Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam Tentang Madrasah dan Tantangan Global
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i1.8984Keywords:
Madrasah, era global, tantangan dan peluang.Abstract
Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia mempunyai andil yang cukup besar dalam membentuk karakter, kepribadian dan akhlak yang mulia. Keberadaan madrasah di era global sekarang ini sangat di nanti-nantikan untuk ikut membangun dan memecahkan krisis multidimensi yang sedang di alami oleh bangsa kita Indonesia. Maka dari itu madrasah di harapkan ke depan dapat mempersiapkan terhadap anak didiknya menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai pengetahuan agama yang baik dan punya wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi. Karena dengan bekal agama dan IPTEK yang baik maka kedepan diharapkan bangsa kita akan segera bangkit dari beberapa krisis multidimensi. Dan akhirnya akan menuju ke negara yang sejahtera adil dan makmur serta menjadi bangsa yang berperadaban tinggi dan dihormati oleh negara lain.
Tapi realita yang ada sekarang madrasah masih sang at memprihatinkan. Minat dari masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah masih rendah. Disamping itu dukungan dari pemerintah juga kurang memperoleh porsi yang sama dengan sekolah umum. Kedepan kalau kita semua menyadari bahwa keberadaan madrasah masih sangat dibutuhkan untuk membentuk manusia yang beriman beramal shaleh dan berpengetahuan dan teknalogi maka harus didukung oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari kaum muslimin, lembaga pendidikan Islam, Departemen Agama dan kebijakan pemerintah.
Downloads
References
Arief, Armai, Tanta~gan pendidikan di Era Globalisasi, Makalah, tt.
Djumhur, I, dkk, Sejarah Pendidikan, CV Ilmu Bandung, 1976.
Furchan, Arief, Pemberdaan Madrasah dan Tantangan Globalisasi, Makalah, disajikan di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, 25 April 1999.
Maarif, Syafii, A, dkk, Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta, Tiara Wacana Yogyakarta, 1991.
Steenbrink, A, Karel, Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, LP3ES, Jakarta, 1986.
Umam, Khoirul, Madrasah dan Globalisasi, Makalah, Jakarta, 2008.
Sumber internet
http://www.fai.umj.ac.id/index.php?option=com content&task=view&id=23&Itemid=54, 9/4/2010
http://Imakalahkumakalahmu.wordpress.com/2008/11/07/madrasah-danglobalisasi/, 9/4/2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.