Perspektif Pendidikan Islam Dalam Novel Dan Damai Di Bumi! Karya Karl May
Main Article Content
Abstract
Conflict and violence based on ethnic, religion, race and inter-groups (SARA) still become an inherent part of the historical life for Indonesian people. It is quitely clear that the Islamic education has not been effective enough to instill values of peace. Therefore, the reconstruction and renewal of the Islamic education should be done. It is necessary for us to begin with the reconstruction of the learning materials, and by using the novel as a medium. One of the novels that is loaded with the values of peace is “Dan Damai di Bumi!“ written by Karl May
Downloads
Article Details
References
Abrams, M. H., A Glosary of Literary Term, New York: Holt, Rinehart dan Winston, Inc, 1981.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Usaha, 1980.
Asroni, Ahmad, “Meneropong Konflik Islam-Kristen: Sebuah Pendekatan Sejarah” dalam Thaqafiyyat, vol. 9 Edisi No. I Januari-Juni 2008.
Assegaf, Abd. Rahman, Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi Kondisi, Kasus, dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004.
Culler, Jonathan, Structuralist Poetics, London: Routledge dan Kegan Paul, 1977.
Djojosuroto, Kinayati, Analisis Teks sastra dan Pengajarannya, Yogyakarta: Penerbit Pustaka, 2006.
Effendy, Bachtiar, “Menumbuhkan Sikap Menghargai Pluralisme Keagamaan: Dapatkah Sektor Pendidikan Diharapkan?”, dalam Th. Sumartana, Pluralisme, Konflik, dan Pendidikan Agama di Indonesia, Yogyakarta: Institut DIAN/Interfidei, 2005.
Elmirzanah, Syafa’atun, et.al., Pluralisme, Konflik dan Perdamaian: Studi Antar¬Iman, Yogyakarta: DIAN/Interfidei dan The Asia Foundation, 2002.
Endraswara, Suwardi, Metodologi Penelitian Sastra, cet. Keempat (edisi revisi), Yogyakarta: Media Pressindo, 2008.
Lieblang, Helmut, “Perihal Buku-buku Melayu: Berbagai Sumber Rujukan Dan Damai di Bumi!”, dalam Jurnal Berkala Paguyuban Karl May, terj. Hendarto Setiadi, Jerman: No. 132, 2002.
Lieblang, Helmut, “Perihal Buku-buku Melayu: Berbagai Sumber Rujukan Dan Damai di Bumi!”, dalam Jurnal Berkala Paguyuban Karl May, terj. Hendarto Setiadi, Jerman: No. 132, 2002.
Luxemburg, Jan Van, et.al., Pengantar Ilmu Sastra, Jakarta: Gramedia, 1984.
May, Karl, Dan Damai di Bumi!, terj: Agus Setiadi dan Hendarto Setiadi, Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2003.Ganesa, Pandu, Menjelajah Negeri Karl May, Jakarta: Pustaka Primatama, 2004.
May, Karl, Winnetou I (Kepala Suku Apache), terj. Primardiana H. Wijayati, et.al., Jakarta: Pustaka Primatama, 2004.
May, Karl, Winnetou II (Si Pencari Jejak), terj. Samuel Limahekin dan Primardiana H. Wijayati, Jakarta: Pustaka Primatama, 2006.
May, Karl, Winnetou III (Winnetou Gugur), terj. Primardiana H dan Samuel Limahekin, Jakarta: Pustaka Primatama, 2007.
May, Karl, Winnetou IV (Ahli Waris Winnetou), terj. Primardiana H. Wijayati dan Samuel Limahekin, Jakarta: Pustaka Primatama, 2007.
Miarso, Yusuf Hadi, Jurnal Pendidikan Penabur, No.09 Tahun ke-6 Desember 2007.
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rosda Karya, 1991.
Munthe, Bermawy, “Wanita Mesir dalam Novel Al-Thulâtiyah Karya Najib Mahfuz: Sebuah Tinjauan Strukturalisme Genetik”, Disertasi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Muzakki, Akhmad, Kesusastraan Arab: Pengantar Teori dan Terapan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.
Noer, Kautsar Azhari, “Pluralisme dan Pendidikan di Indonesia: Menggugat Ketidakberdayaan Sistem pendidikan Agama”, dalam Th. Sumartana, Pluralisme, Konflik, dan Pendidikan Agama di Indonesia, Yogyakarta: Institut DIAN/Interfidei, 2005.
Nurgiyantoro, Burhan, Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: Gajah Mada. University Press, 1995.
Raman Selden, Panduan Membaca Teori Sastra Masa Kini, Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Ratna, Nyoman Kutha, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Semi, Atar, Penelitian Bahasa dan Sastra, Padang: Angkasa Raya, 1990.
Stanton, Robert, An Introduction to Fiction, New York, Chicago, San Fransisco, Toronto, London: Holt, Rinehart dan Winston, 1965.
Sukada, Made, Pembinaan Kritik Sastra Indonesia: Masalah Sistematika Analisis Struktur Fiksi, Bandung: Angkasa, 1985.
Sunardi, ST., Semiotika Negativa, Yogyakarta: Kanal, 2002.
Susetyo, Benny, Politik Pendidikan Penguasa, hlm. 90.
Sutardi, “Sastra, Filsafat, dan Pernik Kehidupan”, sebuah pengantar dalam Supaat I. Lathief, Sastra: Eksistensialisme–Mistisisme Religius, Surabaya: Pustaka Ilalang, 2008.
UU Sisdiknas (UU RI No. 20 Th. 2003), Jakarta: Sinar Grafika, 2007.
Zoest, Aart van, Semiotika: Tentang Tanda, Cara Kerjanya dan Apa yang Kita Lakukan Dengannya, terj. Ani Soekowati, Jakarta: Yayasan Sumber Agung, 1993.
Zuhairini, et.al., Metodologi Pendidikan Agama, Solo: Ramadhani, 1993.