Implementasi Sistem Full Day School dalam Mengembangkan Empati Anak Usia Dini

Main Article Content

Asiah Asiah
Nadlifah Nadlifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem full day school dalam mengembangkan empati anak kelompok A1 di RA Mu’adz Bin Jabbal 2 serta faktor pendukung dan penghambat sistem full day school dalam mengembangkan empati anak. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, wali kelas A1, guru pendamping dan siswa kelompok A1 RA Mu’adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu menggunakan pedomen observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu sumber dan teknik. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti di RA Mu’adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul yang berkaitan dengan Implementasi Sistem Full day School dalam Mengembangkan Empati Anak Kelompok A1 di RA Mu’adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul yaitu Implementasi sistem full day school dalam mengembangkan empati anak berkembang sesuai dengan harapan, hal ini terlihat anak-anak sudah mampu untuk peduli dengan teman yang mengalami kesulitan, saling tolong menolong, berbagi, peka terhadap lingkungan sekitar.  Faktor pendukung dan penghambat sistem full day school dalam mengembangkan empati anak kelompok A RA Mu’adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul yaitu faktor pendukung diantaranya, faktor internal (guru dan komponen yang ada di sekolah) dan eksternal (orang tua, masyarakat sekitar sekolah dan media). Faktor penghambat diantaranya tingkat perkembangan anak yang berbeda-beda, teman di sekolah dan pendidikan rumah yang tidak mendukung dengan pendidikan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Asiah, A., & Nadlifah, N. (2019). Implementasi Sistem Full Day School dalam Mengembangkan Empati Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 247–258. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-03
Section
Articles

References

Ahmadi, A. (1998). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Bandung: PT.Rineka Cipta.
Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral Tujuh Kebijakan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Budiningsih, A. C. (2008). Pembelajaran Moral. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Fadillah, M & Khorida, L. M. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Goleman, D. (1997). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting dari IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, B. E. (1995). Perkembangan Anak Jilid 1, Diterjemahkan oleh: Med Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.
Howe, D. (2013). Empati Makna dan Pentingnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pink, D.H.(2007). A Whole New Mind, Diterjemahkan oleh: Rusli. Yogyakarta: Think.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudarna. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publisher.
Soesilo, T. D. (2015). Teori dan Pendekatan Belajar. Ombak: Yogyakarta.
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sulistyaningsih, W. (2008). Full School & Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.
Suyadi dan Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.