Implementasi Kurikulum Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Di SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.9048Keywords:
kunci, Kurikulum, ESD, SDIT Intemasional Lukman HakimAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan alokasi penelitian di SDIT Lukman Hakim Internasional Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan siklus reduksi data, display data, dan verifikasilkesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) Living Skills adalah keterampilan yang di butuhkan untuk beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari: (2) Learning- skills adalah keterampilan yang digunakan agar selalu mengembangkan diri melalui proses be/ajar yang berkelanjutan; (3) Thinking skills adalah keterampilan yang dibutuhkan pada saat berpikir untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Implementasi kurikulum berbasis ESD dan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangs a tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Guru dan sekolah mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan tersebut kedalam kurikulum, silabus dan RPP.Downloads
References
Ahmad Zain, Fenomena Anak di Bawah Umur melanggar Hukum, dalam http://edukasi.kompasiana.com/20 12/02/18/stop-fenomena-anak-di-bawah-umur-melanggar hukurnl, 2012, hlm 1. http:/ /www.slideshare.net/mufangreen/apa-itu-efsd-8753 018/ download.
Ali, Muhammad, Pendidikan untuk Pembangunan Nasional, Bandung: 2009.
Arifin, Zainal, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Hastuti, Budi Sri, Pendidikan Untuk Pengembangan Berkelanjutan (Education For Sustainable Development) Dalam Perspektif PNFJ (lmplementasi EJSD pada Program PNFJ) dalam jurnal Androgogia Nopember 2009. Diunduh dari EFSD_ httpandragogia. p2pnfisemarang.orgwp-contentuploads 2010 11 andragogia 1_3. Pdf
Karsidi, Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD dan MI. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Nana Sudjana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, PT Imperial Bhakti Utama, 2009.
PP No 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Pasal 1.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.