Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Metode Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta

Authors

  • Anna Khoirunisa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Hidayat Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.28

Keywords:

Moral, Habituation Method

Abstract

Zaman modern ini, anak-anak sejak dini harus mendapatkan perhatian lebih serius. Terutama dalam pendidikan akhlak, agar mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman sehingga dapat tumbuh dewasa menjadi generasi yang sholih dan sholihah. Permasalahan yang diangkat dalam artikel ini adalah bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa dan bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembinaan akhlak terpuji siswa melalui metode pembiasaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (2) bagaimana implementasi pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (3) apa faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dapat ditarik kesimpulan.

Kata Kunci: Akhlak, Metode Pembiasaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, Rino, Pembiasaan Perilaku Keagamaan pada Anak di SDIT Al-Muti’in Maguwo Banguntapan

Bantul, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Aziz, Erwati, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam, Solo: Tiga Serangkai Pustaka, 2003.

Azra, Azyumardi, dkk, Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum, Direktorat PTAI: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, 2002.

Bakar Jabir El-Jazari, Abu, Pola Hidup Muslim (Minhajul Muslimin) Etika, Penerjemah: Achmad Djatnika dan Achmad Sumpeno, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1993.

Bakry, Oemar, Akhlak Muslim, Bandung: Angkasa, 1986.

Baradza, Umar, Bimbingan Akhlak bagi Putra-putri Anda-2, Surabaya: Pustaka Progressif, 1992.

D, Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’rif, 1974.

Daradjat, Zakiah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung, 1989.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT, Bulan Bintang, 1970.

Daud, Ali Muhammad, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada, 19

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Khoirunisa, A., & Hidayat, N. (2024). Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Metode Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 195–210. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.28

Most read articles by the same author(s)