Islamic Aspects in Nussa dan Rara Animated Film (Tzvetan Todorov Narrative Analysis)

Aspek-Aspek Islam pada Film Animasi Nussa Dan Rara (Analisis Narasi Tzvetan Todorov)

Authors

  • Ghiyats Aiman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Dwi Ratnasari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2022.72.03

Keywords:

Animation Nussa and Rara, Aspects of Islam, Tzvetan Todorov

Abstract

Advances in technology require Muslims to change the method of preaching. The da'wah method of utilizing the internet seems to make it easier for every individual to gain Islamic knowledge without having to go directly to the place of study, one of which is through animated films. This study aims to determine Islamic aspects and educational strategies contained in the animated series Nussa and Rara episodes 1-10 and will become reference material for educators and parents of students in educating them. This study uses a qualitative approach, data collection is done through observation and analysis. Observing directly every scene of the animated series Nussa episodes 1-10 which indicates aspects of Islam then describes these values ​​using the basis of Tzevan Todorov's analysis. The results of this study are episode 1 aspects of aqidah and shari'ah, episode 2 aspects of shari'ah, episode 3 aspects of aqidah and shari'ah, episode 4 aspects of aqidah, akhlak, and syari'ah, episode 5 aspects of shari'ah, episode 6 aspects of shari'ah, aspects of shari'ah episode 7), aspects of shari'ah and morals episode 8, moral aspects episode 9, and aspects of shari'ah episode 10. Educational strategies in the animated series Nussa and Rara use problem-based learning strategies (SPBM).

Abstrak

Kemajuan teknologi menuntut umat Islam untuk mengubah metode dakwah. Metode dakwah dengan memanfaatkan internet nampaknya memudahkan setiap individu untuk menimba ilmu keislaman tanpa harus langsung ke tempat belajar, salah satunya melalui film animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek keislaman dan strategi pendidikan yang terkandung dalam serial animasi Nussa dan Rara episode 1-10 dan akan menjadi bahan referensi bagi para pendidik dan orang tua siswa dalam mendidik mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan analisis. Mencermati secara langsung setiap adegan serial animasi Nussa episode 1-10 yang menunjukkan aspek keislaman kemudian memaparkan nilai-nilai tersebut dengan dasar analisis Tzevan Todorov. Hasil penelitian ini adalah episode 1 aspek aqidah dan syari'ah, episode 2 aspek syari'ah, episode 3 aspek aqidah dan syari'ah, episode 4 aspek aqidah, akhlak, dan syari'ah, episode 5 aspek aspek syari'ah, aspek syari'ah episode 6, aspek syari'ah episode 7), aspek syari'ah dan akhlak episode 8, aspek moral episode 9, dan aspek syari'ah episode 10. serial animasi Nussa dan Rara menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Syaefudin. ‘Tujuan Dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam: Studi Komparatif Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 62 Dan An-Nur Ayat 55’. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (30 June 2022): 18–29.

Asbar, Andi Muhammad, and Agus Setiawan. ‘Nilai Aqidah, Ibadah, Syariah Dan Al-Dharuriyat Al-Sittah Sebagai Dasar Normatif Pendidikan Islam’. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 31 May 2022, 87–101.

Kaif, Sitti Hermayanti, Fajrianti, and Satriani. Strategi Pembelajaran: Macam-Macam Strategi Pembelajaran Yang Dapat Diterapkan Guru. Surabaya: Inoffast Publishing, 2022.

Martinez-Burgos, Walter José, Esteffany de Souza Candeo, Adriane Bianchi Pedroni Medeiros, Julio Cesar de Carvalho, Valcineide Oliveira de Andrade Tanobe, Carlos Ricardo Soccol, and Eduardo Bittencourt Sydney. ‘Hydrogen: Current Advances and Patented Technologies of Its Renewable Production’. Journal of Cleaner Production 286 (1 March 2021): 124970. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124970.

Muhit, Abdul, and Fikri Maulana. ‘Pemanfaatan Situs Edukatif Islami Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Online/Daring’. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 01 (29 June 2022): 60–72. https://doi.org/10.37542/iq.v5i01.621.

Ningsih, Yuni Prastiwi. ‘Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Nussa dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam’. Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020. http://etheses.uin-malang.ac.id/20094/.

Pambudi, Aloysius Seno Aji. ‘Pemodelan Environment Film 3D Animasi Fiksi Ilmiah Bertema Kehidupan Ikan Dengan Habitat Berbeda Berbasis Teknik “Primitive Modeling”.’ Layarupa 2, no. 1 (23 June 2022). https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/Layarupa/article/view/4295.

Purbajati, Hafidz Idri. ‘Telaah Dakwah Virtual Sebagai Perkembangan Metode Dakwah Islam Di Era Modern’. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8, no. 2 (29 September 2021): 202–14. https://doi.org/10.36835/modeling.v8i2.938.

Putri, Rizkiana, Murtono Murtono, and Himmatul Ulya. ‘Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin Dan Ipin’. Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 3 (15 September 2021): 1253–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401.

Ramadhan, Muhammad. Metode Penelitian. surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.

Sari, Rita Kumala. ‘Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia’. Jurnal Borneo Humaniora 4, no. 2 (9 December 2021): 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249.

Sayekti, Alinaningrum, Nur Fajrie, and Dan Much Arsyad Fardani. ‘Nilai Religius dan Toleransi dalam Film Animasi “Nusa dan Rara”’. Jurnal Ilmiah Kependidikan 5, no. 1 (2022): 10–19. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7455.

Sobur, A. Komunikasi Naratif: Paradigma, Analisis, Dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Suantari, W. N. Dunia Animasi. Bali: Institut Seni Indonesia Denpasar., 2017.

Syukir, A. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. surabaya: al-Ikhlas, 1983.

Trianton. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2017.

Published

2022-12-13

How to Cite

Ghiyats Aiman, & Dwi Ratnasari. (2022). Islamic Aspects in Nussa dan Rara Animated Film (Tzvetan Todorov Narrative Analysis): Aspek-Aspek Islam pada Film Animasi Nussa Dan Rara (Analisis Narasi Tzvetan Todorov). Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 7(2), 157–172. https://doi.org/10.14421/edulab.2022.72.03

Issue

Section

Articles