Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Metode Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.28Keywords:
Moral, Habituation MethodAbstract
Zaman modern ini, anak-anak sejak dini harus mendapatkan perhatian lebih serius. Terutama dalam pendidikan akhlak, agar mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman sehingga dapat tumbuh dewasa menjadi generasi yang sholih dan sholihah. Permasalahan yang diangkat dalam artikel ini adalah bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa dan bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembinaan akhlak terpuji siswa melalui metode pembiasaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (2) bagaimana implementasi pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (3) apa faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dapat ditarik kesimpulan.
Kata Kunci: Akhlak, Metode Pembiasaan
Downloads
References
Anggoro, Rino, Pembiasaan Perilaku Keagamaan pada Anak di SDIT Al-Muti’in Maguwo Banguntapan
Bantul, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Aziz, Erwati, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam, Solo: Tiga Serangkai Pustaka, 2003.
Azra, Azyumardi, dkk, Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum, Direktorat PTAI: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, 2002.
Bakar Jabir El-Jazari, Abu, Pola Hidup Muslim (Minhajul Muslimin) Etika, Penerjemah: Achmad Djatnika dan Achmad Sumpeno, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1993.
Bakry, Oemar, Akhlak Muslim, Bandung: Angkasa, 1986.
Baradza, Umar, Bimbingan Akhlak bagi Putra-putri Anda-2, Surabaya: Pustaka Progressif, 1992.
D, Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’rif, 1974.
Daradjat, Zakiah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung, 1989.
Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT, Bulan Bintang, 1970.
Daud, Ali Muhammad, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada, 19
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.