Problematika Kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara Terhadap Penyelesaian Sengketa Tindakan Melawan Hukum Oleh Pemerintah
DOI:
https://doi.org/10.14421/jrh.v6i2.3209Keywords:
Disputes, Court, Authority, and GovernmentAbstract
Abstarct : The enactment of Law Number 30 of 2014 concerning Government Administration and Regulation of the Supreme Court of the Republic of Indonesia Number 2 of 2019 concerning Guidelines for Resolving Disputes on Unlawful Government Actions by the Government (onrechtmatige overheidsdaad) has given rise to various kinds of legal problems, both from expanding the meaning of the KTUN in a quo and problematic legal basis for the transfer of absolute competence in resolving disputes over unlawful acts by the government (onrechtmatige overheidsdaad). This research is normative legal research using a conceptual approach, a historical approach, a statutory approach and a comparative approach. The results of this research show that: First, with the enactment of Law Number 30 of 2019 and PERMA Number 2 of 2019, there has been a change in the jurisdiction of absolute competence regarding the resolution of disputes over unlawful acts by the government, which was previously the absolute competence authority of the district court to the administrative court. country. Second, the legal basis for the transfer of absolute competence in resolving unlawful acts by the government (onrechtmatige overheidsdaad) which is based on PERMA Number 2 of 2019 is not appropriate, the transfer of jurisdiction should be regulated based on law and the shortcomings of PERMA Number 2 of 2019 have shortcomings in The use of the term unlawful act by the government (onrechtmatige overheidsdaad) is a term commonly used in civil law, the correct term for referring to unlawful acts by the government should no longer be used (onrechtmatige overheidsdaad), but the term onjuist besturen is used.
Abstrak : Berlakunya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan dan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelesaian Sengketa Tindakan Pemerintah Melawan Hukum oleh Pemerintah (onrechtmatige overheidsdaad) menimbulkan berbagai macam problematika hukum baik dari perluasan makna KTUN dalam Undang-Undang 30 tahun 2014 dan problematika dasar hukum peralihan kompetensi absolute dalam penyelesaian sengketa perbuatan melawan hukum oleh pemerintah (onrechtmatige overheidsdaad). Adapun penelitian ini adalah merupakan penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan konseptual (conceptual approach), pendekatan hitoris (historical approch), pendekatan perundang-undangan (statue approach), dan pendekatan komaratif (comparative approach). Hasil daripada penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2019 dan Perma Nomor 2 Tahun 2019 terjadi perubahan pada yuridiksi kompetensi absolute terkait penyelesaian sengketa perbuatan melawan hukum oleh pemerintah yang semula merupakan kewenangan kompetensi absolute pengadilan negeri ke pengadilan tata usaha negara. Kedua, dasar hukum dalam peralihan kompetensi absolute dalam penyelesaian perbuatan melawan hukum oleh pemerintah (onrechtmatige overheidsdaad) yang berdasarkan PERMA Nomor 2 Tahun 2019 kurang tepat, seharusnya peralihan yuridiksi tersebut di atur berdasarkan undang-undang dan kekurangan dari PERMA Nomor 2 Tahun 2019 memiliki kekurangan dalam penggunaan istilah perbuatan melawan hukum oleh pemerintah (onrechtmatige overheidsdaad) adalah isitlah yang biasa digunakan dalam hukum perdata, seharusnya istilah yang tepat dalam penyebutan perbuatan melawan hukum oleh pemerintah tidak lagi menggunkan (onrechtmatige overheidsdaad), tetapi digunakan istilah onjuist besturen.
Downloads
References
Addi, Muhammad Fauzani, “Problematik Penyelesaian Sengketa Perbuatan Melawan Hukum Oleh Penguasa Di Peradilan Administrasi Indonesia (Studi Kritis Terhadap Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2019)”, Jurnal Widya Pranata Hukum, No. 1: 2 Febuari, 2020.
Adiguan, Muhammad Bimasakti, “Onrechtmatig Overheidsdaad Oleh Pemerintah Dari Sudut Pandang Undang-Undang Administrasi Pemerintahan”, Jurnal Hukum Peratun, Vol. 1 Nomor 2, Agustus 2018.
Basah, Sjacran, Perlindungan Hukum atas Sikap Tindak Administrasi Negara,Bandung: Alumni, 1992.
