Curriculum Redesign Based on Local Wisdom: Optimizing Madrasah Ibtidaiyah Teacher Assistance in Jayapura
Redesain Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal: Optimalisasi Pendampingan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2024.91.10Keywords:
Curriculum Redesign, Local Wisdom, TeachersAbstract
This research is prompted by teachers' lack of understanding about curriculum design, influenced by many holidays due to local wisdom in Papua. The lack of understanding of curriculum redesign causes the learning to not reach the target set. This study aims to assist MI Nurul Huda Papua teachers in redesigning the local wisdom-based curriculum. This research is field research using a descriptive qualitative approach. This research method uses the Participatory Action Research (PAR) method. The use of PAR is intended to involve teachers directly in the research. The object of research is the MI Nurul Huda Papua curriculum. Data analysis uses the data triangulation method. The results of the study found that MI Nurul Huda Yapis Jayapura teachers still have difficulty identifying the academic calendar with the Jayapura City and National Education calendars in calculating effective weeks based on the Jayapura City Office calendar and challenges in preparing the Annual Program (Prota) due to the inequality of the Ministry of Religion, National, and Jayapura City calendars. Teachers have difficulty adjusting local wisdom material into teaching materials and in the Learning Implementation Plan (RPP). Through curriculum redesign assistance at MI Nurul Huda Yapis Jayapura, teachers can design an academic calendar that is adjusted with many holidays due to local wisdom activities. Then there are local wisdom values that can be adapted and implemented in the curriculum 2013 in the school according to its social and cultural conditions because it have relevance to the curriculum 2013.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru mengenai desain kurikulum yang dipengaruhi oleh banyaknya hari libur karena kearifan lokal di Papua. Kurangnya pemahaman tentang desain ulang kurikulum menyebabkan pembelajaran tidak mencapai target yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru-guru MI Nurul Huda Papua dalam mendesain ulang kurikulum berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif deskritip. Metode penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Penggunaan PAR dimaksudkan untuk melibatkan guru-guru secara langsung dalam penelitian. Objek penelitian adalah kuikulum MI Nurul Huda Papua. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan reduksi data kemudian dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MI Nurul Huda Yapis Jayapura masih kesulitan melakukan identifikasi kalender akademik dengan kalender Pendidikan Kota Jayapura dan Nasional dalam menghitung minggu efektif berdasarkan kalender Dinas Kota Jayapura, kesulitan dalam penyusunan Program Tahunan (Prota) karena ketidaksamaan kalender Kemenag, Nasional, dan Kota Jayapura. Serta guru kesulitan menyesuaikan materi kearifan lokal ke dalam bahan ajar dan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Melalui pendampingan redesain kurikulum di MI Nurul Huda Yapis Jayapura, guru dapat merancang kalender akademik yang disesuaikan dengan banyak hari libur karena kegiatan kearifan lokal. Kemudian terdapat nilai-nilai kearfian lokal yang dapat diadaptasi dan diimplementasikan dalam kurikulum 2013 di sekolah tersebut sesuai dengan kondisi social dan budayanya karena memiliki relevansi dengan kurikulum 2013.
Downloads
References
Afiah, Siti, Musa Asy’arie, and Sekar Ayu Aryani. “Kearifan Lokal Sebagai Sarana Pendidikan Islam Multikultural: Studi Hidden Curriculum di Ponpes Nurul Huda Sragen.” Profetika: Jurnal Studi Islam 21, no. 2 (December 28, 2020): 212–22. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13092.
Alfiansyah, Muhammad, Nazaruddin Nazaruddin, and Yuni Afrilita. “Desain Manajemen Kurikulum Sekolah Umum.” At-Tafkir 14, no. 2 (November 18, 2021): 116–33. https://doi.org/10.32505/at.v14i2.2591.
Ananda, Rusydi, and Amiruddin Amiruddin. Perencanaan Pembelajaran. LPPPI, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/6719/1/5.%20PERENCANAAN%20PEMBELAJARAN%20(BUKU-PENULIS).pdf.
Astuti, Dwi Setyo. “Analisa Kesulitan Penyusunan Program Tahunan Dan Program Semester Bagi Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 58–62, 2018. https://core.ac.uk/download/pdf/289792204.pdf.
Biroli1, Alfan, and Iskandar Dzulkarnain2. “Pendidikan Pesantren Berbasis Nilai Kearifan Lokal di Pulau Madura.” Skripsi 2, no. 2 (2022): 40–50.
