6920
Views
1390
Downloads
Implementasi Pendidikan Entrepreneurship pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Semangat wirausaha dan pendidikan kewirausahaan telah tumbuh di mana-mana. Namun idealnya semangat ini ditanamkan sedini mungkin. Selama ini belum ada TK yang serius mendukung semangat wirausaha ini. Baru TK Khalifah yang mempunyai pendidikan tauhid dan entrepreneurship. Penelitian ini difokuskan pada: (1) bagaimana implementasi pendidikan entrepreneurship di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta, (2) kegiatan-kegiatan pendidikan entrepreneurship di TK Khalifah, serta (3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan entrepreneurship anak usia dini di TK Khalifah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dengan alur reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan entrepreneurship pada anak usia dini di TK Khalifah Sukonandi dengan mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran. Kegiatan-kegiatan pendidikan entrepreneurship di TK Khalifah Sukonandi adalah (a) anak diberikan jadwal untuk menjaga supermarket kecil pada saat market day di sekolah, (b) anak diajak kegiatan untuk berjualan di sekitar sekolah, (c) anak diajak kegiatan jumat berbagi, itu dari hasil penjualan dibagikan hasilnya ke orang-orang yang kurang mampu, (d) anak belajar membuat suatu kerajian yang itu bisa dijadikan karya yang dapat dijual. Beberapa faktor pendukung implementasi entrepreneurship pada anak usia dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta adalah: (a) lingkungan sekolah yang kondusif dan kooperatif, (b) Komponen sekolah yang kompeten, (c) orang tua siswa yang kooperatif (d) perencanaan yang matang. Adapun penghambatnya anak yang terkadang kurang termotivasi dan kurang menghayati nilai-nilai kewirausahaan yang diajarkan.
Keywords:
Downloads
Article Details
How to Cite
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.
References
Chandra, Purdi E, Menjadi Entrepreneur Sukses, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001.
Gendrowati, Imung, ”Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus di TK Aisyiyah Bacan, Halmahera Selatan)” Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Hidayatulloh, M. Agung, ”Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Agraris di RA An-Nafi’ah” Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Imron, Ali, Manajemen Pendidikan: Substansi Inti dan Ekstensi, dalam Ali Imron, et. al (eds), Manajemen Pendidikan Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
Kasmir, Kewirausahaan, Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2009.
Lathif, Mukhtar dkk, Orientasi baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana, 2013.
Machali, Imam (ed), Pendidikan Entrepreneurship Pengalaman Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah dan Universitas, Yogyakarta: Tim Penelitian Program Pengembangan Bakat Minat dan Keterampilan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pusataka Pelajar, 2011.
Miles, B. M., & Huberman, A. M. Qualitative Data Analysis, London new Delhi: Sage Publications, 1984.
Mulyasa, Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Najib, Muhammad, dkk, Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2016.
Saiman, Leonardus, Kewirausahaan; Teori, Praktek, dan Kasus-Kasus, Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Suyadi, Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA) Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Yus, Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2011.