Internalisasi Nilai Gender melalui Dolanan Anak Tradisional

Main Article Content

Azam Syukur Rahmatullah

Abstract

The Children traditional games exactly is media that contains high values about the similarity of gender, such as equality value, cooperation value, recoqnition value, tolerance value, dan justice value. The values of gender similarity have ideally been given to the children since childhood. There are three steps of value process of gender similarity in the children traditional games; First, the step of value transformation is to send good information. Second, the step of value transaction is the value education. Third, steps of transinternalization is the application in daily activities.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmatullah, A. S. (2014). Internalisasi Nilai Gender melalui Dolanan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 365–388. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.365-388
Section
Articles

References

Abdurrahman, Meaningful Learning; Re-Invensi Kebermaknaan Pembelajaran, Elaborasi Nilai Islam dan Universalisme Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007 .

Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakkkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Rahmatullah,Azam Syukur, “Kecerdasan Interpersonal dalam Al-Qur’an dan Urgensinya Terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam”, Jurnal Cendekia; Jurnal Pendidikan Islam STAIN Ponorogo, 11 (1) Januari-Juni 2011: 1505-1693.

Zuchdi, Darmiyati, Humanisasi Pendidikan; Menenukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pembinaan Nilai Budaya Melalui Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarata, 1997/1998.

Kartikasari,Dian.“Pernyataan Sikap Tentang Pencopotan Camat Perempuan”, www.koalisiperempuan .or.id/pernyataan -sikap-tentang-pencopotan- camat-perempuan.

Hamruni, Edutaiment dalam Pendidikan Islam dan Teori-teori Pembelajaran Quantum, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2009.

Juwairah, Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam al-Qur’an, Yogyakarta: Teras, 2010.

Laporan Independen NGO, Implementasi Konvensi Penghapisan Segala bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan (CEDAW) di Indonesia Pemenuhan Hak Asaai Perempuan pedesaan pasal 14 CEDAW, Jakarta: Mei 2012.

Yahya, Muhtar. Butir-butir Berharga dalam Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1977.

Haspels, Nelien.& Suriyasam,Busakom.Meningkatkan Keseteraan Gender dalam Aksi Penanggulangan Pekerja Anak Serta Perdagangan Perempuan dan Anak, Panduan Praktis Bagi Organisasi, Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) Program Internasional Penghapusan Pekerja Anak (IPEC) Kantor Subregional untuk Asia Timur, Jakarta: Kantor Perburuhan Internasional, 2005.

Prawiroatmodjo, Bausatra Jawa-Indonesia, Jakarta, 1988.

Wahjono, Parwari, Hakikat dan Fungsi Permainan Ritual Magis Nini Thowok Bagi Masyarakat Pendukungnya, Sebuah Studi Kasus di Desa Banyumudal Gombong, Disertasi, Universitas Indonesia.

Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia, webitesayangianak.com/permainan- anak.

Ruhaini, Siti,dkk.,Rekonstruksi Metodologis Wacana Kesetaraan Gender dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Dhamamulya, Sukirman, Permainan Tradisional Jawa, Yogyakarta: Kepel Press, 2008.

Shihab, Quraish, Kesetaraan Gender dalam Islam, kata pengantar dalam Nasarudin Umar, Argumentasi Kesetaraan Gender Perspektif Al-Qur’an , Jakarta: Paramadina, 2001.