2431

Views

1356

Downloads

Original article
Open Access

Manajemen Perpustakaan Efektif dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak

Nurul Hikmawati
,
Erni Munastiwi
Pages: 165-180
|
Published: Apr 2, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen perpustakaan efektif kelas A1 RA Ar Raihan Bantul, mengetahuiupaya manajemen perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak didik di RA Ar Raihan Bantul dan mengetahui dampak manajemen perpustakaan efektif terhadap minat baca anak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi kelas A1 RA Ar Raihan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi manajemen perpustakaan efektif dalam menumbuhkan minat baca kelas A1 RA Ar Raihan Bantul sudah terlihat bagus. Dengan adanya alur peminjaman buku, penataan buku dan ruangan, serta perawatan buku sudah sangat baik. Karena dilakukan oleh guru kelas atau semua guru yang bertugas di ruang perpustakaan, sehingga anak dapat belajar dengan nyaman dan tenang ketika berada diruang perpustakaan. Upaya manajemen perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak didik di RA Ar Raihan Bantul yaitu dengan mengadakan lomba-lomba untuk meningkatkan minat membaca sehingga anak dapat lancar membaca dan berinteraksi dengan sesama. Dampak manajemen perpustakaan efektif terhadap minat baca anak sudah terlihat dengan adanya anak lebih senang belajar di dalam ruang perpustakaan ataupun membaca di perpustakaan keliling yang dapat meningkatkan minat dan memotivasi untuk belajar lebih giat sehingga hasil belajar mendapatkan hasil yang lebih baik. Sehingga anak dapat memahami arti membaca diruang perpustakaan.

Keywords:

Perpustakaan Minat baca Anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Hikmawati, N. ., & Munastiwi, E. (2019). Manajemen Perpustakaan Efektif dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 165–180. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-03

References

Arifin, Z. Penelitian Pendidikan (Metode Dan Paradigma Baru).
Bafadal, I. (2006). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djaka. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Masa Kini. Surakarta: Pustaka Mandiri.
Hariandja, M. T. E. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hasibuan, M. S. P. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, A. (2010). Pengaruh Perpustakaan Keliling Badan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bantul Terhadap Minat Baca Siswa SD Muhammadiyah Derman Bambanglipuro Bantul. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.
Humaeroh, S. (2009). Program Studi Ilmu Perpustakaan, “Strategi Pemberdayaan Perpustakaan dalam Menumbuhkan Minat Baca di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan.
Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung : PT Refika Aditama.
Komariah, A. & Triatna, C. (2005).Visionary Leader Ship Menuju Sekolah Efektif. Bandung: Bumi Aksara.
Kristawan, M. (2017). Dian Safitri. Rena Lestari. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama.
Lasa, H. S. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Malik, I. (2001). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Teras.
Masjidi. N. (2007). Agar Anak Suka Membaca. Yogyakarta:Media Insani.
Multiyatiningsih, E. (2011). Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Mulyono. (2010). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Thonk.
Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, N. (1995). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pustakawan.perpusnas.go.id/jurnal/2014/UNDANGUNDANG%20PERPUSTAKAAN%20%20KONDISI%20DAN%20HARAPAN.pdf. Di akses pada tanggal 3 April 2018 pukul 20.00.
Sagala, S. (2012). Administrasi pendidikan kontemporer. Bandung: Alfabeta. 2008.
Santi, D. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini Antara Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.
Sudibyo, N. (1987). Pengelolaan Perpustakaan Jilid 1. Bandung: Alumni.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendiidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Sumiati, O. & dkk. (2013). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sutarno, N. S. (2006). Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto.
Sutarno, N. S.(2006). Manajemen Perpustakaan: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Sagung Seto.
Suyadi. (2011). Manajemen PAUD TPA-KB-T K/RA Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Pustaka Pelajar.
Uhar Suharsaputra. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Yusuf, M. C. (2014). “Pengaruh Fungsi Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 1 Surakarta”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Adap dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.