TRADISI LITERASI DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: PANDANGAN DAN MOTIVASI PARA PENULIS JURNAL AL-AHWAL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.14421/ahwal.2018.11103Keywords:
Literasi, Motivasi, Perspektif Psikologis, Hubungan sosialAbstract
This article discusses the level of literacy traditions in Indonesia, especially with regard to the publication of comparatively low scientific journal articles. Psychologically, one that affects the level of scientific journal publications relates to the motivation of the authors. This article describes the views and motivations of authors of the Al-Ahwal Journal: Journal of Islamic Family Law, one of the nationally accredited journals (Rank two), published by Islamic Family Law Study Program, Syari'ah Faculty and Law, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sources of research data were 30 respondents as article writers and 2 speakers. The data is analyzed through a psychological perspective, using motivational theories developed by Abraham Maslow and Alderfer. The study revealed that the motivation to write articles in journals is not based on the fulfillment of physiological needs and the need for security as in Maslow's hierarchy of needs, nor is it driven by the existence needs in Alderfer's theory. The writing tradition in Al-Ahwal's journal was motivated more by social needs and self-actualization in Maslow's theory, or based on factors to meet the needs of social relations and self-development as found in Alderfer's theory.
[Artikel ini membahas tingkat tradisi literasi di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan publikasi artikel jurnal ilmiah yang relatif rendah. Secara psikologis, yang mempengaruhi tingkat publikasi jurnal ilmiah berkaitan dengan motivasi penulis. Artikel ini menjelaskan pandangan dan motivasi penulis Jurnal Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, salah satu jurnal terakreditasi nasional (Peringkat dua), yang diterbitkan oleh Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sumber data penelitian adalah 30 responden sebagai penulis artikel dan 2 pembicara. Data dianalisis melalui perspektif psikologis, menggunakan teori motivasi yang dikembangkan oleh Abraham Maslow dan Alderfer. Studi ini mengungkapkan bahwa motivasi untuk menulis artikel di jurnal tidak didasarkan pada pemenuhan kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan keamanan seperti dalam hierarki kebutuhan Maslow, juga tidak didorong oleh kebutuhan yang ada dalam teori Alderfer. Tradisi penulisan dalam jurnal Al-Ahwal lebih termotivasi oleh kebutuhan sosial dan aktualisasi diri dalam teori Maslow, atau berdasarkan faktor untuk memenuhi kebutuhan hubungan sosial dan pengembangan diri seperti yang ditemukan dalam teori Alderfer.]
References
Adi, Isbandi Rukminto, Psikologi, Pekerjaan Sosial, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial: Dasar-dasar Pemikiran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Ali, Budiman, "Minat baca di Indonesia hanya 0,001%", (https://www.kaskus.co.id/thread/ 586b09af54 c07a306e8b4567/unesco--minat-baca-indonesia-cuma-0001-persen-ini-sebabnya, accessed 12 Feb 2017.
Alwasilah, A. Chaedar, "Peningkatan Penggunaan Bahasa Ilmiah dalam Membangun Budaya Menulis", dalam Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai, cet. ke-1, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.
Anwar, Syamsul, "Budaya Menulis", Wawancara, 15 November 2017.
Feist, Gregory J., Teori Kepribadian (Theories of personality), Jakarta: Salemba Humanika, 2010.
Frank, G. Goble, dan A. Supratiknya, ed., Mazhab Ketiga, Psikologi Humanistik Abraham Maslow, Yogyakarta: Kanisius, 1987.
Gunawan, W.A., Psikologi Sosial, Bandung: Erisco, 1996.
Gustini, Neng, Dede Rohaniwati, and Anugrah Imani, Budaya Literasi (Model Pengembangan Budaya Baca Tulis Berbasis Kecerdasan Majemuk Melalui Tutor Sebaya), cet. ke-1, Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Haroen, Hartiah, ed., Teknik Prosedural Keperwatan: Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien, Jakarta: Salemba Humanika, 2008.
