3398

Views

7417

Downloads

Original article
Open Access

Manajemen Makanan Sehat di PAUD

,
Pages: 65-80
|
Published: Apr 1, 2019

Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen makanan sehat di TKIT Al-Khairaat, mengetahui kelebihan dan kekurangan manajemen makanan sehat di TKIT Al-Khairaat, mengetahui dampak manajemen makanan sehat terhadap anak didik di TKIT Al-Khairaat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen makanan sehat di TKIT Al-Khairaat sudah terlaksana dengan baik meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, kelebihan manajemen penyelenggaraan makanan sehat di TKIT Al-Khairaat antara lain: dapur yang layak, ruang makan yang nyaman, dan alat-alat makan yang sesuai. Kekurangan manajemen makanan sehat di TKIT Al-Khairaat adalah menu makan kurang bervariasi dan tidak ada ahli gizi. Dampak manajemen makan siang terhadap anak didik di TKIT Al-Khairaat teridiri dari: dampak langsung dan tidak langsung. Dampak langsung, yaitu: sumber energi dan emosi senang. Dampat tidak langsung, yaitu: anak suka makan sayur, anak terbiasa tertib, dan anak dapat bertanggungjawab.

Keywords:

Manajemen makanan Makanan sehat

Downloads

Metrics

PDF views
7,417
Jul 2019Jan 2020Jul 2020Jan 2021Jul 2021Jan 2022Jul 2022Jan 2023Jul 2023Jan 2024Jul 2024Jan 2025Jul 2025Jan 2026472
|

Article Details

How to Cite

Rahayu, N., & Munastiwi, E. (2019). Manajemen Makanan Sehat di PAUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 65–80. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-01

References

Adiningsih, S. (2010). Waspadai Gizi Balita Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Amtu, O. (2013). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Konsep, Stategi, dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Ghony, D & Almanshur, F . (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Kirana, C & Pramudyanti, I. R. (2011). Kreatif Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Semester Genap. Klaten: Viva Pakarindo.
Latif, M. Zukhairina, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Pakar Gizi Indonesia. (2016). Ilmu Gizi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
Peraturan menteri kesehatan RI No 41 Tahun 2014. (online). Diunduh tanggal 26 Maret 2017
Pudiastuti, R. D.(2011). Waspadai Penyakit Pada Anak. Jakarta: Indek.
Rotua, M & Siregar, R. (2013). Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi Dasar. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Rusilanti, dkk.(2015). Gizi dan Kesehatan Anak Prasekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saeben, B. A. (2012). Filsafat Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Terry, G. R.(1997). Asas-Asas Menejemen. Terjemahan Winardi. 2012. Bandung: P.T Alumni.
Tsabit, F. (2013). Makanan Sehat dalam al-Qur’an: Kajian Tafsir bi al-‘Ilm dengan Pendekatan Tematik. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.