Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul

Authors

  • Nur Hikmah Amalia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Hidayat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133

Keywords:

Media teka-teki silang, kemampuan membaca, kemampuan menulis, kosakata bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media teka-teki silang (crossword puzzle) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab peserta didik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul yang berjumlah 37 orang. Data tentang kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Pada siklus I, persentase kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab peserta didik diperoleh hasil signifikan dari prasiklus yaitu 83% untuk kemampuan membaca dan 72% untuk kemampuan menulis, kemudian terus naik pada hasil siklus II yaitu 90% untuk kemampuan membaca dan 80% untuk kemampuan menulis. Berdasarkan penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab melalui penggunaan media teka-teki silang (crossword puzzle) yang mencakup (1) pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan, (2) peserta didik lebih mudah membaca kosakata bahasa Arab, (3) peserta didik lebih mudah menulis kosakata bahasa Arab, (4) guru lebih mudah membimbing peserta didik yang masih kesulitan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, Siti, “Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Palu”, Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol. 3, No.1, Juni 2015, hlm. 201.

Kementrian Agama Republik Indonesia, Syamil Al-Qur’an: The Miracle Of AlQur’an, Bandung: Sygma Creative Media Corp.

Kemmis, S., McTaggart, R., Nixon, R., The Action Research Planner. New York: Springer, 2014.

Khasairi, Moh, “Pengembangan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah”, Jurnal Bahasa dan Seni, No. 1. 2013.

M. Khalilullah, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Machmudah, Umi, dan Rosyidi, Abdul Wahab, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Uin Malang Press, 2008.

Mujahid, “Standar Isi Materi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Dalam Kurikulum 2013”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XII No. 2. 2015.

Rosyidi, Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Sanaky, Hujair AH, Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Amalia, N. H., & Hidayat, N. (2024). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 119–134. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133