Haryanti, Usmani, "Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Minat melalui Pendekatan Kontekstual pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UTP Surakarta Tahun 2012-2013", SPIRIT, Vol. 13, No. 2, 2013.
Hidayat, Rahmat, Deden Zaenudin A. Naufal, ed., Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konseling, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
"Journal",http://moraref.kemenag.go.id/archives/journal?q=&prefix=a&grade=M2&size=10&page=2, diakses 3 Mei 2018.
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Maslakhah, Siti, "Menulis Tidak Semudah Membaca", dalam Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.
Maslow, Abraham, Motivation and Personality, New York: Harper and Brother, 1954.
Minhaji, Akh, Tradisi Akademik di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Suka-Press, 2013.
Nasution, Khoiruddin, "Budaya Menulis', Wawancara, 16 Nov 2017.
Peraturan Menteri Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ditetapkan tanggal 9 Juni 2014, Berita Negara Nomor 769 Tahun 2014, http://peraturan.go.id/permen/kemendikbud-nomor-49-tahun-2014.html, diakses 8 Mei 2018.
"Publikasi Ilmiah Internasional Indonesia Terus Melesat, Nasir Himbau untuk Jaga Momentum", https://www.ristekdikti.go.id/publikasi-ilmiah-internasional-indonesia-terus-melesat-nasir-himbau-untuk-jaga-momentum/, diakses 7 Desember 2017.
Pusat Bahasa (Indonesia), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Rachmiatie, Atie, "Budaya Menulis di Kalangan Akademisi", https://www.unisba.ac.id/index.php/id/printing/item/206-budaya-menulis-di-kalangan-akademisi, diakses 20 Mar 2017.
"Rangking Perguruan Tinggi Berdasarkan Publikasi Ilmiah di Scopus Tahun 2017", https://nazroel.id/2017/02/28/rangking-perguruan-tinggi-berdasarkan-publikasi-ilmiah-di-scopus-tahun-2017/, diakses 7 Desember 2017.
Resmini, Novi, "Orasi dan Literasi dalam Pengajaran Bahasa", file.upi.edu, diakses 7 Desember 2017.
Salam, Aprinus, "Praktik dan Problem Menulis di Indonesia", dalam Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai, cet. ke-1, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.
Suhasti, Ermi et al., "Budaya Menulis Di Kalangan Dosen Dan Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (Studi Penulis Jurnal Al-Ahwal)", Laporan Penelitian tidak dipublikasikan, Yogyakarta: Lemlit UIN Sunan Kalijaga, 2017.
Suroso, Suroso and Khaerudin Kurniawan Khaerudin Kurniawan, "Pemberdayaan Dosen Melalui Karya Tulis Ilmiah", Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 2, No. 2, 1996 [https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9221 ].
Suwandi, Sarwiji, "Peran Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Budaya Literasi", Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2015).
Uno, Hamzah B., Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Wells, Gordon, "Apprenticeship in Literacy", Interchange, Vol. 18, No. 1/2, 1987, pp. 109–10.
Wiedarti, Pangesti, "Kata Pengantar Editor", dalam Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai, cet. ke-1, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005, hlm. ix–xvi.
Yang, Cheng-Liang, Mark Hwang, and Ya-Chien Chen, ‘An Empirical Study of the Existance, Relatedness, and Growth (ERG) Theory in Consumer’s Selection of Mobile Value-Added Service’, African Journal of Business Management, Vol. 5, No. 19, 2011, pp. 7885–98 [https://doi.org/10.5897/AJBM10.1586 ].
Yunus, Muhammad, "Transformasi Budaya Menulis dalam Budaya Akademik", http://www.kompasiana.com /sangpemenangpembelajar/transformasi-budaya-menulis-dalam-budaya-akademik_5500c550a333119f6f51225 0, diakses 20 Maret 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Ermi Suhasti Syafei
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication. The works are simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.