Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Kisah

Main Article Content

Pandi Kuswoyo

Abstract

This study aims to improve the mastery of learning through the application of methods of stories on the subjects of Islamic religious education aspects of morality. This is a classroom action research that is carried out in three cycles. The cycle 1, the average of the student learning achievement values reached 82 with the completeness of 86%. Cycle 2, the average of the student learning achievement values reached 91.79 with the completeness of 92%.While on cycle 3, the average of the student learning achievement values reached 92.14 with the completeness of 96%. In Addition, Increased activity of teachers in the learning process also tends to increase of the cycle I reached 63.6%, the second cycle Increased to 85.5%, and 96.4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kuswoyo, P. (2012). Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Kisah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 69–88. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.11.69-88
Section
Articles

References

Al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulum Al-din, III, (Beirut, Dar Al Fikr, tt).

Abdul Halim Mahmud, Ali, Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Aqib dkk., Zainal, PenelitianTindakan Kelas untuk Guru SD, SLB danTK, Bandung: CV Yrama Widya, 2009.

Ahmad Saebani, Beni dan Hamid, Abdul, Ilmu Akhlak, Bandung: Pustaka Setia,

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi, Penelitian tindakan kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Burhanudin, Tamyiz, Akhlak Pesantren; Solusi Bagi Kerusakan Akhlak, Yogyakarta: Ittaqa Press, 2001.

Bahri Djamarah S.B., Syaiful, & Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Bambang Bimo Suryono, NH, Memahami Berbagai Aspek Bercerita, ARDIKA SPA Yogyakarta, tt.

Budiyanto, Mangun, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta, Griya Santri, 2010.

B. Miles, Mathew dan Michael Hubermen, A, Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep

Rohendi Rohidi, Jakarta: UI Press, 1992.

Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama, Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Depdiknas, Undang-undang RI Nomor 19, Tahun 2005, Tentang Standar Pendidikan

Nasional, 2007

Depdiknas, Pedoman Model Penilaian Kelas (KTSP), Jakarta: Minijaya Abadi,

Depdiknas, Peningkatan kualitas pendidikan. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Jenderal Pendidikan direktorat Pembinaan Tenaga Pendidikan dan ketenagaan Perguruan Tinggi, 2004.

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno, M, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama, 2007.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Kisah 87

Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Penekanan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Handayu, T, Memaknai Cerita Mengasah Jiwa, Solo: Era Intermedia, 2001.

Hanafi, A, Segi-segi Kesusastraan pada Kisah-kisah Al-Qur’an, Jakarta Pustaka Al- Husna, 1984.

Ibrahim & Syaodih S, Nana, Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta,

Isjoni, Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok.

Bandung: Alfabeta, 2009.

Kurdi, Syuaeb dan Aziz, Abdul, Model Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama

Islam Di SD dan MI. Bandung: Pustaka Bani Qurais, 2006.

Lie, Anita, Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang- ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo, 2008.

Mardapi, Djamari, Teknik Penyusunan Instrumen Tes non Tes.Yoyakarta: Mitra

Cendikia Pres, 2007.

Majid, Abdul, dan Andayani, Dian, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Jakarta: Rosda Karya, 2005.

Muhammad Anwad, Jaudah, Mendiddik Anak Secara Lisan, Jakarta, Gema Insani

Press, 1995.

Mujib, Abdul dan Mudzakir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana

Prenada Media Group, 2006.

Pardjono, dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Lembaga Penelitian Universitas Negeri

Yogyakarta, 2007.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Permen 22, 23 dan 24, Departemen

Pendidikan Nsional, Tahun 2006.

Pusat Bahasa Departemen Pendidiakn Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran:Berorientasi standar proses pendidikan Jakarta: Kencana, 2008.

Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Jurnal Pendidikan Islam :: Volume I, Nomor 1, Jun 2012/1433

SA, Sukanto, Seni Bercerita Islami, Cimanggis Depok : Bina Mitra Press, 2001.

Cet.II

Suyanto, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Kesatu Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pendidikan Tenaga Akademik, BP3GSD-UP3SD-UKMPSD, 1997.

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Algensindo, 2005.

Sudjana, Nana, Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: remaja Rosdakarya,

Warson Munawwir, Ahmad, Kamus Al Munawwir Kamus Arab Indonesia, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Wiriaatmadja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2007.

Quthb, Muhammad, Sistem Pendidikan Islam, Pent. Salman Harun, Bandung: PT.

Alma’arif, 1993.