Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Alam Kitab Al-Akhlaq Lil Banln Jilid I Karyaal-Ustaz 'Umar Binahmad Baraja' dan Relevansinya bagi Siswa MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.9030Keywords:
education, character, students, "MI"Abstract
Penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Al-akhlaq Lil Ban in jilid I karya A l-Ust adz 'Umar Bin Ahmad Baraja' dan relevansinya bagi siswa MI. Hasil penelitian: (1). Karakter Nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam kitab Al-akhlaq Lil Banin jilid I adalah Religius (Akhlak Kepada Allah, Akhlaq Kepada Rasulullah, Amanah), disip/in,·menepatijanji, peduli lingkungan, cinta kebersihan, peduli sosial (sopan santun, menghormati orang lain, menghormati kedua orang· tua, saudara, kerabat, pembantu, tetangga, guru, ternan, adab berjalan, dan adab di sekolah), dan toleransi. (2). Nilai~nilai ini relevan dengan kondisi (karakter) siswa Ml saat ini.
Downloads
References
Andayani, Dian & Abdul Majid, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Asriati, Nuraini, "Grand Design Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah", Jurnal ViSi Ilmu Pendidikan (J-VIP) Vol 6, No 3 (20 1 Universitas Tanjungpura Pontianak, dalam http://jurnal.untan.ac.id, diakses pada hari kamis, 31 mei 2012 jam 10.26, 2011.
Azzet, Ahmad Muhaimin, Urgensi Pendidikan Karakter Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Baraja', Al-Ustadz 'Umar Bin Ahmad, Kitab Al-Akhlaq lil Banin Jilid 1, Surabaya: Maktabah Muhoammad bin Ahmad Nabhan wa Auladah,
Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat, Bandung: Mizan, 1995.
Budimansayah, Dasyim, dkk, Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2011.
Departemen Pendidikan Nasional, Alquran dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro, 2006.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, "Pendidikan Karakter Menuju Bangsa Unggul", Majalah Policy Brief: Edisi 4, 4 Juli 2011, 2011.
Dzulkifli, Psikologi Perkembangan, Bandung : PT remaja Rosdakarya, 2008.
El-Jazairi, Abu Bakar Jabir, Pola Hidup muslim (Minhajul Muslim) Etika, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990.
Fauzie, Qomar, "Syaikh Umar Bin Achmad Baradja", dikutip dari Majalah al-Kisah No, 07/Tahun ·V/26 Maret- 8Apri/2007 hal, 85-89, dalam http://qomarfauzie,wordpress,com/2008/09/13/syaikh-umar-bin-achmad-baradja-surabaya/, diakses 28 Mei 2012, jam 14.10.
Harsubenowati, "Pendidikan Karakter dan Pola Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan", dalam Jurnal pendidikan, Vol, 12, No,1, (Juni 2006: 30-45), STISIP Muhammadiyah Madiun, 2006.
Hasan, Said Hamid dkk, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementerian Pendidikan NasionaL Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum, 2010.
Kompas.com edisi Jumat, 17 Februari 2012, Dalam http:// megapolitan.kompas.com, Accessed 24 April 2012, pukul 11.46.
Kompas.com edisi Selasa, 14 Desember 2010, dalam http:// edukasi.kompas.com, Accessed 24 April 2012, pukul 11.25.
Lasmawan, Wayan, TT, Pengembangan Materi dan Model Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Konteks Instruksional (Aplikasi dalam Pembelajaran Siswa Jenjang SMP), TK: Undiksha, Prodi Pendidikan IPS.
Maimunah, Binti, Landasan Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2009.
Martianto, Dwi hastuti, Pendidikan Karakter, http:// keyanaku.blogspot.com/2008/01/pendidikan-karakter.html, ·Accessed 02 November 2011, 2008.
Miskawaih, Ibn, Menuju Kesempumaan Akhlak, Bandung: Mizan, 1994.
Qosim, Abu, ''PendidikanAkhlaq menurut al-Ustadz Umar Baradja dalam kitab Akhlaqul Lil Banin (Tinjauan Materi dan Metode)", Skripsi, Yogyakarta: Jurusan PendidikanAgama, IslamFakultas Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga, 2005.
Ramly, Mansyur, dkk, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011.
Samani, Mukhlas & Hariyanto, Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dam R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.
Faiq Nurullzzah & Nur Hidayat, Nilai-lfilai Pendidikan Kflrakter Dalam Kitab Al-Akhliiq Lil Ban in
Sujanto, Agus dkk, Psikologi KepribadianJakarta: BumiAksara, 2001.
Sumadi, Mulyanto, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.