Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam Dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.9046Keywords:
Pendidikan, KarakterAbstract
Setiap anak Indonesia berhak terhadap pendidikan yang mengembangkan karakter dengan baik. Karena dengan pendidikan karakter, pendidikan bukan hanya menghasilkan anak-anak yang cerdas juga anak yang mempunyai budi pekerti luhur. Sekolah akan berkembang maju bila semua warga sekolah terlibat secara aktif untuk saling membantu. Pihak sekolah dan orangtua harus memiliki visi sama, sebab semua me-miliki tanggungjawab bersama untuk mengarahkan anak-anak. Orang tua adalah bagian terpenting dalam proses pendidikan karakter anak. Semua pihak sating bahu-membahu menciptakan iklim sekolah yang kondusif, agar penerapan pendidikan karakter dapat berjalan dengan optimal. Harapannya nilai-nilai utama itu dapat dipraktikkan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memudahkan pendidikankarakter ada berbagai teknik yang digunakan diantaranya penguatan positif, ber:cerita hingga kegiatan kelompok dan lain-lain.
Downloads
References
A., Doni Koesoema, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Kompas Gramedia, 2012.
Al-Qur 'an Al-Karim dan Terjemah Bahasa Indonesia (Ayat Pojok),
Grafindo Persada, 2008.
http:/ /tiriztea.wordpress.com/20 10/08/1817 -tokoh-ilmuwan-matematika-islaml diakses tanggal12 januari 2013Muhaimin, dkk., Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Raja
Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Toshihiko Izutsu, Konsep Kepercayaan dalam Teologi Islam: Analisis Sematik Iman dan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1994.
Yunahar Ilyas, Kuliah Aqidah Islam, Yogyakarta: LPPI, 2006.
Zakiah Daradjat, llmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.