Epistemologi Pendidikan Islam; Studi Kurikulum SMA MTA Surakarta

Main Article Content

Toto Suharto

Abstract

It is the fact that religious extracurricular learning is done differently and variously by each educational unit level. The interesting phenomenon happens in which is a learning process of religious education extracurricular at a high school of MTA Surakarta. The high school is registered as the list of the fifty leading Islamic high school in Indonesia. This study of educational ideology analyzes is found that at the MTA high school is implemented the integral curriculum structure, that is national curriculum combined with diniyah curriculum . Although it is still in a small portion of the diniyah curriculum made as its core curriculum. The Islamic extracurricular activities are implemented in various forms , such as the recitation on Sunday morning , a special recitation , Arba’in Hadith studies and Riyadlus Shalihin, khitobah , BTA , Tahsin , Tahfidz , Muhadasah, and Tasyji’ul Lughoh and Nafar Ramadan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suharto, T. (2013). Epistemologi Pendidikan Islam; Studi Kurikulum SMA MTA Surakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 241–261. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.241-261
Section
Articles

References

‘Abdullah, ’Abdul-Rahman Shalih. Educational Theory: a Qur’anic Outlook. Makkah Al-Mukarramah: Umm al-Qura University, t.t.

‘Abud, ‘Abd al-Ghani. Fi al-Tarbiyyah al-Islamiyyah. Cet. I; t.tp. Dar al-Fikr al- ‘Arabi, 1977.

“Majalah RESPON 245/XXIV September-Oktober 2010” dalam http://www. mta-online.com/2010/10/11/majalah-respon-245xxiv-september-oktober- 2010/ (temu kembali 26 Juli 2012).

“Profil Sekilas” dalam http://www.mta-online.com/sekilas-profil/ (temu kembali 26 Juli 2012).

“SMA Unggulan RSBI Jawa Tengah” dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_ sekolah_menengah_atas_berstatus_RSBI#Jawa_Tengah (temu kembali 28 Oktober 2012).

Abu al-‘Ainain, ‘Ali Khalil. Falsafah al-Tarbiyyah al-Islamiyyah fi al-Qur’an al-Karim. Cet. I; t.tp.: Dar al-Fikr al-‘Arabi, 1980..

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Apple, Michael W. Education and Power. Boston: Ark Paperbacks, 1985

Apple, Michael W. Ideology dan Curriculum. Edisi III; New York: Routledge Falmer, 2004.

Gutek, Gerald L. Philosophical and Ideological Perspectives on Education. New Jersey: Prentice-Hal, 1988.

http://mtafm.com/v1/?page_id=43#comment-2025 (temu kembali 29 September 2012).

Jinan, Mutohharun. “Dinamika Gerakan Islam Puritan di Surakarta: Studi tentang Perluasan Gerakan Majlis Tafsir Al-Quran” dalam Kumpulan Makalah yang Dipresentasikan pada The 11th Annual Conference on Islamic Studies, Bangka Belitung, 10–13 Oktober 2011.

Lovat, Terence J. dan David R. Smith. Curriculum: Action on Reflection. Edisi IV; Victoria: Thomson Social Science Press, 2006.

Magnis-Suseno, Frans. Filsafat Sebagai Ilmu Kritis. Cet. IV; Yogyakarta: Kanisius, 1995.

Mas’ud, Abdurrahman. Menggagas Format Pendidikan Non-dikotomik: Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Cet. I; Yogyakarta: Gama Media, 2002.

Muhadjir, Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Cet. II Edisi V; Yogyakarta: Rake Sarasin, 2003.

Natsir, M. “Islam sebagai Ideologie”, Kursus Politik, No. 2, Th.1, 1950.

Nurhayati. “K.H. Abdullah Thufail Saputro: Pemikiran dan Pengabdiannya”, Skripsi Sarjana pada Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1997, hal. 75-76.

Observasi pada Sabtu, 10 Nopember 2012, di Asrama Putera (Astra) SMA MTA Surakarta Jl. Comal Semanggi Pasarkliwon, Surakarta.

Peraturan Menteri Agama (Permenag) No. 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Pratte, Richard. Ideology and Education. New York: David McKay Company, 1977.

Sastrapratedja, M. “Pancasila Sebagai Ideologi dalam Kehidupan Budaya”, dalam Oetojo Oesman dan Alfian (eds.), Pancasaila Sebagai Ideologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara. Jakarta: BP-7 Pusat, 1991.

Suharto, Toto. “Sekolah sebagai Pilihan Ideologis”, Solopos, Selasa, 19 Juni 2012. Artikel ini dimuat dalam http://www.solopos.com/2012/kolom/sekolah- sebagai-pilihan-ideologis-194851.

Suyanto dan Djihad Hisyam. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Cet. I; Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.

Taba, Hilda. Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace and World Inc., 1962.

Tilaar, H.A.R. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wawancara dengan Drs. Diastono, Kepala SMA MTA Surakarta, pada Selasa, 13 Nopember 2012 di Kantor SMA MTA Surakarta, Jl. Kyaimojo Semanggi Pasarkliwon, Surakarta.

Wawancara dengan Muh. Ghozali, S.Pd.i, Guru PAI SMA MTA Surakarta, pada Selasa tanggal 13 Nopember 2012 di Kantor SMA MTA Surakarta, Jl. Kyaimojo Semanggi Pasarkliwon, Surakarta

Wawancara dengan Nur Kholis Majid, Kepala Asrama Putera SMA MTA Surakarta, pada Rabu, 14 Nopember 2012 di Kantor SMA MTA Surakarta, Jl. Kyaimojo Semanggi Pasarkliwon, Surakarta.

Wawancara dengan Sularmin, S.Pd., Waka SMA MTA Surakarta bidang Kurikulum, pada Rabu, 14 Nopember 2012 di Kantor SMA MTA Surakarta, Jl. Kyaimojo Semanggi Pasarkliwon, Surakarta.