Kepemimpinan Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.9039Keywords:
kepemimpinan pendidikan, MBS/M.Abstract
Desentralisasi pendidikan yang diberlakukan mulai 1 Januari 2001 membawa perubahan dalam pengelolaan sekolah, yakni dengan Manajemen Berbasis Sekolah yang melibatkan pada peran sekolah dan komite sekolah dalam mengambil setiap kebijakan dan keputusan sekolah. Salah satu aspek yang penting dalam MBSIM adalah model kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan. Salah satu model kepemimpinan yang relevan dengan MBSIM adalah kepemimpinan transformatif yang mempunyai karakteristik bekerja untuk merubah situasi. Prinsip-prinsip kepemimpinan transformatifadalah simplikasi, motivasi, fasilitasi, inovasi, mobilitas, siap siaga, dan tekad. Kepemimpinan transformatifjika diterapkan dalam lembaga pendidikan yakni, sekolah dan madrasah akan membawa konstribusi dan pengaruh yang signifikan dalam kemajuan lembaga pendidikan tersebut.
Downloads
References
Danim, Sudarwan, Menjadi Komunitas Pembelajar, Jakarta: PT. Bumi
Aksara, 2005.
_____, Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: PT. Bumi
Aksara, 2007.
Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Manajemen, Jakarta: CV.
Setrako Rizki, 1980.
Hidayat, Ara, dan Machali, Imam, Pengelolaan Pendidikan Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah,
Bandung: Pustaka Educa, 2010.
Iksan, Rumtini, "Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah SLTP dan Korelasinya dengan Manajemen Instruksional di Beberapa Sekolah di Yogyakarta", Artikel, Editorial Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan edisi ke-38.
Komariah, Aan dan Triatna, Cepi, Visionary Leadership; Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2006.
Mulyasa, E, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan
Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdak:arya, 2011.
_____,, Manajemen Berbasis Madrasah, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2005.
Sagala, Saiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung:
Alfabeta, 2008.
Santoso, Ditto, "Kepemimpinan Transformatif di UKM ", Artikel, http://www.pnm.co.idlcontent.asp?id=717&mid=54
Usman, Husaini, Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, 273.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritik dan
Permasalahannya, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.