozi. “Digitalisasi Informasi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Transformasi Desa Digital Melalui Pengembangan Website Desa Klatakan.” I-Com: Indonesian Community Journal 4, no. 1 (March 9, 2024): 396–405. https://doi.org/10.33379/icom.v4i1.4041.

Asmoro, Cahyo Puji, Hana Susanti, and Iin Maemunah. “Implementation of Laboratory Equipment Loan System in SiDal (BigData Laboratory System): Penerapan Sistem Peminjaman Alat Laboratorium Pada SiDal (Sistem BigData Laboratorium).” Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 8, no. 2 (2023): 210–23. https://doi.org/10.14421/edulab.2023.82.07.

Budiman, Ilham, Sopyan Saori, Ramdan Nurul Anwar, Fitriani, and Muhamamd Yuga Pangestu. “ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DI BIDANG INDUSTRI MAKANAN(Studi Kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi).” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 0.1101/2021.02.25.432866 (2021): 1–15.

Herlena, Jauhar Arifin, and Rahmi Hayati. “PELAYANAN UJIAN NASIONAL SISTEM BERBASIS ONLINE DILIHAT DARI ASPEK TANGIBLE ( BERWUJUD ) DI MTs NEGERI 4 TABALONG Herlena ; Jauhar Arifin *, Rahmi Hayati ** ABSTRAK Teknologi Komunikasi Dan Elektronik Sudah Berkembang Sedemikian Pesat , Sehingga Menyebabk.” JAPB 3, no. 2 (2020): 30–42.

Heryanto Monoarfa. “Efektivitas Dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan.” Jurnal Pelangi Ilmu 5, no. 1 (2012): 1–9.

Hidayat, C. “Pengertian Metode Waterfall Dan Tahap-Tahapnya,” 2018.

Indrayani, Etin. Integrasi Sistem Layanan Digital, 2024.

Kurniawansyah, Arius Satoni, and Rizka Tri Alinse. “DESAIN PROGRAM UNGGULAN PADA SISTEM ELECTRONIC-GOVERNMENT PEMERINTAH KABUPATEN SELUMA.” (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi 3, no. 2 (December 1, 2019): 130–34. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.935.

Polanunu, Abdul Basir Donny, and Najamuddin Khairur Rijal. “Menuju Good Governance: Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital Di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Kediri Jawa Timur.” NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan 3, no. 1 (August 5, 2021): 1–19.

Ratminto, and Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Rinaldi, Rudi. “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK(Studi Pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara).” Jurnal Administrasi Publik 66, no. 1 (2012): 37–39.

Setiawan, Wawan. “Era Digital Dan Tantangannya.” Accessed June 21, 2024. https://core.ac.uk/reader/87779963.

Subagja, Achmad Adi, Fitri Susanti, and Anang Sularsa. “Pembuatan Aplikasi Rapor Siswa Berbasis Web Di SD Slamet Riyadi Untuk Pengguna Admin Creating A Web-Based Student Report Card At Slamet Riyadi Elementary School For Admin User.” E-Proceeding of Applied Science 6, no. 2 (2020): 4208–19.

Sudiantini, Dian, Aura Naiwasha, Auranisa Izzati, Avrilia Ayunia W, Brilian Putri A, and Cindy Rindiani. “Penggunaan Teknologi Pada Manajemen Sumber Daya Manusia Di Dalam Era Digital Sekarang.” Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce 2, no. 2 (May 26, 2023): 262–69. https://doi.org/10.30640/digital.v2i2.1082.

Suhartoyo, Suhartoyo. “Implementasi Fungsi Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).” Administrative Law and Governance Journal 2, no. 1 (2019): 143–54. https://doi.org/10.14710/alj.v2i1.143-154.

Syukron, Akhmad, and Maolana Hadi Abdurrazaq. “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Website Dengan Metode Waterfall.” Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA) 1, no. 2 (2021): 74–83. https://doi.org/10.31294/jasika.v1i2.624.

Tasyah, Amelia, Puji Ayu Lestari, Anada Syofira, Cintania Ade Rahmayani, Rizka Dwi Cahyani, and Novita Tresiana. “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi 18, no. 2 (December 30, 2021): 212–24. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.808.

Widiastuti, Ika. “PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI JAWA BARAT.” Jurnal Administrasi Publik, 2017, 91–101.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Nurain, Arif Budiman, Fuad Arif Fudiyartanto, Ervan Yogi Arifianto, & Roger Bayuki Sofyan. (2024). Design of TOEC/IKLA Online Examination Service Application: Case Study of the Centre of Language Development UIN Sunan Kalijaga: Perancangan Aplikasi Pelayanan Ujian Online TOEC/IKLA: Studi Kasus Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 9(1), 135–158. https://doi.org/10.14421/edulab.2024.91.09

Issue

Section

Articles