6920

Views

1390

Downloads

Original article
Open Access

Implementasi Pendidikan Entrepreneurship pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta

Lailatu Rohmah
Pages: 15-26
|
Published: Aug 1, 2017
Section:

Main Article Content

Abstract

Semangat wirausaha dan pendidikan kewirausahaan telah tumbuh di mana-mana. Namun idealnya semangat ini ditanamkan sedini mungkin. Selama ini belum ada TK yang serius mendukung semangat wirausaha ini. Baru TK Khalifah yang mempunyai pendidikan tauhid dan entrepreneurship. Penelitian ini difokuskan pada: (1) bagaimana implementasi pendidikan entrepreneurship di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta, (2) kegiatan-kegiatan pendidikan entrepreneurship di TK Khalifah, serta (3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan entrepreneurship anak usia dini di TK Khalifah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dengan alur reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan entrepreneurship pada anak usia dini di TK Khalifah Sukonandi dengan mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran. Kegiatan-kegiatan pendidikan entrepreneurship di TK Khalifah Sukonandi adalah (a) anak diberikan jadwal untuk menjaga supermarket kecil pada saat market day di sekolah, (b) anak diajak kegiatan untuk berjualan di sekitar sekolah, (c) anak diajak kegiatan jumat berbagi, itu dari hasil penjualan dibagikan hasilnya ke orang-orang yang kurang mampu, (d) anak belajar membuat suatu kerajian yang itu bisa dijadikan karya yang dapat dijual. Beberapa faktor pendukung implementasi entrepreneurship pada anak usia dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta adalah: (a) lingkungan sekolah yang kondusif dan kooperatif, (b) Komponen sekolah yang kompeten, (c) orang tua siswa yang kooperatif (d) perencanaan yang matang. Adapun penghambatnya anak yang terkadang kurang termotivasi dan kurang menghayati nilai-nilai kewirausahaan yang diajarkan.

Keywords:

Pendidikan Entrepreneurship Anak Usia Dini TK Khalifah Sukonandi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite

Rohmah, L. (2017). Implementasi Pendidikan Entrepreneurship pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 15–26. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1354

References

Astuti, Sriyati Dwi, ”Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Kearifan Lokal Jawa”, Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyyakarta, 2013.

Chandra, Purdi E, Menjadi Entrepreneur Sukses, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001.

Gendrowati, Imung, ”Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus di TK Aisyiyah Bacan, Halmahera Selatan)” Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.

Hidayatulloh, M. Agung, ”Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Agraris di RA An-Nafi’ah” Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.

Imron, Ali, Manajemen Pendidikan: Substansi Inti dan Ekstensi, dalam Ali Imron, et. al (eds), Manajemen Pendidikan Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.

Kasmir, Kewirausahaan, Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2009.

Lathif, Mukhtar dkk, Orientasi baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana, 2013.

Machali, Imam (ed), Pendidikan Entrepreneurship Pengalaman Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah dan Universitas, Yogyakarta: Tim Penelitian Program Pengembangan Bakat Minat dan Keterampilan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pusataka Pelajar, 2011.

Miles, B. M., & Huberman, A. M. Qualitative Data Analysis, London new Delhi: Sage Publications, 1984.

Mulyasa, Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Najib, Muhammad, dkk, Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2016.

Saiman, Leonardus, Kewirausahaan; Teori, Praktek, dan Kasus-Kasus, Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Suyadi, Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA) Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Yus, Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2011.