Fitrah, Muh. “Peta Konsep Prinsip Relevansi Dalam Arah Pengembangan Kurikulum Matematika: Kajian Perspektif Pengembangan Kurikulum.” Jurnal Sainsmat 4, no. 1 (2015): 42–50.
Kurniawan, Diki. “Analisis Pemenuhan Standar Proses, Standar Sarana Dan Prasarana Dan Standar Pengelolaan Di Taman Kanak–Kanak Negeri Pembina Kotaraja Kota Jayapura.” NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan 1, no. 1 (2020): 1–10. https://doi.org/10.31957/noken.v1i1.1278.
Kusuma, Yanti Yandri, and Sumianto Sumianto. “Analisis Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Sekolah Dasar di Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.” Indonesian Research Journal on Education 2, no. 1 (January 17, 2022): 40–46. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.212.
Mårtensson, Pär, and Allen S. Lee. “Dialogical Action Research at Omega Corporation.” MIS Quarterly 28, no. 3 (2004): 507–36. https://doi.org/10.2307/25148648.
Monica, Sandra, Littia Febrianda, and Ramadhani Fitri. “Kearifan Lokal Dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia Yang Literate Dan Berkarakter Untuk Konservasi Alam.” Prosiding Seminar Nasional Biologi 1, no. 2 (2021): 668–76. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/176.
Nuraini, Latifah. “Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 1, no. 2 (March 22, 2022). https://doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4143.
Nuruddin, Sabara. “Kiprah Setengah Abad Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Papua: Membangun Harmoni Beragama Melaui Dunia Pendidikan.” Al-Qalam 24, no. 1 (August 12, 2018): 65–72. https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.457.
Ph.D, Prof Mohamad Ansyar. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Kencana: Prenadamedia Group, 2017.
Porlares, Charl Vince L., and Emily B. Tan. “Organizational and Environmental Changes: A Basis For Curriculum Redesign.” EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR) 1 (n.d.): 37.
Putri, Salsabila Anindya, and Achmad Fathoni. “Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Terpadu Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 16, 2022): 5898–5909. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3163.
Rachman, Fathor. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran.” AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies 3, no. 2 (November 29, 2018): 160–74. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v3i2.211.
Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6, no. 1 (January 15, 2020): 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020.
Rasyd, Ryaas, Muhammad Amran, Satriani Satriani, and Rosdiah Rosdiah. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Indikator Pembelajaran Kuriukulm 2013 SDN 210 Bottopenno.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 5, no. 2 (September 10, 2021): 180–99. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.146.
Rawanoko, Endrise Septina, Aulia Rahman Oktaviansyah, and Hariyono Saputra Y.P. “Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka dan Redesign Ruang Perpustakaan di SD Nurul Muttaqin Kabupaten Malang.” Abdi Pandawa- Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (2023). https://doi.org/10.33592/ap.v3i2.3799.
Rofiki, A. Arif. “Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Kerukunan Umat Beragama di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Kota Jayapura.” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) 2, no. 1 (May 31, 2018): 62–73. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i1.52.
Rohmah, Atinah. “Pendekatan Kultural Dalam Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Kota Jayapura.” In International Seminar on Islamic Education. Ponorogo: Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/ISIE/article/view/63.
Rokhmawati, Diyah Mahmawati, and Kurnia Devi Yuswandari. “Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik).” Joedu : Journal of Basic Education 02, no. 01 (2023). https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/joedu.
Saputra, Andika Dian. “Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Multikultural Di Tanah Papua: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Inpres I Arso 2 Kabupaten Keerom.” PhD. Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2002. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40363.
Sax, Caren, and Douglas Fisher. “Using Qualitative Action Research To Effect Change: Implications for Professional Education.” Teacher Education Quarterly 28, no. 2 (2001): 71–80.
Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (September 26, 2013). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.
Suja, I. Wayan. “Integrasi Kearifan Lokal ke Dalam Kurikulum Ilmu Alamiah Dasar.” Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya 11, no. 1 (August 25, 2017): 77–93. https://doi.org/10.23887/wms.v11i1.11847.
Tresnawati, Nailah. “Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Peningkatan Konservasi Lingkungan Pada Mahasiswa Pgsd Di Batik Tulis Ciwaringin Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 5, no. 1 (2018): 69–82.
Yuliatin, Yuliatin, Agus Suprijono, and Muhammad Turhan Yani. “Pengembangan Buku Ajar Pendamping Berbasis Budaya Lokal Tradisi Manganan Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPS Di SD.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (August 12, 2022): 8897–8908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3970.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maemonah, Mohamad Agung Rokhimawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.