Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serdadu Kumbang Karya Ari Sihasale dan Relevansinya Bagi Anak Usia MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9056Keywords:
Pendidikan Akhlak, Film, Anak Usia MIAbstract
Fungsi film selain digunakan sebagai media hiburan. Film juga dapat dijadikan
sebagai media pembelajaran dan sarana untuk mengajarkan nilai-nilai pendidikan,
terutama pendidikan akhlak peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
studi pustaka (library research), adapun yang dijadikan objek kajiannya adalahfilm
Serdadu Kumbang. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: I) Ada pesan pendidikan akhlak dalamfilm Serdadu Kumbang
pada tingkat pendidikan dasar, 2) Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan
akhlak dalamfilm Serdadu Kumbang bagi anak usia MI.
Downloads
References
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, cet. Ke-10, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996.
AR, Zahruddin., S, Hassanuddin., Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2004.
Bungin Burhan, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Danesi, Marcel, Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra, 2011.
Darwanto, Televisi sebagai Media Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Fauziana, Mukaromah, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Alangkah Lucunya Negeri Ini Karya Sutradara Deddy Mizwar", Jurusan Pendidikan Agama Islam, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research Jilid 1, Yogyakarta: Andi Offset, 2001.
Hidayati, Wiji., Purnami, Sri., Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Hurlock, Elizabeth B., Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi kelima, Jakarta: Erlangga.
Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq, cet. kell, Yogyakarta: LPII, 2011.
Khalid bin Abdurrahman Al-'Akk, Syekh., Cara Islam Mendidik Anak. Yogjakarta: Ad-Dawa', 2006.
Kurniawan, Ari, (10 November 2010), Mengapa Ale dan Nia Selalu Membuat Film Anak-anak?, Diakses tanggal23 Juni 2013, http:/ /www.tabloidbintang.com.
Kurniawan, Ari, (10 November 2010), Ari Nia Sihasale Filmkan "Serdadu Kumbang" Dari Sumbawa, Diakses tanggal 23 Juni 2013, http://www. tabloidbintang.com.
Maunah, Binti, Landasan Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2009.
Maksudin, Pendidikan Nilai Komprehensif: Teori dan Praktik, Yogyakarta:
UNYPress, 2009.
Muhajir, As'aril, Pendidikan Perspektif Kontekstual, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Nisa, Khoirunnisa, (04 Mei 20 12), Film Sebagai Media Pendidikan dan Pembangun Motivasi, Diakses tanggal 9 Januari 2013, http:/ lhiburan.kompasiana.com
Purnama, Yulian, (12 Oktober 2012), Akhlak Islami Dalam Bertetangga, Diakses tanggal18 Mei 2013. http://muslim.or.id.
Ratna, Nyoman Kutha, Teori, Metode, dan TeknikPenelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Riadi, Muchlisin, (Oktober 14, 2012), Pengertian, Sejarah dan Unsur-unsur Film, Diakses tanggal23 Juni 201. http://www. kajianpustaka.com
Rohmani, (26 June 2011), Sengatan Serdadu Kumbang, Diakses tanggal23 Juni 2013, http://www.webrohmani.com
Rosyidi, M.Ikhwan, dkk., Analisis Teks Sastra, mengungkap Makna, Estetika, dan Ideologi dalam Perspektif Teori Formula, Semiotika, Hermeneutika dan Strukturalisme Genetik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Sadiman, Arief S., dkk, Media Pendidikan.Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: CV.Rajawali, 1986.
Semiawan, Conny, Penerapan Pembelajaran pada Anak, cet. ke-4,
Jakarta: Indeks, 2009.
Shobarohmi, Yulikha, Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Laskar Pelangi (Sebuah adobsi novel karya Andrea Hirata), Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.
Supri, (25 Desember2012). Profil Biodata Ari Sihasale, Diakses tanggal25 Maret 2013, http://www. profil. web.id
Suwarno, Wiji, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.
Triyantopo, Aji, Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kun Fayakun Karya H.Guntur Novaris, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010.
Umar, Bukhari, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010.
Yatimin Abdullah, M., Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran. Jakarta:
Amzah, 2007.
Zoest , Aart Van, Semiotika. Jakarta: Yayasan Sumber Agung, 1993.
H ttps :/ /sites.google.com/site/tirt ayasa/sumber-belajar-media-dan-alat-peraga/film-pendidikan-ditinjau-dari-perspektif-kajian-ilmu-komunikasi diakses tanggal 9 januari 2013 jam 17.41 WIB
http://www.femina.co.id. Diakses http://www.femina.co.id. Diakses tanggal 23 Juni 2013 jam 22.55 WIB
http://id.wikipedia.org diakses tanggal 23 Juni 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.