Paradigma Baru Madrasah dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013
Main Article Content
Abstract
Policy implementation is a process applying of decision of policy which usually early with compilation of program, project of till to activities for resolving a problem of becoming policy agenda. Ministry of Religion Republic Of Indonesia also have plan for the implementation of policy of Curriculum 2013 in all ladder of madrasah, including one of them at ladder of madrasah ibtidaiyah, start year 2014. This implementation have of implication to change various education aspect in madrasah like Standard Process, Standard Content, Standard Interest Grad, Standard Assessment, and also at Textbook Iesson. This paradigm becomes someone reference or institution in taking decision and policy to act.
Downloads
Article Details
References
Anonim, Kurikulum 2013, Kemag Latih 140.000 Guru Madrasah, Diupload
Tanggal 12 Agustus 2013 Pukul 9.45 di www.suarapembaruan.com/home/ kurikulum-2013-kemag-latih-14000-guru-madrasah/39819, dan diakses pada Tanggal 10 April 2014 Pukul 23.29 WIB
Armstrong,Thomas,Kecerdasan Multipel di dalam Kelas, Jakarta: Indeks, 2013.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud, Strategi Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud, 2013.
Knight,George R.,Filsafat Pendidikan, Diterj.oleh: Mahmud Arif, Yogyakarta: CDIE bekerjasama dengan Gama Media,2007.
Kuhn,Thomas S.,The Structure of Scientific Revolutions: Peran Paradigma dalam Revolusi Sains, Cet. VI, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan
Kurikulum 2013), Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.
Majid,Abdul,Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Mulyasa, E. ,Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2013.
Nugroho,Riant,Public Policy, Cet. IV, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.
Permenang RI No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar
Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Permendikbud RI No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Rawita,Ino Sutisno,Kebijakan Pendidikan: Teori, Implementasi, dan Monev , Cet.
III,Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2013.
Rusdiana,H.A.,Konsep Inovasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet.
V, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Sanaky,Hujair AH.,Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Safiria Insania Press Bekerjasama dengan Magister Studi Islam UII, 2003.
Surat Edaran Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia No. SE/Dj.I/ PP.00/50/2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013 pada Madrasah
Syafarudin, Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Stratei, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Trianto, Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cet. VI, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Winarno,Budi,Kebijakan Publik (Teori. Proses, dan Studi Kasus), Yogyakarta: CPAS, 2011.