Budi, Agus Susilo.“Reformulasi Perbuatan Melanggar Hukum Oleh Badan Atau Pejabat Pemerintahan Dalam Konteks Kompetensi Absolut Peradilan Tata Usaha Negara”, Jurnal Hukum danPeradilan, Vol. 2. No. 2 Juli 2013.
E, Paulus Lotulung, Penegakan Hukum Lingkungan Oleh Hakim Perdata, (Bandung: Citra Aditya Bakti, 1993.
FGD Penyusunan Naskah Urgensi Tentang Perubahan PERMA Nomor 2 Tahun 2019, di akses pada https://ptun-yogyakarta.go.id/fgd-penyusunan-naskah-urgensi-tentang-perubahan-perma-nomor-2-tahun-2019.
Habibi, Dani. “Perbandingan Hukum Peradilan Tata Usaha Negara dan Verwaltungsgerechtsebagai Perlindungan Hukum Rakyat,” Kanun Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 21, No. 1, April 2019.
Huda, Ni’matul dan R. Nazriyah,Teori dan Pengujian Peraturan Perundang-undangan,(Bandung: Nusamedia, 2011
Kadir, Abdul Muhammad. HukumPerdata Indonesia.Bandung: PT. Citra AdityaBakti, 2010.
Marbun ,S.F., Moh. Mahfud MD, Pokok-Pokok Hukum Adminstrasi Negara, Yogyakarta: Liberty, 2009.
Marbun, S.F, Hukum Administrasi Negara 1, (Yogyakarta: FhUii Press, 2018),.
Mawardi, Irvan. Paradigma Baru PTUN Respon Peradilan Administrasi Terhadap Demokrasitasiasi, Yogyakarta: Thafa Media, 2016.
Mengurai Benang Kusut Onrechtmatige Overheidsdaad di Bawah Kewenangan PTUN” diakses dari https://www.hukumonline.com/stories/article/lt629653abc655e/mengurai-benang-kusut-onrechtmatige-overheidsdaad-di-bawah-kewenangan-ptun/, pada tanggal 29 Juni 2022.
Muchsan, Beberapa Catatan tentang Hukum Administrasi Negara dan Peradilan Administrasi Negara di Indonesia, Yogyakarta: Liberty, 1981.
Prodjodikoro, Wirjono, Perbuatan Melanggar Hukum, Bandung: Mandar Maju, 2000.
Purnomo, Wahyu, “Analysis of Lawsuit Against the Factual Action which Conducted by Military after Law Number 30Year 2014 Concerning Government Administration,” Unram Law Review, Vol. 4, No. 1, April 2020.
Riawan, W.Tjandra, Peradilan Tata Usaha Negara Mendorong Terwujudnya Pemerintahyang Bersih dan Berwibawa, Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya Yogyaarta, 2009.
Ridwan HR, Hukum Administrasi Negara, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2018
Ridwan, Penyelesaian Sengketa Perbuatan Melanggar Hukum Pemerintah Di Peradilan Administrasi, Yogyakarta: Laksbang Akademika, 2022.
Rohman, Nur, “Problematika Hukum Penyelesaian Tindakan Faktual Dan/Atau Perbuatan Melawan Hukum Oleh Pemerintah Sebagai Obyek Sengketa Di Pengadilan Tata Usaha Negara”, Tesis, Universirtas Islam Indonesia, 2023.
Subekti, Tjitrosudibio, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Cet. Ke-32, Jakarta: PT. Pradnya Paramita, 2002.
Simanjuntak, Enrico, Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara Transformasi danRefleksi, Jakarta: Sinar Grafika, 2018.
Utrecht, E. Pengantar Hukum Administrasi Negara Indonesia, Bandung: Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat UNPAD, 1960.
Van, H.D Wijk/Willem Konijnenbelt, Hoofdstukken Van Administratief Recht, S’gravenhage: Vuga, 1995.
Yuliandri. Asas-Asas Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan yang Baik: Gagasan Pembentukan Undang-Undang Berkelanjutan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan.
Undang-Undang Nomor 51 Tahun 2009tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara.
UU No. 9 Tahun 2004tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara.
Perma Nomor 2 Tahun 2019 Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung Tahun 2019 Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas Bagi Pengadilan.
SEMA Nomor 4 Tahun 2016 Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung Tahun 2016 SebagaiPedoman Pelaksanaan Tugas Bagi Pengadilan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication, i.e. this journal.
- Authors also grant any third party the right to use the article freely as long as its integrity is maintained and its original authors, citation details, and publisher are identified.